Mengenal Fitur Blind Spot Monitor dan Cara Kerjanya
blind spot monitor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sejalan dengan peningkatan lalu lintas di jalan, risiko kecelakaan saat berkendara ikut membesar. Oleh karena itu, produsen mobil mulai memberikan fitur blind spot monitor

Dalam terminologi berkendara, blind spot sering hanya dimaknai sebagai titik buta. Padahal sebenarnya ini adalah area bidang pandang yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi kendaraan. Oleh karena itu, pada mobil modern ada salah satu fitur keselamatan yang diberi nama blind spot monitor. Apa fungsi fitur tersebut dan bagaimana cara kerjanya?

blind spot monitor-2

Terdapat sensor untuk menjaga Anda agar tidak berpindah jalur sembarangan

Pengertian Blind Spot Monitor

Seperti namanya, cara kerja fitur blind spot monitor ini akan memberikan membantu pengemudi dalam melihat titik buta atau blind spot yang tidak terlihat pada kaca spion mobil. Kemudian fitur ini memberikan peringatan kepada pengendara bahwa ada objek yang tidak terlihat di kaca spion. Hal ini akan memudahkan pengemudi untuk mengetahui apakah ada kendaraan lain di samping belakang sehingga akan membantu saat harus pindah lajur atau menyalip kendaraan di depan.

blind spot monitor-3

Fitur akan memberikan visual berupa gambar berwarna oranye di spion dan bunyi peringatan

Objek ini terdeteksi sensor yang berada di bagian belakang mobil dan memberikan sinyal berupa kedipan lampu di kaca spion. Selanjutnya, apabila objek yang tidak terlihat atau blind spot bagian kanan maka logo khusus di kaca spion berwarna kuning akan menyala, begitu juga sebaliknya pada bagian kiri.

Fitur ini biasanya akan aktif selama mobil dinyalakan, jadi baik Anda melaju di jalan tol atau jalan biasa akan tetap aman berkat adanya peringatan sebelum akan berpindah lajur. Jika Anda menyalakan lampu sein, dan tanda peringatan peringatan biasanya muncul di spion untuk memberi tahu Anda bahwa ada kendaraan lain dari arah belakang.

Lane Departure Warning

blind spot monitor-4

Lane Departure Warning, biasanya tersedia di mobil menengah dan premium

Pada mobil yang kelas menengah dan premium, kehadiran blind spot monitoring akan dibantu dengan sistem yang lebih canggih lagi, yakni lane departure warning. Fitur tersebut berfungsi mengoreksi Anda ketika keluar jalur saat berkendara di jalan tol. Kombinasi fitur ini memungkinkan mobil mengarahkan setir dan mengatur rem agar Anda kembali ke jalur secara otomatis dengan aman.

Tentunya fitur ini sangat berguna bagi pengemudi, karena tidak semuanya tahu ada objek yang tidak terlihat di sekeliling mobil. Biasanya juga kejadian seperti ini bisa membahayakan bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles