Suara Mesin Motor Matic Kasar? Jangan Panik! Begini Cara Mengatasinya
suara mesin motor matic kasar

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ketika mengendarai motor matic, apakah pernah menjumpai suara mesin motor matic kasar? Lantas apa penyebab serta solusinya?

Suara mesin motor matic kasar tentunya sangat mengganggu bisa disebabkan beberapa hal. Oleh karena itu, Jualo akan berikan penjelasan lengkap serta solusinya lewat artikel berikut ini.

Penyebab Suara Mesin Motor Matic Terdengar Kasar

Seperti sudah disinggung di atas, suara mesin motor matic kasar bisa disebabkan berbagai hal. Bisa jadi mesin yang tidak dirawat atau bahkan beberapa komponen mulai aus dan minta diganti. Nah, di bawah ini merupakan beberapa penyebab yang sering ditemui saat mesin motor matic mulai terdengar kasar.

1. Roller Sudah Tidak Sempurna

suara mesin motor matic kasar-3

Perubahan bentuk dari roller merupakan hal yang bisa menyebabkan suara mesin motor matic kasar. Roller umumnya berbentuk bulat. Apabila roller rusak dan bentuknya tidak lagi seperti semula, performa mesin menjadi berkurang. Akibatnya, mesin motor terdengar bising dan kasar.

2. Menarik Gas Berlebihan

Penyebab kedua yang bisa membuat mesin motor matic terdengar kasar yaitu sering menggunakan gas secara berlebihan. Hal ini biasanya kerap dilakukan oleh anak-anak muda yang ingin bergaya tanpa berpikir jauh. Banyak sekali yang acuh dengan kebiasaan tersebut, padahal akibatnya fatal.

Gas yang terlalu sering digunakan secara berlebihan bisa menurunkan performa motor. Jika tidak ingin mendapati motor Anda bersuara kasar dan cepat rusak, jauhi kebiasaan tersebut. Sebaiknya gas motor secara pelan dan sewajarnya.

3. Plastik Slider Menutup Roller

Tidak hanya roller bermasalah, mesin motor matic juga terdengar kasar karena roller tertutup oleh plastik slider. Apabila keadaan ini dibiarkan, maka bunyi mesin semakin lama akan lebih keras. Motor pun juga akan bergetar dan gerakannya menimbulkan tutup roller tidak stabil.

4. Gearbox Aus

suara mesin motor matic kasar-6

Suara kasar juga bisa timbul karena gearbox motor matic telah aus. Gearbox yang aus menimbulkan celah. Kondisinya pun juga semakin tidak terlihat presisi. Dari keadaan ini, kemudian timbul suara yang sangat tidak nyaman didengarkan.

5. Grease Kering

suara mesin motor matic kasar-5

Grease atau yang biasa dikenal dengan gemuk merupakan pelumas pada bagian CVT. Nah, suara kasar pada mesin motor juga bisa muncul apabila grease tersebut kering. Grease bisa kering karena terlalu panas sehingga menimbulkan bunyi. Akan tetapi, Anda tidak boleh asal menambah gemuk tersebut. Ketahui dulu grease seperti apa yang dipakai oleh motor matic dan harus gemuk khusus untuk bagian CVT.

6. Kampas Kopling Menipis

suara mesin motor matic kasar-4

Sebaiknya Anda juga sering-sering mengecek kondisi kampas kopling. Kampas yang keadaannya telah menipis bisa menjadi penyebab mesin motor terdengar kasar. Suara tersebut biasanya berupa decitan dan tentunya sangat tidak nyaman didengarkan.

Dalam beberapa kasus, saat sudah menggunakan mesin dengan sangat keras, ternyata tarikan yang diberikan tidak bisa kencang karena kampas kopling sudah tipis. Selain menimbulkan suara decitan, keadaan semacam ini tentunya juga sangat membahayakan.

7. V-Belt Aus

suara mesin motor matic kasar-2

Penyebab terakhir suara mesin motor matic kasar, bisa disebabkan dari kondisi sabuk v-belt yang dalam keadaan aus. Ausnya v-belt menyebabkan motor terdengar kasar seperti rantainya mengendur. V-belt yang aus menyebabkan tutup CVT sering tergesek oleh belt. Akibatnya, motor akan terdengar suara seperti kretek-kretek. Sama seperti kendurnya rantai.

Tips Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

Setelah mengetahui apa penyebab mesin motor terdengar kasar, sekarang waktunya menerapkan cara menghaluskan suara mesin motor matic tersebut. Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh agar mesin terdengar lebih halus. Berikut cara-caranya.

1. Cari Baut yang Mengendur dan Kencangkan

Langkah pertama yaitu mencari dimana saja baut yang mengendur dan segera kencangkan. Baut bisa saja mengendur karena terkena getaran saat motor digunakan. Apalagi ketika motor bersuara kasar, pasti getaran yang ditimbulkan juga semakin keras. Oleh karena itu, cari baut-baut yang mengendur dan kencangkan. Dengan demikian, suara mesin motor matic akan terdengar lebih halus.

2. Cek dan Ganti Roller dengan yang Baru

Melakukan pengecekan rutin pada roller juga perlu dilakukan. Apabila Anda mendapati kondisi roller sudah tidak bulat, segera ganti dengan yang baru. Jangan menunda dan acuh dengan permasalahan ini, mengingat roller memiliki fungsi yang sangat penting pada motor.

3. Ganti Oli Secara Rutin

Pengecekan oli juga penting dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisinya. Apabila oli terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Namun, apabila oli masih bagus namun volumenya kurang, maka segera tambah jumlahnya. Oli merupakan komponen terpenting pada kendaraan karena berguna sebagai pelumas mesin.

Tanpa adanya oli, beberapa komponen mesin pasti akan cepat mengalami aus. Nah, agar mesin tetap terdengar halus, upayakan agar volume tidak kurang dan keadaannya bagus.

4. Gunakan Bahan Bakar yang Bagus dan Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas bagus dan sesuai sangat dianjurkan agar mesin motor terdengar lebih halus. Pasalnya, motor yang menggunakan bensin dengan kualitas rendah akan mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.Keadaan semacam ini tentu sangat tidak baik untuk kendaraan Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa bahan bakar yang Anda gunakan berkualitas bagus dan memenuhi standar.

5. Merawat CVT Secara Rutin

Sebagaimana yang telah diketahui, CVT yang bermasalah juga menjadi penyebab motor terdengar kasar. Oleh karena itu, perawatan rutin pada CVT harus dilakukan. Apabila CVT terlihat kotor, maka Anda harus segera membersihkannya. Namun, apabila bagian CVT ada yang rusak, segera lakukan penggantian. Ganti komponen dengan yang baru dan orisinil di bengkel resmi atau ketika servis rutin.

–> CEK 5 PENYEBAB MESIN MOTOR CEPAT PANAS SERTA KELUARKAN BAU SANGIT

6. Lakukan Servis Secara Rutin

Servis motor merupakan hal yang benar-benar harus rutin dilakukan. Dalam pembahasan terkait perawatan apapun, servis berkala pasti akan selalu masuk dalam list. Hal tersebut membuktikan bahwa servis memang merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus dilakukan.

Perlu Anda ketahui, servis motor yang rutin dilakukan akan mengantisipasi adanya kerusakan yang lebih fatal pada motor. Bayangkan ketika motor tidak pernah diservis dan ternyata mesin bagian dalamnya rusak. Keadaan tersebut tentu akan menimbulkan akibat lebih buruk jika dibiarkan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles