Biar Mudik Nyaman, Simak Tips Memilih Kursi Kereta Api Berikut Ini
kursi kereta api

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Memilih kursi kereta api umumnya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan Anda selama perjalanan, khususnya jelang Hari Raya Idul Fitri.

Perjalanan mudik dengan kereta api memang kerap dipilih sebagian masyarakat mengingat harganya yang murah dan bebas macet. Apalagi di masa libur Idul Fitri, seringkali para pemudik memesan tiket secepat mungkin agar tidak kehabisan. Alhasil, kebanyakan dari mereka memilih kursi kereta api seadanya tanpa memikirkan soal kenyamanan. Nah, agar tidak kehabisan tiket dan tak salah memilih tempat duduk. Berikut Jualo berikan tips memilih kursi kereta api ekonomi agar perjalanan mudik makin menyenangkan.

1. Beli Tiket Online

kursi kereta api-7

Hal pertama yang harus Anda lakukan supaya tetap nyaman saat mudik adalah dengan membeli tiket kereta secara online. Saat ini, banyak sekali pilihan online travel agent yang menyediakan tiket kereta api. Bahkan, PT KAI pun memiliki situs sendiri yang bisa diakses untuk memesan tiket secara online, sehingga kamu tak perlu repot-repot datang ke stasiun hanya untuk membeli tiket kereta.

Apalagi, banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memesan tiket kereta secara online. Salah satunya dengan memilih kursi kereta api sesuai keinginan. Walau harus memesan dalam waktu cepat, namun Anda akan diberikan waktu selama beberapa detik untuk menentukan pilihan tempat duduk yang kamu inginkan.

2. Sesuaikan dengan Arah Laju Kereta

kursi kereta api-4

Soal yang satu ini memang susah-susah gampang. Pasalnya, Anda harus benar-benar mengetahui arah laju kereta. Untuk kereta ekonomi dan bisnis, tempat duduknya memang tak bisa diubah seperti tempat duduk kelas eksekutif. Memilih tempat duduk yang tidak sesuai dengan arah lajunya kereta sering menimbulkan pusing atau mual, apalagi bagi yang jarang naik kereta api.

Untuk itu, pilihlah tempat duduk yang maju yang searah dengan lagu kereta. Pada kereta api ekonomi, umumnya jika berangkat menuju timur bernomor genap sedangkan ke arah barat memiliki nomor ganjil.

Nah, untuk menghindari guncangan sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah, yakni kursi nomor 11 dan 12. Karena posisi ini akan menghindari kamu dari kebisingan, terutama saat pintu akses antar gerbong dibuka tutup.

3. Pilih Dekat Jendela

kursi kereta api-3

Perjalanan mudik dengan kereta api sebenarnya tak sebosan yang Anda pikirkan. Apalagi, kalau kamu melakukan perjalanan di siang hari. Pemandangan hamparan sawah yang hijau bakal menemani perjalanan mudik Anda. Rasa bosan pun akan terbayarkan dengan panorama indah itu sepanjang perjalanan.

Selain persawahan, sungai-sungai yang mengular hingga pemukiman penduduk jadi pemandangan utama yang bisa kamu saksikan selagi berada di dalam kereta. Supaya bisa menikmati view cantik ini, sebaiknya pilih tempat duduk dekat jendela dengan nomor baris A atau D. Duduk dekat jendela juga memudahkanmu untuk mengisi daya baterai ponsel, karena colokan dan soket listrik berada di bawah meja yang terpasang di bawah jendela.

4. Perhatikan Posisi AC

kursi kereta api-2

Hal yang tak boleh diabaikan adalah posisi AC di dalam gerbong kereta. Suhu AC akan terasa sangat dingin saat malam, sehingga bagi yang tidak kuat dingin sebaiknya untuk menghindari tempat duduk yang berdekatan dengan AC. Lebih baik, pilih tempat duduk yang membelakangi AC biar tidak masuk angin. Namun, bila terlanjur mendapatkan tempat duduk yang terkena paparan dinginnya AC, maka bawalah perlengkapan seperti kaos kaki dan jaket guna menjaga tubuh tetap hangat.

5. Hindari Duduk di Dekat Bordes atau Toilet

Hindari tempat duduk yang dekat dengan toilet dan bordes. Bordes atau sambungan gerbong biasanya berdekatan dengan toilet. Selain dapat mencium aroma tak sedap yang berasal dari toilet, posisi tempat duduk yang berdekatan dengan toilet dan bordes juga akan membuat suara bising dengan mudah terdengar dari pintu sambungan gerbong yang dibuka tutup akibat penumpang atau petugas kereta yang lalu lalang.

–> CARA JITU MEMILIH AGEN TRAVEL TERBAIK UNTUK TEMANI LIBURANMU

6. Usahakan Duduk Dekat Gerbong Restorasi

kursi kereta api-5

Supaya tidak kelaparan selama perjalanan, wajib untuk membawa camilan dan beberapa makanan lainnya. Namun, tak jarang dari penumpang yang tetap saja merasa bosan walau sudah membawa camilan. Restorasi mungkin bisa jadi solusi yang tepat untuk menghilangkan rasa bosan selama berada di dalam kereta. Selain bisa menikmati suasana yang berbeda, restorasi juga menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman yang nikmat. Biasanya, restorasi berada di gerbong nomor lima atau enam.

7. Pilih Gerbong yang Dekat Pintu Keluar Stasiun

kursi kereta api-6

Selain memikirkan posisi tempat duduk demi kenyamanan saat perjalanan, Anda juga harus memikirkan posisi yang memudahkanmu untuk keluar dari gerbong dan stasiun. Biasanya, setiap stasiun memiliki pintu keluar yang ada di bagian tengah. Jadi, biar tidak terlalu jauh jalan menuju pintu keluar stasiun, sebaiknya pilih gerbong dengan nomor urut tengah.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles