close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Persiapan yang Perlu Dilakukan Saat Hadapi Musim Hujan Di Rumah

Musim hujan nampaknya segera tiba, nah apakah rumah kamu sudah siap menghadapinya? Jika belum, yuk siapkan beberapa hal penting ini sebelum terlambat.

Beberapa hari terakhir ini, DKI Jakarta mulai diguyur hujan cukup deras, yang artinya musim penghujan sudah tiba. Untuk itu, kamu harus menyiapkan beberapa hal di rumah agar tidak terganggu selama musim hujan. Mulai dari membuat tubuh menjadi lebih sehat sampai menyiapkan rumah agar dapat menghadapi musim ini. Hal tersebut karena penyakit dan kerusakan rumah lebih mudah menghampiri ketika musim ini datang.

Jadi apa yang perlu kamu lakukan agar rumah lebih siap menghadapi musim hujan? Berikut jawabannya.

Perbaiki Genting Rumah sebelum Musim Hujan

Ada baiknya kamu melihat kondisi genting atau atap rumah ketika musim kemarau. Cek apakah genting dalam kondisi yang baik atau tidak. Jika ada genting yang pecah, retak, atau bergeser posisinya segera ganti atau betulkan karena hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran di rumah.

Periksa juga plafon rumah, pastikan tidak ada yang retak atau terkena rembesan air hujan. Atap yang bocor tidak hanya dapat menyebabkan air mengalir di rumah, tetapi dapat membuat keretakan pada tembok juga. Jika terdapat keretakan pada tembok, kamu dapat menambal tembok atau melapisinya menggunakan cat antibocor dan antirembes.

–> Yuk Dekorasi Rumah Sederhana Kamu Agar Terlihat Lebih Mewah

–> Cara Pintar Mencari Rumah dengan Jaminan Legal dan Harga Terjangkau

Periksa dan Perbaiki Talang Air

Selama musim kemarau, bagian rumah yang jarang untuk diperhatikan adalah kebersihan talang air. Sebelum datang musim hujan, ada baiknya kamu segera memeriksa talang air. Ada kemungkinan talang air menjadi tidak lancar karena tersumbat oleh sampah atau daun kering.

Talang air yang tersumbat dapat mengakibatkan pecah atau meluapnya saluran pembuangan air dari atap. Jika talang air rusak, segera membenarkan hal ini secepat mungkin.

Perhatikan Sistem Ventilasi Udara

Musim hujan membuat tingkat kelembapan semakin meningkat. Kelembapan yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan ke berbagai material rumah, seperti besi dan dinding. Selama musim hujan ada baiknya kamu menutup beberapa area yang terbuka, seperti jendela.

Bersihkan Tanaman di Sekitar Rumah

Pohon rimbun yang berukuran besar berisiko tumbang karena tidak kuat menahan hempasan angin saat hujan. Ada baiknya kamu memangkas dan merapikan semua tanaman di sekitar rumah agar tetap aman saat musim hujan.

Periksa Kelistrikan Rumah

Kabel listrik yang sudah rapuh dan mengelupas sangat berisiko mengakibatkan korsleting dan kebakaran di dalam rumah. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa semua jaringan listrik baik di dalam maupun di luar rumah. Pastikan seluruh kabel dan stop kontak di rumah dalam keadaan yang baik agar risiko korsleting listrik dapat diminimalisasi.

Siapkan Lilin dan Senter

Pohon yang tumbang atau petir ketika hujan dapat menyebabkan aliran listrik menjadi mati atau terjadi pemadaman. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu mempersiapkan alat penerangan alternatif di rumah seperti senter dan lilin. Jika kamu punya uang lebih, kamu dapat membeli generator listrik yang dapat membuat peralatan listrik di rumah tetap berfungsi meskipun listrik tidak menyala.

–> Cara Mudah Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan Biar Ngga Layu

Cek Kondisi Mesin Cuci

Saat musim hujan datang, kamu mungkin akan kesulitan menjemur pakaian karena tidak terkena sinar matahari. Untuk mengatasi hal ini, kamu dapat membeli mesin cuci yang mampu mengeringkan pakaian juga. Jika kamu sudah memiliki alat ini di rumah, pastikan mesin cuci berada pada kondisi yang prima.

Namun jika kamu tidak memiliki mesin cuci yang dapat mengeringkan pakaian, kamu dapat menjemur pakaian basah di dalam rumah ketika hujan. Siapkan satu ruangan khusus untuk menjemur pakaian, jangan lupa untuk gunakan jemuran yang dapat ditempel di dinding agar lebih hemat ruangan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram