close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Antik & Klasik

mobil antik

Memiliki rencana membeli mobil antik dan klasik? Simak dulu beberapa tips dari Jualo berikut ini agar tidak salah pilih sebelum membeli

Dalam beberapa tahun terakhir, hobi mengoleksi mobil antik kian populer. Selain mewujudkan hobi pribadi, koleksi mobil antik tentunya jadi sarana lain berinvestasi karena harganya yang dipastikan terus melambung di kemudian hari.

Namun, tetap saja sebelum memutuskan untuk membeli mobil antik ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Jangan sampai, kantong justru jebol karena mobil memakan biaya banyak untuk perawatan dan lain sebagainya. Untuk itu, sebelum meminang mobil antik idaman, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut dari Jualo

1. Tentukan Tujuan Membeli Mobil Klasik

mobil antik-4

Ada baiknya ketika hendak memutuskan ingin membeli mobil klasik, maka perhatikan untuk apa mobil tersebut, apakah investasi, hobi, atau digunakan harian. Pada dasarnya, mobil klasik memang ada yang hanya dibeli untuk investasi, karena pabrikan membuat model atau tipe tertentu saja.

Selain itu, ada juga mobil klasik dimiliki karena hobi. Biasanya mobil akan digunakan ketika event atau waktu tertentu. Sedangkan untuk harian, mungkin Anda perlu melakukan berbagai perawatan ekstra.

2. Sabar & Teliti

mobil antik-2

Ketika ingin membeli mobil klasik ada baiknya sabar. Serta jangan hanya fokus di satu lokasi penjual mobil bekas. Karena biasanya mobil klasik, mungkin ada di suatu tempat yang tidak terduga.

3. Cari Informasi Sebanyak Mungkin

Mobil klasik terkadang ditemukan dengan kondisi tak lagi kinclong. Karena itu ada pepatah mengatakan, ‘Malu bertanya sesat di jalan’. Pepatah tersebut menyarankan kita untuk selalu bertanya. Artinya, cari informasi sebanyak-banyaknya tentang mobil yang akan dicari. Termasuk asal usul mengapa mobil tersebut diterlantarkan atau dijual sang pemilik.

Selain itu, bisa juga bertanya kepada orang tua. Tentu saja yang hobi otomotif. Karena bukan tak mungkin mereka lebih tau soal mobil jadul dibandingkan Anda.

4. Cari Mobil Klasik Spesial atau Langka

mobil antik-3

Jika memang ingin tampil berbeda, tak ada salahnya mencari mobil special edition atau limited edition. Dengan status tersebut, tentunya ada hal unik, berbeda dan sengaja  diterapkan produsen ketika membuatnya.

Hanya saja, satu hal yang perlu diketahui, harga mobil dengan varian special edition atau limited edition akan lebih mahal dari model standar. Selain itu, mobil jenis ini juga bisa menjadi sarana investasi.

5. Tentukan Budget

budget beli mobil antik

Tak sedikit mobil klasik harganya justru selangit mirip atau melebihi harga mobil baru. Hal ini, dikarenakan mobil klasik banyak dicari, dan harga di pasaran gelap. Artinya, mobil klasik bisa saja dijual murah atau sebaliknya, sangat mahal. Karena itu, tentukan budget yang akan dikeluarkan.

–> Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas untuk Pemula

6. Teliti Memeriksa

Jika sudah mendapatkan mobil yang diinginkan, ada baiknya melakukan berbagai pemeriksan secara detail, baik eksterior, interior, mesin hingga kelengkapan surat-suratnya.

7. Gabung dengan Komunitas

komunitas mobil antik

Ada banyak keuntungan dalam bergabung dalam komunitas. Selain bisa konsultasi, umumnya komunitas juga menawarkan banyak hal, mulai dari sharing tips dan trik hingga jual beli mobil atau komponen. Untuk itu, jangan ragu untuk bergabung dengan komunitas, bahkan sebelum Anda membeli mobil klasik atau retro.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram