Mudik Naik Mobil, Cek Dulu 5 Komponen Penting Berikut Ini!
servis sebelum mudik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kondisi mesin mobil yang sehat dan prima jadi hal wajib yang mesti Anda perhatikan agar perjalanan mudik bersama keluarga kian aman dan nyaman

Bagi Anda yang berencana mudik membawa mobil pribadi, ada beberapa hal yang mesti disiapkan. Salah satunya adalah mengecek kondisi mesin mobil. Tujuannya, agar perjalanan lancar dan tanpa hambatan karena alasan mobil mogok. Oleh karena itu, sebelum melakukan perjalanan mudik berikut Jualo berikan beberapa hal yang harus dicek dan disiapkan.

1. Kondisi Mesin

mesin mobil 2

Sebelum berangkat mudik, pastikan Anda mengecek mesin mobil secara menyeluruh dan jangan sampai ada yang terlewatkan. Ini agar perjalanan jadi lebih nyaman, dan kendaraan tidak rewel ketika dibawa macet-macetan. Jika Anda tidak bisa mengeceknya sendiri, bawalah ke bengkel langganan. Pastikan mekanik atau montir memperbaiki mesin mobil Anda yang akan dibawa pergi mudik.

2. Cek Kelistrikan

Bagian mengecek kelistrikan pada mobil sangat penting, lho. Hal ini karena, kelistrikan yang berasal dari aki dapat memengaruhi kinerja beberapa komponen lain, seperti lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter. Untuk itu jangan sampai terlewat mengecek listrik pada mobil Anda. Alih-alih ingin pergi pada malam hari dan lupa memperbaiki bagian tersebut, maka perjalanan mudik Anda akan terhambat nantinya karena lampu yang mati.

3. Air Radiator

Mesin mobil

Menempuh perjalanan yang cukup jauh, apalagi saat mudik hingga ratusan kilometer dapat membuat mesin mobil rentan menjadi panas. Akan tetapi dengan adanya air radiator, mesin mobil Anda dapat berada di tingkatan suhu yang tepat. Hal itu juga dapat diperoleh dengan kinerja sistem radiator yang baik. Oleh karenanya Anda perlu dilakukan pengecekan pada bagian ini. Level air radiator yang kurang dapat membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

–> JELANG MUDIK LEBARAN, KETAHUI ATURAN TILANG ELEKTRONIK DI JALAN TOL

4. Cek Kondisi Rem

Ini penting, Anda harus pastikan rem mobil tidak blong. Bagian tersebut merupakan salah satu yang paling fatal, apabila rem mobil tidak bekerja dengan baik. Salah satu seringkali kecelakaan lalu lintas adalah adanya masalah pada rem. Baik rem mobil Anda tidak pakem, apalagi sampai blong. Bukan Anda saja yang celaka, tapi bisa merugikan orang lain, hingga nyawa taruhannya.

5. Periksa Ban

mesin mobil 3

Memeriksa bagian ban pada mobil Anda ketika akan dibawa perjalanan mudik, juga sangat penting. Ini juga penting, karena tak sedikit yang mengalami kecelakaan lalu lintas kondisi bannya tidak stabil. Maka sebelum berangkat pada jauh-jauh hari, Anda diwajibkan memeriksa bagian ban mobil Anda. Agar perjalanan aman dan juga nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles