6 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Pick Up Bekas
Mobil Pick Up Bekas

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Membeli kendaraan niaga jenis pick up bekas tentu tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Apa saja? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kendaraan Pick Up menjadi salah satu favorit yang dijadikan sebagai kendaraan niaga. Hal tersebut tidak lepas dari fungsinya untuk membawa barang. Jika ingin membeli Pick Up bekas sebaiknya lebih berhati-hati. Bisa saja kendaraan niaga yang dijual sebelumnya telah dipakai kerja keras sehingga kondisinya tidak sebaik yang diharapkan. Untuk itu Jualo berikan beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum membeli Pick Up bekas.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Mobil Pick Up Bekas

Sesuaikan dengan Kebutuhan Sebelum Membeli Pick Up Bekas

Dalam membeli mobil Pick Up, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan medan jalan yang akan dilalui. Selain itu perhatikan juga harga pick up bekas yang Anda inginkan harus sesuai dengan dana yang Anda miliki saat ini.

Jika Anda ingin menjual air isi ulang dan tinggal di kota besar, bisa memilih mobil dengan bak yang luas dengan mesin bensin. Daihatsu Gran Max atau Suzuki Carry misalnya. Namun, jika Anda tinggal di pedesaan atau pelosok dengan beban muatan berat, maka membutuhkan mobil dengan torsi besar, seperti Mitsubishi L-300 contohnya.

Periksa Mesin

Pick Up Bekas

Pastikan Mesin Prima dan Tak Ada Rembesan Oli 

Saat memilih mobil Pick Up bekas, perhatikan kondisi mesin. Pastikan mesin dalam kondisi prima dan tak ada kebocoran atau oli rembes. Serta perhatikan pula trek record service atau kilometer penggunaan kendaraan tersebut, sekaligus digunakan dan melintasi medan jalan seperti oleh pemilik sebelumnya.

Perhatikan Kondisi Sasis

Mobil Pick Up Bekas

Kondisi Sasis Wajib Diperhatikan Saat Membeli Pick Up Bekas

Selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan di bagian sasis. Dalam pengecekannya tergolong mudah karena bisa dilihat secara langsung melalui bawah bak pick up. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa tidak ada yang keropos, bengkok ataupun berkarat. Jika bagian ini bermasalah, maka durabilitas yang dimiliki mobil Pick Up juga berkurang. Pasalnya, salah satu tulang punggung mobil Pick Up terletak pada bagian sasis.

Cek Suspensi

Mobil Pick Up Bekas

Pastikan Suspensi Masih Bekerja dengan Baik

Suspensi bagian belakang mobil Pick Up biasanya mengandalkan per daun yang mempunyai kekuatan yang tidak diragukan lagi. Sebelum memutuskan membeli, sebaiknya cek bagian suspensi. Pastikan anting per atau pegangan dan juga shockbreaker dalam kondisi yang baik. Untuk bagian depan umumnya memakai per keong. Dan untuk mengeceknya bisa dilihat apakah ada kebocoran atau tidak.

Kondisi Bak

Mobil Pick Up Bekas

Bak Jadi Salah Satu Indikator Penting Dalam Memilih Pick Up Bekas

Bagian ini merupakan tempat utama membawa barang bawaan, jadi wajar perlu mendapat perhatian. Pengecekan cukup mudah, pastikan kondisinya tidak berkarat ataupun keropos. Kalau hanya baret saja atau penyok sedikit bisa dimaklum, mengingat mobil jenis ini digunakan untuk bekerja mengangkut barang.

Kelengkapan Dokumen

Mobil Pick Up Bekas

Pastikan Dokumen Kendaraan yang Anda Beli Lengkap

Yang terakhir, pastikan dokumen kendaraan lengkap agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Adapun surat kendaraan yang penting tersebut adalah STNK, BPKB, KIR, serta faktur  (jika ada). Pastikan semuanya lengkap dan asli.

Saat ini sudah tersedia banyak dealer yang khusus menjual Pick Up bekas, sehingga Anda lebih mudah dalam mencari kendaraan komersial dijual terbaik. Namun, jika ingin harga yang lebih murah, bisa langsung mendatangi penjual atau perorangan.

Selain itu, mengandalkan marketplace bisa jadi salah satu opsi mencari mobil Pick Up bekas. Salah satunya Jualo yang siap membantu Anda. Di Jualo terdapat ribuan iklan mobil Pick Up bekas setiap harinya yang diiklankan para pelapak. Caranya juga sangat mudah. Tinggal membuka website Jualo, lalu pilih menu ‘Kendaraan Komersial’.

Jualo menyediakan berbagai tipe dan merk mobil Pick Up bekas yang tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang paling penting, usah kuatir karena para pelapak yang ada sudah melalui berbagai tahapan verifikasi sehingga membuat Anda lebih aman dan nyaman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles