Tips Lindungi Mesin Mobil dari Gangguan Tikus
mesin mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pernahkah Anda melihat atau mendengar kabel di ruang mesin mobil rusak akibat gigitan tikus? Dan jika hal tersebut menimpa Anda, bagaimana cara mengatasinya?

Sebagai hewan pengerat, kehadiran tikus memang cukup mengganggu. Tidak hanya di dalam rumah saja, karena hama satu ini juga bisa merusak kendaraan dengan cara masuk ke ruang mesin mobil. Jika sudah seperti itu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut Jualo akan berikan tipsnya untuk Anda.

Penyebab Tikus Suka Bersarang di Mesin Mobil?

mesin mobil-3

Ruang mesin yang hangat dan sempit memang jadi tempat favorit tikus untuk menghangatkan tubuhnya saat dingin. Jika dibiarkan, maka tikus bisa bersarang di sana untuk waktu yang lama. Yang paling berbahaya tentu saja mereka dapat merusak kabel yang ada di mesin mobil hingga putus. Oleh karena itu, Anda perlu segera mengatasi masalah ini lewat beberapa cara berikut.

1. Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Wajib bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan ruang mesin mobil secara berkala. Jika tidak, tikus akan nyaman berlama-lama di dalam ruang mesin. Hal ini dikarenakan tikus termasuk hama yang suka tinggal di tempat-tempat kotor.

mesin mobil-2

2. Panaskan Mobil Secara Rutin

Meskipun saat musim dingin tikus suka mencari sarang di tempat hangat. Bukan berarti tikus juga suka mencari sarang di tempat panas. Mesin mobil yang sering Anda panaskan, akan membuat tikus enggan untuk memasuki ruang mesin. Tidak perlu lama, cukup 3 hingga 5 menit memanaskan mesin sudah cukup mengusir tikus secara halus.

3. Pasang Lampu LED Low Voltage

Tikus tidak hanya suka di tempat kotor. Tikus juga suka di tempat gelap. Cobalah Anda memasang lampu LED low voltage di ruang mesin mobil agar tetap terang walaupun mobil tidak sedang digunakan.

Pilihan lampu ini juga cukup hemat energi, yaitu kurang dari 1 watt, daripada menggunakan alat elektronik lain yang terlalu boros energi untuk mengusir tikus.

4. Pasang Perangkap Tikus

Memasang perangkap tikus menjadi salah satu cara ampuh yang wajib dicoba. Hal ini disebabkan tikus akan mudah mati ketika terjebak perangkap. Sebaliknya, kami tidak menyarankan Anda untuk memberi makan racun tikus.

mesin mobil-4

Selain karena tikus susah mati walaupun memakan racun. Juga karena ketika tikus mati, bau bangkainya akan sulit hilang.

–> Tips Ringan Perawatan Mobil Saat Pandemi, Jangan Lupa Panaskan Mesin

5. Tebar Aroma Tidak Sedap

Tikus tidak suka dengan aroma tidak sedap. Baik itu berasal dari bahan yang Anda beli dari toko pembasmi hama, maupun dari tanaman di sekitar tempat tinggal. Seperti aroma peppermint, rambut anjing, rambut kucing, bau mengkudu, dan lain-lain. Temukan beberapa bahan tersebut dan tebarlah di sekitar mesin mobil agar menimbulkan aroma tidak sedap.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles