Apa yang Mesti Dilakukan Jika Kendaraan Terdampak Erupsi Gunung?
erupsi gunung

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Erupsi gunung merapi yang menyemburkan abu vulkanik tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, tapi juga bisa merusak kendaraan

Erupsi Gunung Api Semeru, Jawa Timur terjadi pada 4 Desember 2021 sore hari. 62.084 penduduk dilaporkan terdampak ketika material seperti abu vulkanik dari perut gunung menyembur ke area pemukiman penduduk. Efek samping debu vulkanik yang menyebar dan menempel bukan hanya akan berbahaya bagi kesehatan, tapi juga kendaraan. Risikonya, bila tidak segera dibersihkan akan mengikis cat mobil.

Pasalnya, abu vulkanik mengandung unsur asam sulfat yang sangat kental dan bisa menyebabkan korosi, merusak cat, dan bisa menggores kaca mobil. Lantas, apa yang harus dilakukan bila kendaraan terdampak erupsi gunung?

1. Siram Pakai Air Secara Hati-Hati

Jika kondisi sudah memungkinkan, semprotkan air ke mobil. Tapi, untuk mengurangi risiko yang terjadi dari gesekan antara abu dengan cat mobil, maka kamu harus pintar-pintar mengatur tekanan air yang kamu gunakan ya.

Jangan menggosok permukaan mobil dengan jenis kain apapun, apalagi kain yang berbahan kasar. Karena abu vulkasik memiliki tekstur yang dapat merusak lapisan cat dan kaca mobil, jadi pelan-pelan saja.

2. Tingkatkan Tekanan Air

Periksa bagian ban dan bagian kaki-kaki mobil. Untuk membersihkan kotoran pada bagian ini sebaiknya kamu meningkatkan tekanan air pada selang agar memudahkan Anda dalam membersihkan sisa kotoran yang menempel. Anda juga harus sabar dan teliti, dan untuk membersihkan sela-sela bagian sempit di area bawah mobil tersebut.

erupsi gunung-2

3. Gunakan Sampo Mobil

Karena abu vulkanik mengandung asam, maka siapkan shampo yang biasa digunakan untuk mencuci mobil. Shampo kendaraan yang baik harus memiliki kadar PH yang netral, hal ini juga mampu menjaga kualitas cat mobil.

Setelah merasa sisa-sisa abu vulkanik sudah mentingkir dari kendaraan kamu. Ulangi langkah ini sekali lagi dengan shampo yang sama dan perhatikan disela-sela jendela, di mana abu vulkanik mungkin masih tersisa. Jika sudah selesai, bilas kendaraan menggunakan tekanan air yang sedang serta menggunakan kain yang bersih untuk mengelap bagian yang basah.

4. Tutup dengan Cover Kendaraan

Jika sudah bersih, maka hal terbaik adalah merawatnya dengan baik. Cover kendaraan memiliki fungsi yang baik untuk melindungi kendaraan dari debu dankotoran lain yang mungkin saja menghampiri.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles