Bagian Kaki-kaki Mobil yang Rawan Bermasalah & Cara Mendeteksinya
kaki-kaki mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting mobil yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, komponen satu ini wajib dirawat dan dicek secara rutin

Jika mobil Anda terasa mulai kurang nyaman dan terdapat bunyi-bunyian di bagian kolong atau bawah, maka hal tersebut bisa dari kaki-kaki mobil yang mulai bermasalah. Kalau sudah begitu, maka Anda wajib pergi ke bengkel untuk memperbaikinya agar tidak makin parah dan mengganggu kenyamanan. Lalu, bagaimana cara mendeteksi kaki-kaki mobil yang mulai bermasalah? Berikut Jualo berikan tipsnya.

Komponen Penting Pada Kaki-kaki Mobil

Kenapa bagian kaki-kaki pada mobil wajib diperiksa? Hal ini karena ini adalah bagian yang menerima tekanan yang paling besar. Selain itu, komponen ini juga mempengaruhi aspek kenyamanan ataupun keselamatan pengendara.

kaki-kaki mobil-9

Bahkan, apabila bagian kaki kaki pada mobil sudah mengalami kerusakan, maka bukan tidak mungkin ini akan memicu kerusakan pada bagian yang lain. Apa saja bagian yang perlu diperhatikan dan dirawat dengan baik. Berikut ini bagian kaki kaki yang wajib Anda ketahui:

1. Suspensi

Suspensi digunakan untuk meredam guncangan pada mobil. Guncangan ini sering terjadi saat melewati lobang, tanjakan, atau saat kondisi jalanan tidak rata. Suspensi biasanya terbuat dari bahan baja anti karat sehingga akan sulit terjadi korosi pada komponen tersebut.

kaki-kaki mobil-6

Karena terbuat dari bahan anti karat, maka suspensi juga memiliki daya tahan yang tinggi. Meski demikian, apabila suspensi digunakan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka kondisinya juga akan mengalami penurunan.

Akibatnya, saat dikendarai, mobil akan terasa limbung, apalagi saat dalam laju kecepatan yang tinggi. Dalam hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kerusakan pada bagian ini. Salah satunya adalah dengan memperhatikan apakah ada suara bising saat mobil melaju

Selain itu, pengecekan juga bisa dilakukan dengan memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalan yang lurus. Apabila pada kedua kondisi tersebut mobil terasa limbung, maka artinya sudah waktunya mengganti shockbreaker mobil.

2. Bushing Arm

Bushing arm merupakan komponen pada mobil yang mempunyai tugas untuk mencengkeram roda atau titik tumpu pada roda. Bushing FAM berbentuk selongsong besi dan disokong oleh karet.

kaki-kaki mobil-4

Selain itu bushing arm juga menjadi komponen yang dapat meredam getaran sambungan suspensi yang terjadi pada bagian kaki kaki mobil. Apabila terjadi kerusakan pada bagian bushing arm. maka kondisi awal yang akan terdeteksi adalah rasa tidak nyaman.

Cara mudah untuk mengetahui bagian ini mengalami kerusakan yaitu mengamati arah laju mobil. Apabila arah mobil terlihat melenceng baik ke arah kanan atau kiri, maka ini menjadi tanda jika bushing arm harus diperbaiki.

3. Bearing

Bagian bearing adalah bagian penting lainnya pada kaki kaki kendaraan roda empat. Bearing merupakan salah satu bagian yang menjadi bantalan di roda, sehingga akan sangat berpengaruh pada perputaran roda. Komponen bearing juga akan mempengaruhi kestabilan laju mobil.

kaki-kaki mobil-3

Cara mendeteksi kerusakan pada bagian bearing adalah dengan memperhatikan perputaran roda pada mobil satu persatu. Anda dapat mendongkrak mobil dan melihat putaran roda satu persatu.

Apabila Anda mendengar suara bising atau gemuruh maka hal ini bisa menjadi tanda masalah pada  komponen ini. Solusinya yaitu menggantinya dengan bearing yang baru.

4. Tie Rod atau Long Tie Rod

Apabila ingin memastikan kaki kaki pada mobil yang bagus dan belum mengalami kerusakan maka Anda perlu juga memperhatikan bagian ban. Hal ini karena ban adalah bagian yang sering mengalami gesekan dengan aspal sehingga mudah pula mengalami masalah.

kaki-kaki mobil-7

Periksa bagian tie rod dan long tie rod. Pasalnya komponen ini merupakan bagian yang meneruskan pergerakan setir ke mobil. Untuk mengetahui bagian tie rod mengalami masalah atau tidak bisa dilakukan dengan cara mendongkrak mobil. Apabila sudah terangkat, pegang ban dan gerakkan kekanan dan kekiri seperti mobil akan berbelok. Apabila terdengar bunyi atau gesekan, artinya mobil bermasalah.

5. Ball Joint

Ball joint adalah bagian dari komponen mobil yang berfungsi sebagai pengikat dan sebagai sumbu Lower Arm atau as roda mobil. Bagian ball joint ini akan membantu mempertahankan posisi as roda mobil saat berbelok.

kaki-kaki mobil-2

Apabila Anda ingin mengetahui kondisi ball joint mengalami masalah atau tidak, silahkan mengeceknya dengan mendongkrak mobil. Setelah itu, tekan ban ke atas dan ke bawah.

Pada saat mendongkrak mobil, apabila terdengar gesekan atau ban naik turun dengan jeda yang jauh maka artinya mobil bermasalah. Selanjutnya, segera perbaiki ball joint ini.

6. Per

Dibandingkan dengan komponen kaki kaki mobil lainnya, per adalah bagian yang jarang bermasalah atau mengalami kerusakan. Meskipun begitu, bukan berarti bagian ini tidak bisa mengalami masalah.

Bahkan, per yang mengalami kerusakan akan sulit terdeteksi. Karena itu, kerusakan pada per baru akan terdeteksi saat ulir per keong atau per daun patah.

kaki-kaki mobil-5

Beberapa penyebab kerusakan pada per diantaranya disebabkan oleh faktor tertentu. Diantaranya adalah terkikisnya atau pecahnya bushing atau bantal per atau ada selang yang terlilit pada bagian spiral per.

–> Tanda-tanda Engine Mounting Mobil Anda Sudah Bermasalah

7. Velg

Untuk mengetahui kerusakan pada bagian velg tidak jauh berbeda dengan mengetahui kerusakan pada ban. Caranya yaitu cukup dengan melihat kondisi fisiknya. Hal utamanya disini adalah memperhatikan kondisi pada bagian bibir velg, misalnya pecah-pecah, penyok dan retak atau tidak.

kaki-kaki mobil-8

Mendeteksi kerusakan pada bagian velg juga bisa dideteksi pada saat mobil berjalan. Apabila saat mobil berjalan velg goyang, maka kemungkinan salah satu velg peyang pada salah satu bagiannya.

Karena itulah memperhatikan kondisi velg penting dilakukan. Sebab velg yang peyang atau bengkok akan memicu velg pecah dan laju atau kendali mobil menjadi liar. Jadi, pastikan Anda tidak melewatkan perawatan dan pengecekan pada bagian ini.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles