Tips Sederhana Memulai Usaha Jasa Transportasi Bus

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Punya rencana membuat usaha transportasi bus? Ada baiknya simak dulu tips sederhana dari Jualo berikut ini agar tidak salah dalam melangkah.

Bertumbuhnya minat masyarakat akan penggunaan moda transportasi darat seperti bus membuat sebagian orang tergiur untuk membuat Perusahaan Otobus (PO). Hadirnya insfrastruktur yang memadai dan juga akses yang mudah, membuat PO menjamur, mulai dari yang melayani dalam kota, luar kota hingga layanan bus pariwisata.

Nah, bagi Anda yang berminat merintis usaha transportasi bus, simak beberapa tips sederhana dari Jualo berikut ini.

–> Tips Belanja Aman di E-Commerce Agar Terhindar dari Penipuan

Tentukan Jenis Transportasi (Reguler atau Pariwisata)

Untuk memulai usaha perbisan, sebaiknya dipilih salah satu dulu apakah mau masuk ke bisnis bis reguler atau wisata. Masing-masing jenis memiliki karakter yang berbeda dalam hal resiko, sistem operasi dan biaya operasionalnya.

Jika memilih bus regular, maka beberapa factor wajib diperhatikan seperti jalur trayek masih tersedia atau tidak. Karakter pesaing di jalur tersebut, serta perilaku dan karakter penumpang.

Tentukan Chassis

Penentuan armada yang akan gunakan sangat penting karena begitu anda salah memilih, hanya karena faktor senang, emosional atau gengsi, maka anda akan masuk dalam masalah besar. Pelajari karakter masing-masing produk dari sisi.

Sesuaikan budget dan perhatikan ketahanan dan ketahanan kendaraan. Kemudian biaya operasional dan pilih kendaraan yang mudah perawatan, dan jaringan aftersales luas. Untuk Anda yang baru pertama kali merintis usaha, ada baiknya membeli bus bekas dengan kondisi terbaik.

Dan sebaiknya jangan bernafsu untuk memiliki chassis premium jika Anda belum memiliki banyak pengalaman di bidang bus. Pilih chassis yang sudah teruji kualitasnya dengan kondisi Indonesia, seperti Hino RK8 atau Mercedes-Benz OH 1526 atau 1626.

Kalau Anda bingung mencari bus bekas berkualitas? Usah khawatir karena Jualo siap membantu. Sebagai salah satu marketplace terbesar dan terpercaya, Jualo menyediakan beragam bus bekas yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan kamu lho. Apalagi, didukung dengan berbagai tahap verifikasi terhadap penjual sehingga menghadirkan rasa aman dan nyaman saat bertransaksi.

–> Bikers! Begini Prinsip Kerja Rem di Sepeda Motor dan Cara Merawatnya

Rekrut SDM Tepat

Disadari atau tidak disadari usaha bus adalah usaha yang sangat “berani” karena alasan investasi yang dipertaruhkan ke tangan crew. Untuk itu, rekrut sumber daya manusia yang tepat dan bisa dipercaya. Apalagi, jasa transportasi berhubungan dengan keselamatan orang banyak.

–> Tingkatkan Kenyamanan Berkendara dengan Teknologi Baru Kaca Film 3M

Selain Crew (supir dan kondektur yang baik) maka Bagian Operasional dan Montir yang baik juga harus dipersiapkan dengan hati-hati. Banyak sekali kebocoran PO juga dikarenakan oleh orang-orang bagian operasional dan montir yang tidak bisa dipercaya. Sebaiknya anda mencari referensi dan mengenal dengan betul-betul perilaku SDM di bidang ini.

Untuk bus Reguler yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah anda harus hati-hati memilih kontrol dan Agen Pemasaran.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles