Simak Syarat Lengkap dan Biaya Perpanjang SIM di SIM Keliling
sim keliling

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat yang belum tahu cara perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui SIM keliling, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini

Keterlambatan dalam pembuatan SIM bahkan hanya satu hari mengharuskan Anda untuk membuat SIM baru. Padahal Anda belum tentu langsung berhasil ketika tes pembuatan SIM baru. Oleh karena itulah cek sekarang juga kapankah Anda harus perpanjang SIM. Dan untuk prosesnya tersedia dua cara secara online lewat aplikasi dan offline salah satunya melalui SIM keliling.

sim keliling-4

Layanan ini berupa mobil SIM keliling yang akan mengunjungi langsung beberapa daerah. Biasanya mobil SIM keliling berhenti di kelurahan atau tempat tertentu dengan jadwal yang bisa di cek terlebih dahulu.

Ada dua layanan perpanjangan SIM yang dilayani yaitu SIM A dan SIM C, selebihnya harus mengurus langsung ke Satpas Polres. Selain itu SIM yang diperpanjang belum terlambat masa berlakunya atau masih aktif.

Apabila Anda ternyata telat memperpanjang SIM satu hari saja maka tidak bisa melakukannya melalui mobil SIM keliling ini. Setiap warga yang ingin memperpanjang SIM A atau C tetap harus mengumpulkan syarat pada umumnya, yang diantaranya adalah:

  • KTP asli dan fotokopi sesuai pemilik SIM.
  • SIM asli yang lama dan masa berlakunya hampir habis.
  • Membawa uang untuk perpanjangan SIM.

Cukup dengan membawa tiga syarat ini, Anda bisa langsung mengantri untuk melakukan perpanjang SIM keliling. Jangan lupa juga untuk membawa alat tulis sendiri, karena setibanya di sana Anda harus mengisi formulir.

sim keliling-2

Proses Perpanjangan di SIM Keliling

Seperti apakah proses yang harus Anda lakukan ketika perpanjang SIM keliling? Sesudah Anda mendapatkan jadwal SIM keliling maka persiapkan semua berkas yang dibutuhkan tersebut. Datanglah seawal mungkin sesuai dengan jadwal sehingga Anda bisa mendapatkan antrian awal. Kemudian ikuti langkah berikut ini supaya prosesnya berjalan dengan cepat.

Setelah datang ke mobil SIM mintalah formulir perpanjangan SIM. Petugas akan langsung memberikan formulirnya kepada Anda.

  1. Isi formulir tersebut sesuai dengan data pemilik SIM.
  2. Baru setelah itu serahkan formulir beserta lampiran dokumen yang dibutuhkan untuk perpanjangan.
  3. Anda tinggal menunggu dipanggil petugas untuk tahapan selanjutnya.
  4. Setelah dipanggil Anda akan masuk ke dalam mobil SIM untuk mengikuti tes kesehatan.
  5. Usai tes kesehatan Anda akan diminta untuk foto SIM dan jika sudah selesai melakukan pembayaran.
  6. Sisanya Anda tinggal menunggu dipanggil kembali untuk mengambil SIM yang baru yang sudah diperpanjang.

Tahapannya cukup singkat namun bisa menjadi lama jika antrian terlalu lama. Biasanya peserta pengajuan perpanjangan SIM akan dipanggil satu per satu untuk tes kesehatan dan foto SIM.

Ketentuan Perpanjangan SIM Keliling yang Harus Dipahami

sim keliling-6

Tidak sedikit juga masyarakat yang harus pulang karena tidak paham dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Mengenali apa saja layanannya dan syarat yang harus dikumpulkan akan mempersingkat waktu perpanjangan. Supaya lebih jelas lagi Anda bisa menyimak beberapa ketentuan terkait perpanjang SIM berikut ini.

1. Masa Berlaku Perpanjangan SIM

Masih banyak yang mengira bawah SIM keliling bisa digunakan untuk memperpanjang SIM yang sudah lewat masa berlakunya. Hal ini salah kaprah karena hanya melayani perpanjangan SIM yang masih berlaku.

Baik itu sehari sebelum masa berlaku habis, Anda masih bisa melakukan perpanjangan di mobil SIM keliling. Bisa juga di hari yang sama ketika masa berlaku habis, namun tidak bisa jika masa berlaku sudah lewat satu hari.

2. Tidak Bisa Membuat SIM Baru

Anda tidak bisa mengajukan pembuatan SIM baru di mobil SIM keliling. Sesuai dengan pelayanannya yaitu hanya untuk perpanjangan saja. Anda yang ingin membuat SIM baru karena masa berlakunya telah lewat bisa melakukannya ke Satpas terdekat.

Hal tersebut juga berkaitan dengan rangkaian tes yang biasanya harus dilakukan ketika pembuatan SIM baru. Mobil SIM tidak menyediakan fasilitas tersebut mengingat sering berpindah tempat.

3. Melampirkan Syarat Lengkap

Permintaan perpanjangan hanya akan diproses jika syarat lengkap dari fotokopi KTP dan aslinya serta SIM asli dilampirkan. Nantinya SIM Anda yang lama akan diambil dan mendapatkan SIM baru.

Anda juga bisa membawa lampiran surat kesehatan sendiri dari puskesmas jika tidak ingin mengikuti cek kesehatan. Namun pastikan dua syarat pertama dilengkapi dengan benar.

4. Mengenai Pembayaran

Semua SIM keliling menerima pembayaran baik tunai atau transfer ke bank BRI. Khusus untuk transfer, Anda biasanya akan diminta setelah melakukan pengumpulan formulir.

Jadi sambil menunggu dipanggil untuk tes, Anda bisa langsung transfer ke rekening yang diberikan oleh petugas langsung. Nantinya sesudah tes kesehatan dan pengambilan foto, bukti transfer bisa diserahkan kepada petugas.

Selama semua syarat ini Anda penuhi, maka proses pembuatan bisa berjalan dengan benar. Supaya tidak terlewat masa berlaku SIM, sebaiknya Anda melakukan perpanjangan satu bulan sebelum masa berlaku habis.

Perkiraan Biaya Perpanjang SIM Keliling

Masalah biaya ini juga harus dipersiapkan sejak dari rumah. Biasanya SIM keliling menerima dua jenis pembayaran yaitu melalui uang tunai dan juga transfer via BRI. Biaya perpanjang SIM keliling tidak berbeda dengan perpanjangan di tempat lain dan sesuai PP No. 66 Tahun 2016 mengenai Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Khusus biaya untuk perpanjangan SIM A Anda harus mempersiapkan biaya sebesar Rp. 80.000. Sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp. 75.000. Jika membayar dengan uang tunai pastikan Anda membawa uang pas.

–> MUDAH! BERIKUT LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SIM ONLINE

Selain biaya untuk perpanjangan tersebut, ada juga biaya tambahan cek kesehatan dan asuransi. Untuk cek kesehatan seperti tes buta warna Anda akan dikenai biaya sebesar Rp. 20.000. Asuransi yang harus dibayarkan biayanya adalah Rp. 30.000. Jadi jika ditotal untuk SIM A perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp. 130.000 dan SIM C sebesar Rp. 125.000.

Biasanya proses perpanjang SIM keliling ini tidak akan memakan waktu lama. Anda harus mengetahui jadwalnya terlebih dahulu dengan mengeceknya di surat kabar. Bisa juga melalui media sosial yang beroperasi dari pukul 08.000 sampai 14.000. Jadi sebaiknya Anda datang pagi hari agar tidak terlambat dan mengantri terlalu lama.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles