Kecelakaan Vanessa Angel, Waspadai Ancaman Microsleep Saat Berkendara
Kecelakaan Vanessa Angel

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air usai Vanessa Angel dan Suaminya meninggal akibat kecelakaan di Tol Nganjuk arah Surabaya pekan lalu

Seperti yang ramai diberitakan, Vanessa Angel dan suami, Bibi Andriansyah dinyatakan meninggal usai mobil Pajero Sport berwarna putih menabrak pembatas jalan tol. Polisi memastikan kecelakaan yang dialami keluarga almarhum merupakan kecelakaan tunggal yang penyebabnya diduga akibat supir mengantuk. Dugaan awal, sang supir yang mengantuk sehingga mengakibatkan mobil kehilangan kendali dan menabrak pembatas jalan tol yang terbuat dari beton.

Kecelakaan Vanessa Angel-3

Penyebab timbulnya microsleep

Belajar dari kecelakaan maut yang menimpa Vanessa Angel, berkendara di jalan tol sangat berbahaya jika Anda lengah. Khususnya, rasa kantuk yang jadi momok kala mengemudi di tol. Menghadapi jalur monoton yang lurus secara tidak sadar menimbulkan rasa bosan yang akhirnya dibarengi dengan ngantuk. Atau bisa saja karena faktor kelelahan pengemudi sehingga konsentrasi terganggu yang membuat seseorang bisa tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat, atau yang disebut dengan microsleep.

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya ketika Anda berkendara. Oleh karena itu, berikut Jualo coba berikan tips berkendara dengan aman serta terhindar dari ancaman microsleep.

1. Persiapkan Tubuh Ketika Ingin Berkendara

Microsleep

 

Kondisi tubuh yang kurang fit berpeluang besar menimbulkan rasa kantuk di tengah perjalanan

Kondisi tubuh yang fit tentu saja sangat berpengaruh terhadap untuk Anda jika ingin berkendara. Untuk itu, istirahat cukup wajib dilakukan minimal 8 jam sebelum berkendara.

2. Istirahat Secara Berkala

Jangan sekali-kali Anda memaksakan diri ketika lelah dan rasa kantuk melanda. Istirahatlah jika memang mengantuk selama beberapa saat. Selain menjaga tubuh tetap fresh, hal ini juga baik untuk kendaraan. Atau atur waktu mengemudi maksimal 2 hingga 3 jam sekali berhenti untuk beristirahat.

3. Jaga Jarak Aman Kendaraan

Ini merupakan pedoman paling dasar ketika Anda berkendara di jalan bebas hambatan. Mobil cenderung melaju dengan kecepatan tinggi, sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk berhenti secara penuh. Karena itu jaga jarak dengan mobil lain agar Anda bisa melakukan pengereman dengan sempurna.

Kecelakaan Vanessa Angel-4

Batasi kecepatan dan selalu jaga jarak aman kendaraan

Poin yang juga krusial. Dengan menjaga kecepatan, Anda memiliki waktu lebih banyak untuk untuk menguasai kendaraan dan melihat kondisi sekeliling Anda. Bayangkan bila Anda sedang berakselerasi kecepatan tinggi dan tiba-tiba ada objek di tengah jalan tol. Anda hanya punya sedikit waktu untuk menyadari dan melakukan manuver sehingga berisiko terjadi kecelakaan. Selain itu saat hujan turun pun Anda wajib untuk mengurangi kecepatan.

–> BERIKUT 6 TIPS BERKENDARA SECARA AMAN DI JALAN TOL

4. Lihat Spion Sebelum Menyalip atau Berpindah Jalur

Kecelakaan Vanessa Angel-2

Pastikan melihat spion sebelum berpindah jalur

Sebelum menyalakan tanda lampu sein sebagai tanda ingin mendahului, wajib bagi Anda untuk melakukan pengamatan visual di area sekitar mobil. Gunakan spion untuk melihat tidak hanya kondisi sekitar melainkan juga lajur jalan yang ingin Anda gunakan untuk mendahului kendaraan. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada mobil bergerak di lajur jalan yang sama.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles