Mengenal Fitur Hill Start Assist dan Fungsi Pentingnya
hill start assist

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Hill Start Assist (HSA) kini jadi fitur yang dapat dengan mudah ditemukan pada mobil keluaran terbaru. Sebenarnya apa fungsi utama dari fitur tersebut?

Seiring berkembangnya teknologi, hampir seluruh pabrikan kini makin peduli terhadap fitur keamanan dan keselamatan konsumen saat berkendara. Karenanya beragam fitur canggih ditanamkan di mobil-mobil modern, salah satunya adalah fitur hill start assist. Untuk lebih jelas, berikut Jualo berikan ulasan lengkapnya untuk Anda.

Mengenal Hill Start Assist Serta Fungsinya

hill start assist-2

Perbedaan mobil dengan fitur HSA dan tidak ada HSA

Hill Start Assist juga terkenal dengan sebutan hill holder atau hill hold control. HSA merupakan sebuah fitur yang awalnya hanya ada pada mobil – mobil mahal, namun sekarang sudah tidak lagi. Belakangan ini HSA yang merupakan satu fitur keamanan dan kenyamanan, sudah dapat Anda temukan hampir pada setiap mobil modern

Sebenarnya fungsi HSA sebagai kontrol bantuan untuk menahan saat berada di tanjakan. Dengan kontrol HSA akan dapat membantu mencegah mobil merosot ke belakang. Caranya adalah dengan menahan posisi rem selama beberapa detik saat Anda melakukan perpindahan antara pedal rem dan akselerator.

hill start assist-3

Berfungsi penting saat menghadapi kemacetan di tanjakan

Tak hanya itu, beberapa jenis HSA juga bisa mencegah kendaraan Anda meluncur ke depan saat melewati turunan. Dan umumnya fitur ini sanggup menahan mobil tidak merosot selama 3 hingga 5 detik.

–> SYARAT LENGKAP DAN BIAYA PERPANJANG SIM DI SIM KELILING

Cara Kerja Hill Start Assist

Seperti yang sudah disinggung di atas,  fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor untuk mendeteksi tanjakan. Dengan sistem komputer yang membuat rem tetap aktif walaupun Anda tak menginjak pedal rem.

hill start assist-4

Sebelum berkendara sebaiknya fitur ini diaktifkan

Cara kerjanya, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut. Lantas, jika melewati sebuah tanjakan Anda tidak perlu menggunakan rem tangan. Karena fungsi tersebut sudah digantikan oleh fitur hill start assist, di mana Anda tidak perlu lagi kuatir mobil merosot saat kaki berpindah dari pedal rem ke gas.

Fitur hill start assist tentunya membuat Anda sebagai pengemudi bisa fokus memegang setir saja sambil mengatur arah dan laju mobil. Serta meningkatkan keselamatan dan keamanan berkendara pastinya.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles