Jangan Asal, Simak Aturan Konvoi Mobil di Jalan Raya yang Benar
konvoi mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Konvoi mobil biasa dilakukan ketika sedang dalam acara turing bersama komunitas atau berpergian jauh bersama teman dan keluarga

Anda pasti pernah atau bahkan sering melihat konvoi mobil atau sepeda motor yang sangat banyak jumlahnya di jalan raya bukan? Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja dilakukan asal tahu aturannya. Sayangnya, masih terdapat konvoi yang salah kaprah seperti ingin diutamakan di jalan.

Bahkan sampai ada yang melanggar aturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah dan melanggar batas kecepatan. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui etika dan aturan konvoi saat touring demi keselamatan dan kenyamanan sesama pengguna jalan berikut ini.

1. Pecah Anggota Konvoi

konvoi mobil-2

Sebaiknya pecah rombongan menjadi beberapa grup agar tidak terlalu panjang

Pertama adalah dengan membagi-bagi rombongan menjadi kelompok berisi 4-5 mobil. Sistem cluster dilakukan agar rombongan tidak terlalu panjang dan mengular sehingga bisa mengganggu lalu lintas. Selain itu, lebih mudah pula mengatur irama rombongan di jalan jika anggotanya hanya sedikit. Tentukan mobil paling depan sebagai leader yang mengatur pergerakan peserta konvoi dalam setiap grup.

2. Dilarang Memakai Hazard, Sirine, dan Lampu Rotator

Cara yang kedua yaitu konvoi mobil tidak boleh munggunakan lampu hazard karena hanya dipakai saat berhenti darurat dan membuat bingung pihak lain. Ganti cara untuk menandakan rombongan konvoi dengan menggunakan stiker penanda yang mudah dilihat oleh anggota lainnya dan nyalakan lampu utama. Jangan pula memakai sirine atau lampu rotator karena itu dilarang dan merupakan wewenang aparat negara. Selain itu, penggunaan kedua alat tersebut dapat mengganggu pemakai jalan lainnya.

3. Perhatikan Batas Kecepatan di Jalan

Cara berkendara kamu dan anggota konvoi lainnya juga harus diperhatikan. Jaga kecepatan konvoi agar tidak terlalu kencang atau sekitar 40-60 km/jam di jalan kota dan antar kota. Untuk di tol, kecepatan bisa ditingkatkan ke kisaran 60-80 km/jam. Silakan sesuaikan kecepatan peserta konvoi berdasarkan batas kecepatan jalan yang dilewati dan kondisi lalu lintasnya. Wajib diketahui, saat pemimpin rombongan mencapai kecepatan 80 km/jam, maka kecepatan anggota rombongan paling belakang bisa tembus 100-120 km/jam agar tidak ketinggalan.

konvoi mobil-4

Hindari penggunaan rotator atau sirine

4. Jaga Jarak Aman Antar Kendaraan

Selain itu, berlakukan jarak aman dengan kendaraan di depan dan gunakan pola zig-zag dalam satu lajur ketika konvoi. Tujuannya agar kamu dapat memantau kondisi di depan lebih baik dan memberi ruang melakukan manuver menghindar. Jangan paksakan melanggar lalu lintas seperti menerobos lampu merah hanya karena tidak mau ketinggalan rombongan. Hindari menguasai lajur jalan supaya kendaraan lain tetap dapat melaju dengan aman dan nyaman.

5. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Rangkaian konvoi harus mematuhi aturan lalu lintas dan tidak perlu mendapatkan prioritas apalagi dikawal. Termasuk mematuhi marka jalan seperti tidak menyalip ketika lajur pemisah jalan tidak putus-putus. Bila ada anggota rombongan yang tertinggal karena terkena lampu merah, anggota lain di depan cukup mengurangi kecepatan untuk menunggu. Yang tertinggal tidak perlu menerobos lampu lalu lintas dan yang menunggu tidak sampai mengganggu pengguna jalan lain lantaran menggunakan jalan untuk berhenti.

6. Gunakan Alat Komunikasi

Kamu bisa menyiapkan alat komunikasi seperti walkie talki untuk berkomunikasi antar sesama anggota konvoi. Setidaknya pemimpin rombongan dan peserta paling belakang dibekali alat ini untuk menjaga keutuhan peserta konvoi.

konvoi mobil-3

Dahulukan kendaraan prioritas, diantaranya ambulance, pemadam kebakaran, dan iring-iringan Presiden

7. Atur Waktu Perjalanan

Atur jadwal konvoi agar tidak melewati jam-jam sibuk yang mengganggu pengguna jalan lain. Hindari pula melewati wilayah macet seperti tengah kota. Sebelum berjalan, manfaatkan peta digital untuk memilih rute perjalanan dan diskusikan dengan anggota konvoi lainnya.

–> GAK SULIT, BEGINI CARA MENGHILANGKAN BAU APEK DI DALAM MOBIL

8. Jaga Emosi di Jalan

Jika ada mobil lain yang masuk rangkaian konvoi, biarkan saja dan jangan dijadikan konflik. Jangan meladeni jika ada pengguna jalan memprovokasi karena tidak suka adanya konvoi yang sedang kamu jalani. Yang paling penting hindari mengemudi agresif atau berkecepatan tinggi yang bisa membahayakan seluruh pengguna jalan. Ingat, kamu harus mematuhi aturan lalu lintas dan menerapkan safety driving ketika konvoi.

9. Pahami Skala Prioritas di Jalan

Ada beberapa jenis kendaraan yang wajib diberikan prioritas di jalan, seperti ambulans dan pemadam kebakaran. Segera beri jalan jika mendengar sirine dari kendaraan prioritas tersebut.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles