close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

7 Langkah Efektif Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Banjir

Prioritas setelah hunian atau rumah terendam banjir tentunya membersihkan rumah agar terhindar dari bakteri atau penyakit. Nah, simak langkah yang harus dilakukan usai rumah kamu terendam banjir.

Banjir yang melanda sejak Sabtu 20 Februari 2021 di sejumlah wilayah di Jabodetabek kini mulai surut. Setelah banjir surut, membersihkan rumah jadi hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, air yang masuk merupakan air kotor yang bisa membawa banyak bakteri, virus, dan parasit penyebab penyakit.

Selain itu, jika genangan air, lumpur, dan kotoran yang masuk ke dalam rumah dibiarkan terlalu lama, bisa-bisa pondasi dan perabotan rumah jadi rusak.

Apabila hunianmu juga sempat terendam banjir kemarin, sebaiknya ketahui cara membersihkan rumah pasca banjir sesuai urutan berikut ini. Dengan cara ini, membersihkan rumah jadi lebih cepat, bersih, dan efektif!

–> Review Rancamaya Golf Estate: Hunian Sejuk di Selatan Jakarta

Bersihkan sisa air dari rumah

Banjir

Bersihkan Sisa Air yang Masih Menggenangi Rumah

Begitu banjir surut, biasanya masih ada genangan air yang tersisa di dalam rumah. Hilangkan semua sisa air banjir yang masih berada di dalam rumah dengan segera. Geser seluruh perabot ke bagian yang kering terlebih dahulu supaya kamu lebih mudah dan supaya benar-benar tak ada air yang tersisa. Gunakan serokan untuk mempermudah kegiatan satu ini.

Bersihkan sisa lumpur yang menempel

Setelah genangan air hilang, terdapat sisa lumpur yang ikut masuk ke dalam rumah bersama dengan air. Segera bersihkan sisa-sisa lumpur tersebut karena semakin lama dibersihkan, lumpur semakin susah hilang. Apabila tak bisa dihilangkan hanya dengan serokan, gunakan sikat. Setelah lumpur hilang, bilas lantai dengan campuran air, karbol, dan cairan disinfektan supaya kuman yang menempel benar-benar musnah.

Selamatkan dan keringkan perabotan yang masih bisa diamankan

Banjir

Amankan Perabotan yang Masih Bisa Dipakai

Dalam waktu 48 jam setelah banjir surut, sebisa mungkin langsung selamatkan perabotan yang masih bisa diamankan. Jika lebih dari itu, risiko kerusakan tentu lebih besar. Belum lagi risiko terkontaminasi bakteri yang datang dari air banjir. Pindahkan ke tempat yang kering, dan jemur perabotan-perabotanmu. Dan jangan ragu untuk membuang barang-barang yang rusak parah dan tak dapat digunakan lagi.

–> 6 Rekomendasi Merk Stick Golf Terbaik untuk Pemula

Bersihkan tembok hingga kering

Banjir

Bersihkan dan Keringkan Tembok Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Tembok merupakan bagian tersulit untuk dibersihkan. Hal pertama yang dilakukan adalah cabut wallpaper supaya tak ada air yang tersisa dan membuat tembok berjamur. Biarkan tembok mengering, dan setelah kondisi aman, lapisi tembok dengan cat anti air.

Keringkan karpet

Jika rumah kamu memiliki karpet, beri perhatian ekstra pada karpet yang basah. Karpet yang lembap merupakan sumber penyakit bagi anggota keluarga. Keringkan dan bersihkan karpet dengan menggunakan sabun dan juga desinfektan untuk menghilangkan bakteri. Membawa karpet ke jasa cuci profesional juga bisa jadi solusi yang mudah.

Beri Disinfektan Seluruh Perabotan

Banjir

Beri Disinfektan Seluruh Perabotan

Meja dapur, rak dapur, kulkas, kompor, piring dan peralatan makan yang bersentuhan dengan air banjir harus dicuci dengan air hangat dan sabun, dibilas dan kemudian beri disinfektan agar terbebas dari bakteri. Kemudian, untuk barang-barang dari kayu dan plastik, termasuk talenan, peralatan dan wadah penyimpanan makanan, yang telah bersentuhan dengan air yang terkontaminasi harus dibuang karena dapat mengandung bakteri yang sulit untuk didisinfeksi.

–> 5 Sneakers dengan Harga Terjangkau yang Bisa Kamu Beli di Jualo

Menempatkan Barang-barang Kembali ke Dalam Rumah

Setelah memastikan bahwa tembok telah benar-benar kering dan menyortir serta mendisinfeksi perabotan, saatnya untuk memasukkan kembali barang-barang tersebut ke dalam rumah. Pada tahap ini, pastikan bahwa tembok telah benar-benar kering. Beri jarak di antara perabotan dan tembok agar terdapat udara yang masuk, biarkan sampai tembok benar-benar kering.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram