Syarat Kredit Mobil yang Perlu Diketahui Agar Pengajuan Diterima
syarat kredit mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Ingin membeli mobil secara kredit? Ketahui dulu beberapa syarat kredit mobil di bawah ini agar pengajuan Anda langsung diterima

Membeli mobil dengan skema kredit menjadi cara yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Cara ini dinilai menjadi cara yang paling mudah untuk membeli mobil. Khususnya buat Anda yang tidak memiliki dana cash. Namun patut diingat bahwa terdapat persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda membeli mobil secara kredit. Lalu, bagaimana cara dan syarat kredit mobil yang aman?

Setidaknya ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika ingin mengajukan kredit mobil. Seperti yang sudah Jualo rangkumkan untuk Anda di bawah ini.

1. Pilih dealer dan leasing terpercaya

syarat kredit mobil-6

CARRO Indonesia siap membantu Anda mendapatkan mobil impian yang berkualitas

Kalau Anda berencana kredit mobil, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih dealer mobil atau leasing tepercaya. Hubungi dealer terdekat dari rumah. Kalau ada teman yang bekerja di dealer, jangan segan untuk bertanya dan mencari banyak informasi. Jangan juga Anda buru-buru dan tergiur penawaran uang muka renda, bunga ringan, atau jangka waktu fleksibel kalau Anda belum mencari tahu lebih detail. Syarat awal kredit mobil yang harus Anda pahami, diantaranya:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di Indonesia
  2. Berusia antara 21 sampai dengan 60 tahun ketika kredit lunas
  3. Memiliki pekerjaan dan pendapatan setiap bulan.

2. Konsultasi dengan pihak leasing

Bila sudah menemukan leasing, langkah selanjutnya adalah konsultasi. Tanyakan lebih jauh bagaimana sistem pembiayaan pembelian mobil di tempat tersebut. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang cukup banyak untuk pertimbangan mengambil kredit.

syarat kredit mobil-3

Konsultasi terlebih dulu dengan pihak dealer atau leasing

Tukar tambah mobil juga harus dilakukan dengan berhati-hati dan Jangan buru-buru mengambil sistem pembiayaan bila Anda belum tahu bagaimana keuntungan serta risiko yang harus dihadapi. Saat konsultasi, Anda bisa menanyakan hal seperti uang muka, besar cicilan, jangka waktu, dan suku bunga.

3. Tentukan masa kredit

Aturan syarat kredit mobil berikutnya adalah menentukan masa jatuh tempo pembiayaan mobil yang sesuai kemampuan. Di sini, AutoFamily bisa memilih sendiri tenor pelunasan kredit, seperti 12, 24, 36, 48, dan 60 bulan. Dalam menentukan masa tenor, sebaiknya Anda mempertimbangkannya dengan melihat rencana keuangan. Apakah memungkinkan bila dilunasi dalam 12 bulan, atau mungkin memang harus menunggu hingga 36 hingga 48 bulan.

4. Pertimbangkan down payment dan suku bunga

​​​​​Berikutnya, pertimbangkan besar down payment (DP) dan suku bunga. Pihak leasing biasanya menawarkan DP fleksibel seperti 10%, 20%, 30%, 40%, dan 50%. Semakin besar DP yang Anda bayarkan, semakin kecil kredit yang harus dibayarkan. Namun, kalau memang belum memungkinkan untuk membayar DP besar, Anda bisa mengambil pilihan yang sedang hingga ringan.

syarat kredit mobil-2

Pertimbangkan dengan baik besaran DP dan suku bunga sesuai kemampuan Anda

Selanjutnya untuk masalah bunga, tanyakan dengan jelas kepada pihak leasing, apakah mereka memberlakukan sistem bunga tetap atau mengikuti bunga pasar. Kalau ada yang memberikan suku bunga tetap, maka hal tersebut lebih menguntungkan.

–> BEGINI TAHAPAN ATAU CARA MEMBELI MOBIL SECARA OVER KREDIT

5. Siapkan dokumen persyaratan kredit mobil

Terakhir, siapkan dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat pengajuan kredit. Di atas tadi hanyalah syarat umum untuk bisa mengambil kredit. Nah, sekarang ini adalah persyaratan atau berkas administrasi yang harus dilengkapi. Di antaranya adalah:

  • ​​​​​​​Kartu identitas (KTP)
  • Kartu keluarga
  • NPWP
  • Slip gaji
  • Bukti bayar PBB, rekening listrik, dan air
  • Rekening koran atau tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir, (jika ada)
  • Keterangan izin praktik untuk profesional
  • Akta Pendirian Perusahaan dan SIUP bagi pengusaha.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles