12 Peralatan Darurat yang Wajib Tersedia di Mobil Anda
peralatan darurat

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat mengendarai mobil, gejala pecah ban, atau mogok di jalan sangat mungkin terjadi. Karenanya, beberapa peralatan darurat wajib tersedia di mobil Anda untuk atasi situasi tersebut

Selain untuk alasan keselamatan, keberadaan peralatan darurat di dalam mobil bisa menjadi salah satu alat bantu untuk menjaga kendaraan dalam kondisi prima. Apalagi, kejadian tidak diinginkan seperti mogok, ban bocor merupakan hal yang bisa terjadi kapan saja. Lantas peralatan darurat apa saja yang wajib tersedia di mobil? Berikut Jualo hadirkan penjelasannya untuk Anda.

1. Buku Manual

peralatan darurat-8

Buku manual seringkali menjadi salah satu perangkat yang paling diabaikan pengguna kendaraan tersebut. Padahal jika terjadi sesuatu pada kendaraan Anda, maka buku manual adalah solusi untuk menemukan inti permasalahan pada kendaraan Anda. Karena itulah, simpan buku manual di dalam ruang penyimpanan kendaraan Anda, dan jangan sampai Anda hilangkan salah satu perangkat pertama pendeteksi masalah kendaraan Anda ini.

2. Dongrak

peralatan darurat-7

Masalah yang paling sering terjadi saat berkendara adalah ban bocor. Kontur jalan yang tidak rata dan rusak menjadi penyebab terbesar terjadinya ban bocor atau malah sobek. Belum lagi kejahatan yang dilakukan oleh oknum dengan menyebarkan paku di jalan. Dongkrak dan kunci roda merupakan alat wajib yang harus ada di mobil Anda karena dongkrak mobil dan kunci roda merupakan perlengkapan utama untuk membantu Anda membuka dan mengganti ban bocor Anda dengan ban cadangan.

3. Kunci Roda

peralatan darurat-3

Fungsi kunci roda pada dasarnya adalah membuka dan mengunci mur roda pada kendaraan Anda. Di pasaran biasanya tersedia kunci roda palang, kunci roda L, dan kunci roda engkol. Bahkan saat ini mulai tersedia kunci roda elektrik yang mampu memudahkan pekerjaan Anda.

4. Ban Serep

peralatan darurat-9

 

Setiap kendaraan berjenis roda empat sudah pasti dilengkapi dengan ban cadangan. Meski sudah menjadi perlengkapan standar, kondisi ban cadangan wajib Anda perhatikan agar kondisi ban cadangan prima di saat Anda membutuhkannya. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah pengecekan tekanan angin setiap bulan, pengecekan kondisi alur ban, dan perawatan dengan menggunakan semir ban.

5. Segitiga Pengaman

peralatan darurat-4

Rambu segitiga pengaman ini memiliki fungsi sangat penting jika kondisi kendaraan Anda berada kondisi darurat. Pasalnya, dengan keberadaan segitiga pengaman ini, pengguna jalan bisa lebih berhati-hati saat melewati Anda. Untuk penempatan segitiga pengaman sekitar 10 hingga 20 meter, serta pastikan penempatan segitiga pengaman tidak menghalangi jalan dan masih mudah dilihat oleh pengguna jalan.

6. Tyre Repair Kit

peralatan darurat-1

Perangkat yang satu ini mulai menjadi trend di masyarakat karena menjadi solusi cepat untuk menambal ban dengan mudah dan cepat. Kendati tetap tidak bisa menggantikan jasa para penambal ban jalanan, tapi peralatan berisikan pompa/tabung angin, lem dan karet tambal ban, serta tuas pengait ini bisa jadi penolong apabila Anda berada di lokasi yang memiliki akses sulit, atau jauh dari tempat jasa tambal ban.

7. Kabel Jumper

peralatan darurat-6

Masalah kedua yang banyak terjadi adalah mobil mogok. Biasanya penyebab terjadinya mobil mogok adalah adanya masalah di accu. Kabel jumper berfungsi untuk mengalirkan listrik dari kendaraan lain. Jadi saat Anda mengalami masalah di jalan, Anda bisa meminjam listrik dari mobil lain untuk membantu menghidupkan kembali mobil Anda. Tak ada salahnya untuk selalu menyimpan kabel jumper di bagasi Anda, akan sangat bermanfaat bagi Anda dan orang lain.

8. Tali Derek

Jika cara nomor 2 sudah dilakukan tapi mobil Anda masih belum bisa menyala maka kemungkinan ada masalah lain di mesin yang menyebabkan mobil mogok. Untuk mengetahui penyebab dan memperbaikinya maka mobil Anda harus dibawa ke bengkel atau dibawa pulang ke rumah. Agar lebih mudah, pastikan Anda memiliki tali derek yang bisa dipakai untuk menarik mobil Anda.

9. Tools Kit

peralatan darurat-2

Kotak ini berisi peralatan seperti kunci pas, kunci inggris, obeng, tang, lakban, dan lain-lain. Dengan adanya alat ini Anda bisa mengatasi apabila terjadi masalah kecil pada mobil Anda.

10. Senter

Alat ini akan sangat berguna apabila Anda mengalami masalah saat malam hari. Senter akan membantu Anda saat harus mengganti ban di malam hari, sebagai penerangan saat mencari barang di daerah yang tidak terjangkau oleh lampu mobil, bahkan untuk memberikan signal darurat di malam hari.

–> MAU CARI MOBIL YANG COCOK UNTUK WANITA? SIMAK DULU TIPS BERIKUT

11. APAR

peralatan darurat-10

Jika kendaraan Anda mengalami kebakaran akibat satu dan lain hal, alangkah baiknya menggunakan alat pemadam ini. Pasalnya, dengan material khusus yang terkandung di dalamnya, untuk kebakaran berjenis kecil bisa segera padam dan tidak memberikan kerusakan berarti di kendaraan Anda. Pastinya, memadamkan api yang menyala dengan alat pemadam api ringan jauh lebih aman ketimbang memadamkannya dengan air biasa.

12. Kotak P3K

peralatan darurat-5

Jika 8 dari 10 peralatan darurat yang wajib tersedia di kendaraan Anda lebih berfokus kepada keselamatan kendaraan Anda, maka kotak P3K ini wajib tersedia untuk menjaga keselamatan Anda sendiri. Sebab, jika Anda mengalami kecelakaan di kala memperbaiki kendaraan Anda, maka kotak P3K bisa menjadi penyelamat pertama Anda sebelum menuju klinik atau Rumah Sakit terdekat. Biasanya kota P3K berisikan alkohol, kapas, perban, kain segitiga, betadine, cotton bud, dan obat-obatan penting.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles