close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

7 Cara Mudah Merawat Cat Mobil Agar Tetap Kinclong

Cat Mobil

Cat mobil yang terawat dengan warna mengkilap tentu menarik pandangan mata saat melihatnya. Lalu, bagaimana cara merawat cat mobil supaya tetap kinclong? Simak ulasan lengkapnya.

Siapa yang tak ingin memiliki mobil terawat dengan warna kinclong dan mengkilap setiap saat. Selain enak dipandang, mobil yang bersih dan terawat bisa menunjukkan jati diri pemiliknya lho. Namun, banyak kasus ditemui meski sudah merasa merawat dengan baik, cat mobil tetap kusam atau bahkan rusak. Nah, usah kuatir, berikut Jualo berikan 7 tips menjaga cat mobil Anda supaya tetap kinclong dan mengkilap.

Parkir di Tempat Teduh

Memarkir mobil di tempat yang teduh bertujuan untuk menghindari mobil dari sinar matahari berlebih. Pasalnya, jika mobil terlalu lama dijemur di bawah sinar matahari berimbas pada cat yang pudar. Untuk itu, saat berhenti atau parkir, carilah tempat yang teduh. Khususnya jika berhenti dalam jangka waktu yang lama.

–> Lakukan Hal Ini Jika Mobil Matic Mogok Mendadak

Bersihkan Bagian Body Teratur

Cat Mobil

Cuci Mobil Secara Teratur dan Gunakan Sabun Khusus

Bagian terpenting lain adalah membersihkan bagian body secara teratur. Jika body mobil dalam keadaan kering maka wajib menyiramnya atau setidaknya membasahi bagian body tersebut terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Mengelap body dalam keadaan kering dapat mengakibatkan body terlihat tidak bersih dan meninggalkan bekas goresan kecil. Hal ini terjadi akibat bentuk partikel debu dan kerikil yang runcing dan tidak rata dapat meninggalkan goresan yang meskipun tak kasat mata, namun apabila terjadi berkali-kali dapat mengikis lapisan cat mobil.

Gunakan Sabun Khusus Mencuci Mobil

Beberapa pemilik mobil mencuci kendaraannya menggunakan sabun detergen, sabun colek, atau sabun cuci yang tidak jelas mereknya. Tentu hal ini berpengaruh sekali terhadap warna kusam dan memudarnya warna cat mobil. Menggunakan sabun cuci yang tidak jelas akan berdampak cat menjadi belang dan tidak merata.

Untuk itu, gunakan sabun cuci khusus mobil meski harganya memang sedikit lebih mahal. Selain itu, sempatkan mencuci mobil minimal seminggu sekali saat musim kemarau, dan dua kali seminggu apabila dalam musim penghujan, karena air hujan dapat mengikis warna cat mobil akibat kandungan asam di dalamnya.

–> Selain Over Kredit, Begini Cara Ampuh Menjual Mobil yang Masih Nyicil

Gunakan Kain Halus Saat Bersihkan Mobil

Cat Mobil

Gunakan Kain Halus Ketika Membersihkan Body

Tips selanjutnya yaitu membersihkan bagian luar mobil dengan kain yang halus atau tidak kasar. Minimal menggunakan kain yang banyak beredar di pasaran seperti kanebo. Hindari pemakaian kain yang asal seperti potongan bekas baju atau bekas handuk karena sekali lagi, benda-benda tersebut tidak didesain untuk membersihkan bagian luar mobil Anda.

Segera Cuci dan Keringkan Mobil Setelah Terkena Hujan

Ketika seluruh bagian mobil sudah dicuci hingga bersih, segera keringkan mobil dengan lap berbahan microfiber untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap dan terhindar dari baret. Jangan biarkan air terlalu lama membasahi bodi mobil, dan hindari mengeringkannya dengan mengandalkan pancaran sinar matahari, karena hal tersebut dapat menyebabkan air sisa cuci mobil membekas di bagian bodi mobil.

Begitu pula usai terkena air hujan. Langsung siram bagian bodi dan mengelapnya hingga kering agar tidak menimbulkan bercak yang dapat merusak cat mobil.

–> Mobil Baru BMW X-Series Resmi Meluncur di Indonesia

Menggunakan Obat Poles atau Wax

Cat Mobil

Poles Mobil Secara Berkala 

Selain rutin mencuci mobil, ada hal lain yang bisa diaplikasikan untuk merawat cat mobil agar tetap mengkilap, yaitu dengan menggunakan obat poles atau wax sekitar dua bulan sekali. Dengan menggunakan obat poles atau wax, akan membantu cat mobil terlihat semakin mengkilap, bahkan bisa menghilangkan baret-baret halus pada bodi mobil.

Penggunaannya pun sangat mudah, cukup gosokkan secara merata obat poles atau wax ke bagian demi bagian mobil, tunggu hingga kering, lalu bersihkan kembali menggunakan lap microfiber untuk hasil yang maksimal. Yang patut diingat, jangan terlalu sering memoles mobil karena dapat mengikis lapisan cat pada mobil.

–> Update informasi terbaru seputar Jualo di social media TikTok @Jualocom

Jangan Gunakan Penutup Ketika Mobil Masih Basah

Cat Mobil

Menutup Mobil dalam Kondisi Basah Bisa Menimbulkan Jamur pada Cat

Menggunakan penutup mobil boleh dilakukan di siang hari, malam atau kapanpun. Jangan tutup mobil dalam kondisi basah. Jika dilakukan, maka dapat mengubah warna cat pada mobil. Selain itu, beberapa bagian bisa saja berkarat, timbul jamur, atau masalah lain pada cat mobil. Jika memang tidak memiliki garasi dalam rumah dan ingin menggunakan penutup mobil di malam hari, pastikan mobil dalam kondisi kering. 

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram