Wajib Tahu, Begini Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Mengemudi
cara menghilangkan ngantuk

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Rasa kantuk sering hadir saat mengemudi? Simak beberapa tips dan ulasan berikut seputar cara menghilangkan ngantuk ketika mengemudi

Mengantuk jadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia. Pasalnya, hal ini memang tidak bisa dikontrol karena sering hadir secara tidak sadar. Namun, sebenarnya rasa kantuk bisa diminimalisir jika Anda mengetahui beberapa trik dan cara menghilangkan ngantuk saat mengemudi

Penyebab dan Tanda Ngantuk Saat Berkendara yang Harus Diwaspadai

Mengenali apa yang menyebabkan Anda mengantuk dan tanda-tandanya sangatlah penting. Anda pun jadi lebih mudah untuk mengatasi kantuk dan berkendara jadi lebih aman serta nyaman. Penyebab mengantuk yang paling sering terjadi adalah karena Anda kelelahan. Rasa lelah yang membuat tubuh jadi lemas membuat rasa kantuk menyerang kapan saja.

cara menghilangkan ngantuk-3

Selain lelah, melalui jalan yang lurus dan lancar seperti jalan tol seringkali jadi pemicu rasa kantuk. Apalagi ditambah dengan kondisi malam hari yang cukup gelap dan udara dingin. Ada beberapa tanda-tanda yang harus Anda waspadai jika menyerang, karena artinya tubuh sudah mengantuk.

  1. Sering mengedipkan mata perlahan-lahan.
  2. Kelopak mata berat dan sulit berkonsentrasi.
  3. Tiba-tiba memiliki pikiran kosong.
  4. Kurang fokus terhadap rambu-rambu jalan.
  5. Sering menguap.

Apabila Anda tidak segera mengikuti cara mengatasi ngantuk saat berkendara dengan benar, maka gejala microsleep akan muncul. Gejala ini adalah kondisi di mana tubuh kehilangan kesadaran dan tertidur dalam beberapa detik.

Anda bisa saja menginjak gas tanpa sadar atau cukup berbahaya ketika sedang mengebut. Hanya tertidur sepersekian detik saja dapat merubah arah kendaraan karena Anda memegang setir.

Bukan hanya Anda dan penumpang yang dalam bahaya tetapi juga pengendara lainnya. Jadi waspadalah jika tanda-tanda mengantuk muncul. Oleh karena itu, Jualo akan berikan beberapa tips atau cara menghilangkan ngantuk saat mengemudi berikut ini.

1. Pergi ke Rest Area dan Istirahat Sejenak

cara menghilangkan ngantuk-7

Jangan tahan rasa kantuk, Anda perlu beristirahat dan tidur sejenak. Saat ini jalanan luar kota sudah dilengkapi dengan banyak rest area. Tempat parkir yang luas lengkap dengan restoran membuat Anda jadi lebih mudah beristirahat. Anda bisa tidur selama 15 menit untuk menghilangkan kantuk. Namun jika ternyata rasa kantuk tidak hilang juga, maka jangan melanjutkan perjalanan. Anda bisa melakukan cara ini setiap dua jam sekali.

2. Jangan Minum Obat sebelum Berkendara

Apakah Anda sedang sakit flu dan meriang? Jika harus berkendara, sebaiknya jangan minum obat terlebih dahulu. Apalagi jika obat tersebut dapat memicu rasa ngantuk yang berlebihan.

Cek pada kemasan obat apakah terdapat peringatan setelah minum obat dilarang berkendara atau obat dapat menimbulkan kantuk. Apabila ada obat khusus dari dokter yang harus diminum dalam jam tertentu, sebaiknya jangan menyetir.

3. Mengajak Teman untuk Mengobrol

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang juga cukup efektif adalah mengajak teman. Menyetir sendiri akan menciptakan rasa kantuk yang berlebihan sehingga Anda

Kehadiran orang lain di dalam mobil akan menjadi Anda lebih terjaga. Seorang teman dapat membuat Anda lebih aktif mengobrol atau mendengarkan. Anda pun tidak perlu merasa takut ketika tanda mengantuk mulai muncul. Teman seperjalanan akan mengingatkan bahwa Anda sedang mengantuk dan menyarankan untuk menepi agar aman. Lebih baik lagi jika Anda dan teman bisa bergantian menyetir.

4. Minum Kopi Hitam

cara menghilangkan ngantuk-4

Kopi yang mengandung kafein akan membantu Anda agar tidak mudah mengantuk. Kafein dalam kopi memiliki jumlah yang sangat besar sehingga efeknya cukup efektif. Anda bisa menyiapkan minuman kopi hitam tanpa gula dan susu.

Kopi hitam ini biasanya akan memberikan efek setengah jam setelah diminum. Jadi pastikan Anda sudah meminumnya sejak awal sebelum mengemudi. Namun jika ternyata Anda adalah tipe yang tidak bisa minum kopi sebaiknya melewati cara ini.

5. Membuka Sedikit Kaca Jendela dan Matikan AC

cara menghilangkan ngantuk-2

Cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang cukup ampuh lainnya adalah dengan membuka kaca jendela. Kondisi ac yang dingin di dalam mobil menjadi pemicu rasa kantuk terbesar. Supaya ruangan lebih dingin ac dinyalakan untuk bisa menyejukan udara. Sayangnya efek ini justru membuat sirkulasi udara kurang baik. Rasa kantuk akan muncul karena masalah tersebut. Anda bisa membuka kaca jendela sedikit serta mematikan ac sehingga sirkulasi udara dapat bekerja dengan baik. Hiruplah udara segar dari luar dan rasa kantuk perlahan mulai hilang.

6. Mendengarkan Musik

cara menghilangkan ngantuk-5

Tidak memiliki teman dalam perjalanan? Anda bisa memanfaatkan musik. Dengarkan musik yang memiliki nada up beat demi melawan kantuk. Musik juga akan membuat tubuh Anda yang tegang karena mengantuk menjadi sedikit rileks. Hindari untuk mendengarkan musik slow yang justru jadi pemicu kantuk. Anda tentunya bisa memilih musik kesukaan atau justru memilih musik baru agar tidak mudah bosan.

7. Mengunyah Permen Karet

Supaya tidak mengantuk, Anda bisa melakukan kegiatan ringan ketika menyetir. Kegiatan ringan apa yang bisa dilakukan, bukanya menyetir harus fokus? Ada satu kegiatan yang mudah dilakukan yaitu mengunyah permen karet.

Efek permen karet yang dikunyah terus menerus akan membuat pergerakan otot lebih terangsang pada bagian wajah. Aliran darah pun akan mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

Selain itu permen karet juga dipercaya mampu menurunkan kadar hormon stress sehingga Anda jauh lebih tenang ketika mengemudi.

8. Hindari Jenis Makanan Tertentu

Makanan yang dikonsumsi sebelum mengemudi juga bisa jadi penyebab mengantuk. Oleh karena itu Anda harus menghindari beberapa makanan contohnya makanan dengan lemak jenuh tinggi. Selain itu porsi makanan juga harus dijaga. jangan makan terlalu kenyang karena sudah pasti akan membuat rasa kantuk.

9. Berkendara di Pagi Hari

cara menghilangkan ngantuk-6

Bangunlah lebih pagi dan dilakukan perjalanan di pagi hari. Kesehatan tubuh akan jauh lebih baik jika Anda bangun pagi setelah tidur 8 jam. Waktu istirahat yang cukup akan menghindari Anda dari rasa mengantuk di perjalanan.

Selain itu udara di siang hari ditambah dengan sinar matahari dapat mengusir kantuk. Anda pun bisa melakukan perjalanan lebih lama dengan kondisi sehat daripada harus melakukannya malam hari.

Pastikan bahwa Anda mengikuti semua cara menghilangkan ngantuk saat berkendara ini dengan baik. Selalu ingat jika mengantuk berat, segera hentikan perjalanan dan beristirahat untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles