5 Tips Charge HP di Bagasi Motor yang Benar dan Aman
charge HP

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sepeda motor keluaran baru umumnya telah dibekali ruang penyimpanan besar serta port charging di dalamnya. Lantas amankah charge HP di bagasi motor?

Di era modern seperti sekarang, HP atau smartphone sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat yang tak bisa dilepaskan di kehidupan sehari-hari. Tidak heran beberapa pabrikan sepeda motor, seakan memberi jawaban akan kebutuhan tersebut dengan memberikan port charging untuk konsumen charge HP atau smartphone mereka di perjalanan.

charge HP-2

Penggunaan smartphone yang tinggi membuat pabrikan motor mulai melengkapi port charging di setiap produknya

Akan tetapi, sebenarnya amankah men-charge HP di bagasi motor? Memang ada hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah kerusakan pada HP itu sendiri atau bahkan yang lebih berbahaya seperti korsleting listrik. Berikut Jualo akan berikan tipsnya untuk Anda.

1. Gunakan Perangkat Charger Original

Perangkat charger seperti kepala charger dan kabel HP yang berkualitas memiliki material yang telah lulus standar keamanan. Sedangkan perangkat charger tiruan tak memiliki kualitas material yang memenuhi standar sehingga berpotensi menimbulkan masalah seperti meleleh dan korsleting.

2. Pastikan Smartphone Dalam Keadaan Mati

charger HP-4

Matikan smartphone selama di charge

Pengisian baterai dalam kondisi smartphone menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada smartphone. Hal itu berpotensi menimbulkan kerusakan pada smartphone.

3. Pastikan Mesin Sepeda Motor Dalam Keadaan Hidup

Ketika menggunakan power charger, mesin sepeda motor harus dalam keadaan menyala agar daya baterai motor tidak melemah. Dengan kondisi mesin menyala, daya baterai sepeda motor akan tetap terjaga sehingga kinerjanya tetap optimal.

4. Hindari Menggunakan Port Charger Pararel

charge hp-3

Jangan gunakan charger paralel karena dapat menimbulkan korsleting listrik

Penggunaan port charger paralel (lebih dari satu lubang) dapat menimbulkan masalah karena membuat baterai bekerja lebih keras saat kedua port nya digunakan. Ketika itu terjadi, suhu di dalam bagasi akan lebih panas dan berpotensi menumbulkan masalah pada smartphone dan baterai motor.

–> DAMPAK KRISIS CHIP MELUAS, HARGA SMARTPHONE BAKAL MELAMBUNG

5. Periksa Bagasi Sebelum Tinggalkan Motor

Pemeriksaan bagasi sebelum meninggalkan sepeda motor bertujuan agar tak ada perangkat elektronik yang tertinggal. Suhu bagasi yang panas berpotensi menimbulkan masalah kerusakan smartphone, apalagi sepeda motor terparkir di tempat terbuka di siang hari.

Jok yang langsung terkena paparan sinar matahari membuat suhu di dalam bagasi lebih panas dan membuat proses menurunan suhu bagasi lebih lambat. Jangan lupa untuk mencabut perangkat charger dari power charger sebelum meninggalkan sepeda motor.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles