10 Kesalahan Cuci Mobil Sendiri di Rumah yang Mesti Dihindari
cuci mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Cuci mobil jadi kegiatan yang mudah dilakukan sendiri jika Anda memiliki peralatan di rumah. Apalagi saat musim hujan tiba di mana mobil mudah kotor setelah digunakan aktivitas

Memasuki musim hujan seperti sekarang, kebersihan mobil merupakan hal yang patut diperhatikan. Pasalnya, hal tersebut bisa saja merusak mobil pada bagian tertentu seperti cat atau timbulnya karat. Tidak perlu ke tempat pencucian mobil, karena Anda bisa cuci mobil sendiri di rumah.  Namun, saat cuci mobil sendiri di rumah, ada beberapa hal yang harus dihindari. Apa saja? Berikut Jualo berikan informasi lengkapnya untuk Anda.

1. Cuci Mobil di Bawah Terik Matahari

cuci mobil siang hari

Mencuci mobil di bawah sinar matahari rentan timbul bercak air atau water spot

Jangan mencuci mobil di bawah terik matahari karena air dapat langsung menguap sebelum kamu sempat mengeringkannya. Air yang langsung menguap dari bodi mobil justru akan meninggalkan kotoran yang terkandung di dalam air. Oleh karenanya, saat mobil kering timbul bercak-bercak air atau water spot.

2. Gunakan Detergen

cuci mobil-3

Gunakan shampo khusus mobil

Penting untuk tidak menggunakan sabun detergen saat mencuci mobil. Sabun detergen memiliki sifat asam yang dapat merusak coating atau lapisan pelindung cat. Cat mobil bisa kusam jika terus menerus menggunakan sabun detergen. Pakailah shampo khusus mobil untuk menjaga kualitas lapisan cat.

3. Gunakan Lap Kanebo dan Microfiber

cuci mobil-4

Kain berbahan microfiber dan kanebo mencegah baret pada bodi mobil

Gunakan lap yang tepat agar bodi mobil terhindari dari goresan halus atau swirl mark pada bagian cat mobil. Untuk mengelap mobil paling baik menggunakan lap chamois atau microfiber. Kamu bisa menggunakan chamois untuk menyeka permukaan yang masih basah, sementara microfiber digunakan sebagai finishing untuk mengeringkan sisa-sisa air.

4. Sikat Plastik untuk Bagian Kolong Mobil

cuci mobil-8

Hindari penggunaan karet berbahan kawat

Perhatikan juga saat kamu menyikat bagian kolong atau kaki-kaki untuk membersihkan dari noda lumpur. Alih-alih menggunakan sikat dari bahan kawat, sebaiknya gunakan sikat plastik saja. Sikat kawat memang mudah membersihkan noda di bagian kolong, tapi lapisan antikarat juga bisa terkelupas. Begitu juga kalau dipakai di pelek, permukaan pelek akan baret.

5. Pastikan Tidak Ada Sisa Air

cuci mobil-6

Bersihkan sisa air di sela-sela mobil

Jangan lupa untuk memastikan berbagai sudut dan celah dilap agar mobil kering sempurna. Seperti celah pada kap mesin, pintu, dan tutup pengisian bensin. Selain kotor, sisa mencuci pada celah pintu yang tidak kering bisa mengakibatkan bau tidak sedap.

6. Bersihkan Bagasi

cuci mobil-2

Perhatikan kebersihan bagasi dan kolong interior

Jangan abaikan pula untuk membersihkan bagasi mobil. Pastikan seluruh bagian bagasi dibersihkan dan dikeringkan sebagai upaya menghilangkan bau tidak sedap di area bagasi. Sembari itu, bersihkan ban serep untuk mobil yang menyimpannya di kolong bagasi.

7. Gunakan Bagian Halus Kanebo

Hindari mengelap mobil dengan cara memutar kain lap, termasuk pula melakukan gerakan bolak-balik. Hal ini akan mengakibatkan bodi mobil mengalami baret halus. Lakukan gerakan searah ketika mengelap bodi mobil dan angkat sedikit kain lap ketika kembali ke posisi awal.

8. Siram dengan Air Bersih Baru Dilap

Jangan langsung mengelap bodi ketika mulai membersihkan mobil. Semprot dulu bodi mobil dengan air bertekanan untuk merontokkan kotoran yang menempel. Mulai dari bagian atas seperti atap untuk membuat kotoran turun sepenuhnya dan tidak meninggalkan sisa di kaca atau bodi mobil.

–> JANGAN ASAL, SIMAK ATURAN KONVOI MOBIL DI JALAN RAYA YANG BENAR

9. Bagian Mesin, Lap dengan Kain Basah

cuci mobil-5

Lap basah cukup untuk membersihkan ruang mesin

Untuk ruang mesin, cukup bersihkan dengan menggunakan lap basah. Seka setiap bagian secara perlahan agar tidak merusak sambungan atau membuat komponen tertentu kemasukan air. Hindari penggunaan air bertekanan karena bisa masuk ke dalam sistem kelistrikan yang rentan air.

10. Mencuci Mobil Malam Hari

Hindari mencuci mobil di malam hari karena udara lembab membuat proses pengeringan berjalan lambat. Selain risiko water spot dan bau, karat bisa tumbuh di bagian yang rentan seperti kolong dan bodi mobil yang penyok. Termasuk ada bagian yang tidak dibersihkan dan dikeringkan dengan baik karena keterbatasan daya pandang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles