Langkah Mudah & Cepat Jual Rumah Secara Online
Jual Rumah

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Jual rumah bukanlah perkara yang mudah. Dalam proses jual beli rumah, mencari pembeli potensial yang bersungguh-sungguh juga cenderung lama.

Beruntung, di zaman yang sudah didukung oleh teknologi ini, kehadiran internet banyak membantu kebutuhan masyarakat, termasuk memberi kemudahan proses jual beli rumah. Ya, jual rumah secara online kini banyak dilakukan masyarakat.

Tersedianya beragam situs properti di internet pun membuka peluang terjualnya rumah dengan cepat dan mudah. Kendati demikian, jual rumah online yang banyak dilakukan belakangan ini membuat tingginya persaingan dalam proses jual beli rumah.

Oleh sebab itu, Anda diwajibkan untuk menjual rumah dengan mengatur strategi dan cara yang cerdas.  Bagaimana caranya? Berikut ini adalah sejumlah panduan tips dan cara jual rumah online mudah dan cepat yang bisa menjadi informasi untuk Anda.

–> Keuntungan yang Didapat saat Membeli Rumah Cluster di Jualo

Survei Harga

Cara yang selanjutnya adalah hal terpenting, yaitu menentukan harga jual rumah. Ya, memasang harga jual memang tidak mudah. Anda perlu memikirkannya secara matang dengan mempertimbangkan banyak hal.  Adapun cara cerdas menentukan harga jual properti sebagai berikut:

  1. Menentukan kisaran harga tanah berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang terdapat di struk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)
  2. Menentukan harga bangunan dengan mengakumulasi total biaya keseluruhan pembangunan rumah
  3. Menentukan harga jual berdasarkan NJOP dengan perbandingan harga objek, nilai perolehan baru dan Nilai Jual Objek Pajak Pengganti.

Selain itu, biasanya harga pasar akan mematok nilai lebih tinggi dibandingkan NJOP, sehingga Anda perlu melakukan survei harga di lingkungan sekitar rumah. Pastikan tidak hanya melakukan survei pada 1 atau 2 rumah saja, melainkan sejumlah rumah terdekat di sekitar kawasan.

Setelah itu, lakukan perbandingan harga untuk menentukan nilai minimum penjualan. Pastikan untuk memasang harga rumah setepat mungkin.

Jual Saat Suku Bunga Turun

Jual Rumah

Adapun cara jual rumah online dengan memperhatikan waktu yang tepat. Tentu Anda menginginkan properti cepat laku terjual, kan? Maka dari itu dibutuhkan waktu yang tepat saat jual rumah. Lalu, kapan waktu terbaik untuk jual rumah? Waktu terbaik saat jual rumah adalah saat suku bunga sedang turun. Artinya, Anda dapat menjual rumah saat inflasi sedang turun.

Tentunya karena suku bunga turun, maka bunga KPR pun akan stabil jadi akan akan banyak yang ingin membeli properti pada saat tersebut.

–> Hal Dasar yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Rumah KPR

Memperhatikan Kelebihan dan Kekurangan Rumah

Cara yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan rumah. Saat menjual rumah online, kita membutuhkan media untuk beriklan, memberikan informasi dan foto rumah yang ingin dijual. Jadi diperlukan tampilan rumah yang sebaik mungkin.

Anda perlu menonjolkan keunggulan rumah dengan memperbaiki kekurangan rumah sebelum menjual. Jika dirasa rumah yang akan dijual memiliki kondisi yang baik dengan persentase 80%, Anda bisa langsung menjualnya, tanpa harus melakukan perbaikan.

Sebaliknya, jika ternyata rumah yang ingin Anda jual dalam kondisi tidak layak, Anda bisa merenovasi rumah terlebih dahulu.

Pilih Agen Properti Terpercaya

Jika Anda masih kebingungan dalam proses jual beli properti, melakukan kontrak jual beli, mengurus sejumlah surat legal, melakukan negosiasi harga rumah hingga menentukan harga jual rumah, sebaiknya menghubungi agen properti.

Ya, agen properti sebagai jasa profesional akan membantu Anda mengurus sejumlah hal sebelum menjual rumah, misalnya menghitung harga jual bangunan, harga tanah hingga mengiklankan dengan baik rumah yang ingin dijual.

Jika Anda tidak memiliki waktu luang untuk menemui agen properti, dewasa ini sudah banyak yang menyediakan jasa konsultasi online.

Gunakan Platform Jual Beli yang Kredibel

Jual Rumah

Jika Anda ingin menjual rumah secara online, lebih baik Anda memasang iklan pada sejumlah situs properti. Pastikan untuk memilih situs yang kredibel atau terpercaya.

Contohnya, Anda bisa memilih situs Jualo.com yang menawarkan ribuan listing properti aktif berupa jual beli rumah, sewa rumah hingga tanah. Sebagai salah satu platform jual beli terbesar di Asia Tenggara, Jualo siap membantu Anda menjual rumah dengan mudah dan cepat.

Untuk mengetahui situs properti terpercaya, Anda bisa memastikannya dengan cara:

  1. Situs properti dapat memfilter iklan yang masuk
  2. Situs properti menawarkan harga yang masuk akal (tidak terlalu murah atau mahal)
  3. Situs properti menampilkan kolom rincian perusahaan dan alamat lengkap

Setelah membahas sejumlah cara jual rumah online dengan cerdas dan mudah, berikut ini adalah tips jual rumah online yang sebaiknya Anda perhatikan.

Memasang Foto dan Deskripsi Rumah Sebaik Mungkin

Tips pertama adalah mengunggah foto rumah terbaik  yang menampilkan rumah dari berbagai sudut. Anda bisa mengunggah berbagai angle setiap ruangan seperti halaman depan, ruang tamu, kamar, kamar mandi, dapur dan garasi.

Pastikan untuk memasang foto rumah dengan kualitas dan resolusi tinggi serta tidak gelap. Anda pun bisa mendeskripsikan rumah selengkap mungkin, dimulai dari alamat rumah, jarak rumah ke berbagai fasilitas publik, informasi luas tanah dan bangunan beserta jumlah ruangan meliputi kamar tidur dan kamar mandi.

–> Bingung Cari Tanah Murah di Jakarta? Simak Ulasannya Berikut

Membenahi Tampilan Rumah

Jual Rumah

Seperti yang telah disampaikan, sebaiknya Anda membenahi tampilan sebelum menjualnya. Adapun tips membenahi tampilan rumah terbagi menjadi 2 aspek yakni kondisi eksterior dan interior.

Untuk kondisi eksterior, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa bagian rumah seperti warna cat dinding luar rumah, apakah pudar atau masih dalam kondisi baik, termasuk area taman dan pagar.

Sedangkan untuk kondisi interior, Anda dapat memperhatikan dapur apakah sudah dalam kondisi bersih, kamar mandi dengan kondisi bak yang bocor atau tidak, serta bagian atap apakah bocor atau tidak, dan masih banyak lagi.

Perhatikan juga faktor pendukung seperti sirkulasi udara, aliran listrik dan air. Nah, itulah sejumlah cara dan tips jual rumah online yang dapat menjadi informasi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Dan untuk Anda yang ingin menjual rumah, usah ragu pilih Jualo sebagai partner yang tepat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles