close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Gak Perlu Ribet! Begini Cara Bayar Pajak Mobil Online

bayar pajak mobil online

Bayar pajak kendaraan terkadang hal yang malas dilakukan banyak orang karena malas mengantri. Namun, hal tersebut tak lagi jadi alasan karena pemerintah sudah menyediakan cara bayar pajak mobil online

Seperti diketahui bersama, pemerintah kini telah membuka layanan pembayaran pajak kendaraan secara online. Nah untuk itu, cara bayar pajak mobil online yang mudah ini harus diketahui supaya tak perlu lagi antri ke Samsat atau mengikuti jadwal Samsat keliling.

Kenalan dengan Samolnas

Samolnas (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Online Nasional) adalah platform yang diciptakan oleh pemerintah dalam bentuk aplikasi yang fungsi dan tujuannya adalah mempermudah pembayaran dari masyarakat secara nasional. Sebelumnya pembayaran pajak secara online hanya bisa dilakukan secara regional saja.

bayar pajak mobil online-4

Aplikasi Samolnas

Kini semenjak diluncurkannya aplikasi Samolnas, pembayaran bisa dilakukan dalam skala nasional. Jadi jika Anda berada di luar kota dan kebetulan pajak mobil akan habis, Anda bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus pulang ke daerah.

Baik itu pembayaran pajak kendaraan bermotor atau PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan lalu Lintas (SWDKLLJ) bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Diciptakannya Samolnas berdasarkan UU Nomor 22 Tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Nah untuk cara bayar pajak mobil online melalui Samolnas sendiri bisa dimulai dengan masuk ke menu-menu yang sudah disediakan. Beberapa menu yang tersedia dalam aplikasi ini yaitu Pendaftaran, guna mendaftar dan penetapan pajak serta mendapat kode bayar.

Ada juga menu Info proses di mana Anda bisa tahu sampai di mana proses sedang berlangsung. Jika ingin tahu besar pajak bisa memilih menu Info Pajak. Apabila sudah selesai membayar, Anda bisa memilih menu e-TBPKB untuk melihat bukti pelunasan.

Pengurusan STNK juga bisa dilakukan melalui e-Pengesahan STNK. Anda juga bisa memberikan keluhan, kritik serta saran di menu Pengaduan. Apabila masih ada yang kurang jelas dari aplikasi Anda bisa memilih menu Panduan.

Samolnas bisa Anda unduh secara gratis ke dalam smartphone dan proses pembayaran pajak bisa dilakukan kapanpun. Kini tak ada alasan lagi untuk telat bayar pajak mobil karena malas mengantri.

Syarat Bayar Pajak Mobil Online

Hanya mengunduh aplikasi saja belum cukup untuk melangsungkan proses pembayaran pajak tahunan mobil Anda. Cara bayar pajak mobil online dimulai dengan melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, sebagai berikut:

1. Mengunduh Aplikasi Samolnas

Syarat pertama adalah Anda harus memiliki aplikasi Samolnas terlebih dahulu. Cukup dengan mengunduhnya ke smartphone secara gratis melalui Play Store atau App Store. Anda juga tidak memerlukan membuat akun atau login.

bayar pajak mobil online-3

Dokumen yang Harus Disiapkan

2. Mencari Tahu Nomor Rangka

Salah satu syarat penting adalah mengetahui berapa nomor rangka kendaraan. Masing-masing mobil berada di tempat berbeda seperti di bawah jok kursi depan. Ada juga yang berada di bagian sasis. Anda harus mencatat nomor rangka kendaraan tersebut karena akan menjadi syarat saat pendaftaran nantinya.

3. NIK Sesuai dengan STNK

Keuntungan menggunakan Samolnas adalah Anda tidak perlu menunjukkan KTP asli karena yang dibutuhkan hanyalah NIK yang sama dengan nama pemilik di STNK. Jadi seandainya mobil Anda belum dibalik nama, maka menggunakan aplikasi Samolnas adalah cara yang efektif. Berbeda sekali jika Anda harus menggunakan calo yang akan meminta biaya lebih karena tidak adanya KTP asli.

4. Jangan Lupa Siapkan Biayanya

Anda juga harusmempersiapkan biaya pajak tahunan yang akan dibayarkan nantinya. Nah, di aplikasi Samolnas ini Anda bisa mengecek berapa biaya pajak sekaligus denda jika ada. Caranya dengan masuk ke menu Info Pajak kemudian masukan nomor polisi / NKRB dan NIK.

Maka Anda akan langsung melihat berapa besaran pajak yang harus dipersiapkan. Selain melalui aplikasi, Anda juga bisa masuk ke link E-Samsat sesuai dengan daerah dari STNK kendaraan diterbitkan.

Cara Bayar Pajak Mobil Online dengan Mudah

Membayar pajak mobil secara online menjadi solusi tepat bagi Anda yang sangat sibuk. Proses pembayarannya mudah dan cepat, jadi Anda tidak perlu bolak balik Samsat atau pun mengantri. Selama semua persyaratan sudah dipersiapkan, maka tahapan berikut ini bisa Anda ikuti.

1. Mendaftar ke Salmonas

Langkah pertama dari cara bayar pajak mobil online di aplikasi Salmonas adalah dengan mendaftar terlebih dahulu. Anda perlu mendaftarkan informasi dari kendaraan yang pajak tahunannya hampir habis, bukan membuat akun.

Proses pendaftarannya tinggal pilih menu Pendaftaran yang tersedia. Kemudian akan muncul formulir yang harus diisi. Ketik NKRB atau Nomor Polisi, NIK, Nomor Rangka Kendaraan, Nomor Ponsel dan juga email Anda.

Cek sekali lagi apakah data yang diisi sudah benar supaya pendaftaran akan langsung diproses. Setelah dicek dan benar, Anda bisa klik Lanjutkan untuk masuk ke langkah selanjutnya.

bayar pajak mobil online-2

Pembayaran Bisa Dilakukan Melalui ATM

2. Memperoleh Kode Bayar

Pada tahapan selanjutnya aplikasi akan memproses dan jika data benar, maka Anda akan mendapatkan kode bayar. Kode ini bentuknya unik yang akan digunakan sebagai alat transaksi pembayaran pajak.

Jika kode bayar sudah muncul maka Anda bisa memilih metode pembayaran. Bisa memilih pembayaran transfer di ATM, Alfamart, Indomaret, marketplace, atau e-banking. Perlu diingat bahwa kode bayar yang didapatkan hanya berlaku selama dua jam saja.

Jadi akan lebih baik setelah mendapatkan kode bayar Anda langsung membayar. Jika tidak, maka Anda harus memulai ulang prosesnya dari pendaftaran.

3. Melakukan Pembayaran

Saatnya untuk membayar pajak sesuai dengan nominal yang telah ditetapkan. Jika Anda memilih pembayaran di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret, maka akan dikenakan biaya admin kurang lebih sebesar Rp. 5.000,-.

Ketika membayar melalui ATM jangan lupa untuk memperhatikan kode bayar sehingga tidak sampai salah. Pastikan Anda memasukan kode yang benar, jika tidak pembayaran akan ditolak.

4. Mengecek Proses dan Bukti Bayar

Langkah selanjutnya adalah masuk kembali ke aplikasi dan mengecek pada menu Info Proses. Maka Anda akan melihat apakah pajak sudah terbayarkan. Jika sudah maka akan muncul status lunas. Kemudian Anda harus mengecek apakah terdapat bukti bayar dalam bentuk pdf yang berupa e-TBPKB. Anda juga akan mendapatkan email pengesahan STNK tersebut yang berlaku 30 hari.

–> Berikut Syarat, Serta Cara Menghitung Biaya BBNKB Kendaraan

5. Pengiriman TBPKB Fisik

bayar pajak mobil online-5

STNK Akan Dikirim ke Alamat Anda

Bukti fisik pengesahan STNK bahwa telah diperpanjang akan dikirimkan ke alamat yang sudah Anda masukkan secara langsung. Pengiriman biasanya membutuhkan waktu sampai 7 hari, jadi Anda tinggal menunggu saja.

Sangat mudah bukan cara bayar pajak mobil online melalui Samolnas? Anda bisa segera mengecek sekarang apakah sudah membayar pajak tahunan mobil di rumah. Jika belum, segera unduh aplikasinya dan jangan sampai telat bayar pajak.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram