Fitur Keyless, Bisakah Kendaraan Menyala Saat Baterai Lemah?
keyless

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Saat ini banyak kendaraan yang sudah mengadopsi teknologi keyless alias tanpa kunci. Namun, bagaimana jika baterai pada kunci lemah?

Saat ini banyak mobil yang telah memakai fitur teknologi keyless alias tanpa kunci. Penggunaan teknologi ini diklaim lebih mudah dan aman dalam penggunaannya. Namun ada permasalahan mendasar yang patut diperhatikan oleh pemilik mobil dengan fitur ini. Saat remote pengganti kunci sudah berumur lama, kapasitas baterai pasti berkurang dan akan habis.

Jika sudah begini, lantas benarkah mobil tetap bisa menyala meski baterai remote keyless habis? Berikut Jualo beri ulasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Menyalakan Mesin

Tentu pertanyaan ini akan muncul pada setiap pemilik kendaraan, sebab mobil tak dilengkapi lubang kunci konvensional untuk menyalakan mesin. Namun pada dasarnya mobil tetap bisa menyala meski baterai remote habis. Caranya pun mudah, yakni dengan menempelkan bagian ujung kunci pada tombol start/stop sambil menginjak rem.

keyless-3

Itu artinya caranya sama seperti mobil konvensional, hanya saja kunci harus menempel pada tombol. Dengan begitu sistem akan mendeteksi kehadiran kunci dan chip immobilizer. Alhasil mobil akan menyala dan bisa dikendarai.

Hanya saja jika baterai sudah lemah, hal ini mungkin sedikit menyulitkan. Jika sudah begini sangat disarankan untuk segera mengganti baterai kunci.

Tips Agar Motor Aman dari Incaran Maling

Maling motor sepertinya tidak pernah kehabisan akal meski sepeda motor terbaru sudah menggunakan sistem penguncian canggih. Ada saja celah yang coba dimanfaatkan oleh pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) untuk menggondol motor yang diincarnya.

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” kata Mukti, Instruktur TSF PT Wahana Makmur Sejati (WMS).

Kendati sepeda motor terbaru telah dilengkapi tutup magnet lubang kunci, hal ini tidak membuat pelaku kejahatan kesulitan mencuri motor. Dalam beberapa kasus maling motor hanya butuh beberapa detik untuk membawa kabur motor korbannya.

keyless-2

Untuk memperlambat upaya pencurian motor, Muktinya menyarankan merubah posisi stang ketika parkir, dari biasanya kesebelah kiri kini dibalik kekanan. “Ketika parkir membalikan stang motor kearah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri,” jelasnya.

Begitu juga dengan sistem penguncian keyless atau motor tidak memiliki lubang kunci stater, tidak menjamin 100 persen aman dari curanmor. Pencurian bisa dilakukan dengan cara memalsukan sinyal sistem.

–> MOTOR SUSAH DISTARTER? CARI TAHU PENYEBAB & SOLUSINYA BERIKUT INI

Jadi tetap waspada ketika meminjamkan motor. Usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

Selain itu perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama. Sebaiknya tetap menambahhkan beragam kunci pengaman seperti kunci disc, kunci handle rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gear bagi sepeda motor yang menggunakan rantai.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles