Top 10 SUV Terbaik di Indonesia 2021
SUV Terbaik Fortuner

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil SUV masih menjadi kendaraan favorit di Indonesia sampai sekarang. Berikut ini, Jualo hadirkan 10 rekomendasi SUV terbaik yang pas dan cocok keluarga Anda.

Mobil berjenis SUV atau Sport Utility Vehicle merupakan kendaraan favorit bagi masyarakat Indonesia selain MPV. Selain karena akomodasi yang luas untuk menampung keluarga, SUV dikenal punya desain yang mengadaptasi mobil offroad. Namun dengan penambahan aksen sporty yang membuat mobil ini punya utility luar biasa karena sanggup menempuh medan apa saja.

Perbedaan SUV dan MPV

Seperti dikatakan sebelumnya, bahwa SUV dan MPV merupakan kedua jenis mobil yang banyak dipilih oleh banyak orang, termasuk di Tanah Air. Bedanya, MPV didesain dan dirancang untuk membawa keluarga saja dengan daya jelajah tidak setangguh SUV. Biasanya MPV mmeiliki keunggulan akomodasi besar dan multifungsi yang sangat cocok untuk mengangkut keluarga atau barang.

Keuntungan Membeli SUV

Keunggulan utama jika Anda membeli SUV adalah daya jelajah yang lebih baik dalam melintasi berbagai medan jalan, namun tidak mengurangi akomodasi untuk keluarga besar. Hal inilah alasan utama SUV begitu laris di Indonesia mengingat kondisi jalan yang juga beragam.

–> Jelang Lebaran Jadi Saat yang Tepat Buat Menjual Mobil

Nah, jika Anda punya rencana membeli SUV, tidak ada salahnya melihat ulasan lengkap dari Jualo mengenai SUV terbaik dan terfavorit di Indonesia yang mungkin bisa dijadikan referensi. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Honda HR-V

Yang pertama ada Honda HR-V yang sangat populer di Indonesia sejak kehadirannya di tahun 2015 lalu. Punya dimensi kompak, lincah, dan efisien membuatnya jadi primadona kala itu. Selain itu, Honda juga membekali HR-V dengan desain yang stylish dengan aura sporty kental.

SUV Terbaik HRV

Untuk pasar Indonesia, HR-V ditawarkan dengan dua pilihan mesin, 1.500cc dan 1.800cc. Mesin 1.500 jadi favorit karena memberikan efisiensi dengan performa apik. Namun, jika Anda butuh mobil lebih bertenaga, maka opsi 1.800 jadi jawaban tepat.

2. Toyota Rush

Toyota dan Daihatsu kerap terlibat kerjasama untuk hadirkan model mobil favorit. Setelah sukses besar dengan Avanza dan Xenia di sektor MPV, Toyota dan Daihatsu merasakan hal serupa untuk lini SUV, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Kedua mobil tersebut mengisi lini low SUV dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

SUV Terbaik Rush

Pada generasi terbaru yang hadir sejak 2017, Rush dan Terios menawarkan perubahan besar dengan mesin lebih tangguh. Ditambah dengan hadirnya fitur kekinian seperti lampu LED serta beberapa fitur keamanan yang sudah disematkan.

Toyota Rush bisa jadi pilihan Anda untuk SUV yang mampu mengakomodir hingga 7 penumpang dewasa dengan harga terjangkau namun dengan kualitas yang kompetitif di kelasnya. Plus, nama besar Toyota menjadi jaminan akan kualitas serta layanan purna jual yang sudah tersebar hingga ke seluruh penjuru Indonesia.

–> Lampu Mobil Anda Berembun? Atasi dengan Cara Ini

3. Toyota Corolla Cross

Hadir sebagai pendatang baru, Corolla Cross nyatanya mampu merebut hati konsumen yang menginginkan sebuah SUV atau crossover medium. Punya tampilan elegan dan kekinian, Corolla Cross dibekali kelebihan, yakni varian hybrid.

SUV Terbaik Corolla

Berkat dukungan teknologi Hybrid Synergy Drive, Corolla Cross tidak hanya memberikan kendaraan efisien & ramah lingkungan namun juga asyik dikendarai.  Motor listrik yang digunakan mampu menghasilkan tenaga 72 hp dan torsi sebesar 166 Nm.

Motor listrik tersebut bekerjasama dengan mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.8 liter bertenaga 100 hp dan torsi sebesar 145 Nm. Sementara untuk varian mesin bensin, juga menggunakan mesin 1.8 liter, namun bertenaga 140 hp dan torsi yang mencapai 175 Nm.

4. Suzuki XL7

SUV Terbaik XL7

XL7 merupakan jawaban Suzuki untuk menandingi kompetitor seperti Honda BR-V, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios. Sesuai nama, XL7 menegaskan bahwa mobil satu ini memiliki konfigurasi 7 tempat duduk. Suzuki juga menghadirkan ground clearance cukup tinggi, yakni 200 mm. Hal tersebut membuatnya tak hanya tampil lebih maskulin namun juga lebih praktis saat berkendara di jalanan yang ekstrem.

Mesin berkapasitas 1.500cc juga sanggup memberikan performa dan efisiensi cukup baik. Jika membutuhkan sebuah SUV dengan kepratisan ala MPV, Suzuki XL7 mungkin bisa jadi salah satu favorit paling menarik.

5. Wuling Almaz

Wuling Almaz menjadi SUV fenomenal sejak kali pertama diperkenalkan beberapa tahun lalu. Produsen asal negeri Tiongkok ini memang tampil beda lewat tampilan yang modern plus kehadiran fitur pintar. Salah satu contohnya adalah fitur Wuling Indonesian Command (WIND) dan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

SUV Terbaik Wuling

Ketersediaan fitur dan teknologi pintar ini tentunya akan memanjakan Anda dan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Sementara dari sektor mesin, Almaz dibekali mesin berkapasitas 1.500cc  dengan turbo. Mesin kompak ini memang menjanjikan performa dan efisiensi terbaik di kelasnya. Bahkan di generasi terbarunya, Almaz tampil lebih keren dengan beragam fitur dan teknologi yang siap dinikmati oleh konsumennya.

6. Hyundai Kona Electric

SUV Terbaik Kona

Hyundai membuat gebrakan dengan hadirkan Kona Electric pada tahun 2020 lalu yang diklaim menjadi mobil listrik termurah di Indonesia. Hal tersebut tentunya membuat crossover listrik ini disambut positif oleh konsumen Tanah Air. Bahkan  Hyundai Kona Electric.  tercatat menyumbang 60 persen dari total 300 unit penjualan mobil listrik Hyundai.

Hyundai Kona Electric dibekali dengan Permanent Magnet Synchronous Motor yang menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 395 Nm. Dikombinasikan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 39,2 kWh. Kemudian masalah harga, Kona Electric dibanderol Rp 697 juta di Indonesia yang membuatnya jadi mobil listrik termurah sampai saat ini.

–> Awas Ketipu! Begini Cara Bedakan Sparepart Mobil Asli atau Palsu

7. Mitsubishi Pajero Sport

Berbicara tentang SUV terbaik, tentu Mitsubishi Pajero Sporttermasuk di dalamnya. SUV bermesin diesel ini memang cukup populer di mata konsumen Indonesia karena dikenal tangguh dan memiliki kemampuan jelajah cukup baik bahkan di medan buruk sekalipun.

SUV Terbaik Pajero

Tak hanya itu, tenaga dari mesin diesel turbo yang digunakan pada varian Dakar punya tenaga terbesar di kelasnya. Dengan kapasitas 2.400cc, Pajero Sport sanggup menghasilkan tenaga 180 hp dan torsi maksimal 440 Nm. Mitsubishi bahkan melengkapinya dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang terbukti sangat responsif. Tersedia pula penggerak 4WD bagi yang menginginkan daya jelajah lebih baik di medan buruk atau off-road.

8. Toyota Fortuner

Sebagai pesaing Pajero Sport, lini SUV ladder frame dihiasi Toyota Fortuner. Toyota Fortuner dibekali dengan desain yang maskulin dan stylish yang membuatnya terlihat elegan seperti SUV premium.

SUV Terbaik Fortuner

Urusan dapur pacu, Fortuner menggunakan mesin turbo diesel common-rail berkapasitas 2.400cc. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 150 hp dan torsi sebesar 400 Nm. Memang tenaga yang dihasilkan lebih kecil dibanding Pajero, namun Fortuner menawarkan mesin diesel modern yang responsif dan efisien.

9. Honda CR-V

Selanjutnya ada Honda CR-V. SUV Honda ini memiliki sejarah cukup panjang di Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2000. Dengan sasis monokok CR-V menawarkan sebuah SUV dengan kenyamanan dan kelincahan layaknya sebuah sedan.

SUV Terbaik CR-V

Di generasi terakhir, CR-V hadir dengan terobosan yang revolusioner. Salah satunya penggunaan mesin berkapasitas 1.500cc turbo, yang memberikan performa responsif namun efisien. Ketika masuk ke interior, layaknya sebuah SUV premium, CR-V memiliki bahan kulit berkualitas dengan material soft touch. Untuk itu, tak salah jika memilih CR-V bagi Anda yang ingin SUV medium dengan rasa premium.

10. BMW X1

Terakhir, beralih ke Eropa ada BMW X1 . SUV satu ini jadi favorit  lantaran memiliki harga cukup terjangkau,  sekitar Rp 800 jutaan karena posisinya yang mengisi segment entry level BMW. Namun, meski masuk kategori entry level, X1 tetap dibekali dengan aspek premium dan kualitas terbaik. Tak heran mobil ini jadi salah satu yang difavoritkan banyak orang.

SUV Terbaik BMW

Belum lagi Anda akan dimanjakan selama perjalanan lewat sektor entertainment yang telah terintegrasi dengan Apple CarPlay.  Ditambah dengan ukuran layar 8,8 inci yang membuatnya lebih elegan dan praktis.

Beralih ke jantung pacu, X1 dikebali mesin 1.500cc, 3 silinder Twin Turbo. Tenaga maksimal yang dihasilkan bisa mencapai 140 hp dengan torsi 220 Nm. Daya yang cukup responsif tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi steptronic terbaru dengan dual clutch 7 percepatan.

Itulah 10 rekomendasi SUV terbaik di Indonesia yang mungkin bisa dijadikan referensi Anda membeli mobil idaman. Kalau masih bingung SUV terbaik, Anda bisa mengunjungi Jualo. Sebagai platform jual beli terbesar di Asia Tenggara, Jualo siap memfasilitasi kebutuhan Anda dalam mencari SUV terbaik. Apalagi tersedia beragam jenis SUV dari berbagai merk dengan harga bervariasi yang bisa disesuaikan dengan isi kantong Anda. Mau SUV terbaik? Cari di Jualo aja!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles