Untung Rugi Merawat Mobil di Bengkel Resmi dan Umum
bengkel resmi

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Mobil dengan riwayat servis di bengkel resmi dinilai memiliki harga jual kembali yang cukup baik daripada rekam jejak perawatan yang tidak jelas

Bengkel resmi kerap kali disingkat beres karena bagaimanapun produsen adalah pihak yang serba tahu terhadap mobil yang dibeli. Oleh karena itu, Jualo akan berikan beberapa keuntungan dan kerugian merawat mobil di beres.

Lebih Hemat di Bengkel Umum

Biaya Lebih Murah Untuk melakukan perawatan berkala, harga yang ditawarkan bengkel tak resmi sudah pasti lebih murah dibandingkan bengkel resmi. Bahkan, tidak jarang harga yang ditawarkan bisa dinego. Belum lagi pemilik mobil bisa meminta kerusakan kendaraan untuk diakali terlebih dahulu karena keterbatasan dana.

bengkel resmi-3

Tapi ingat, jangan terkecoh dengan harga murah. Pasalnya, bengkel nonresmi tidak dikelola agen pemegang merek (APM). Tidak menutup kemungkinan banyak beredar komponen atau spare part palsu.

Waktu Tunggu Fleksibel

Permasalahan yang sering terjadi ketika memilih bengkel resmi ialah waktu tunggu. Bahkan, untuk melakukan servis satu kendaraan di bengkel resmi, bisa membutuhkan waktu berjam-jam. Tidak jarang, pemilik kendaraan harus melakukan booking terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan. Namun, jika di bengkel umum, terlebih bengkel yang tidak memiliki banyak konsumen, pastinya waktu tunggu bisa dipercepat.

Lokasi

Untuk jarak bengkel, memang tidak selalu mutlak. Kecuali, kendaraan yang kita miliki memang bukan mobil dengan merek yang umum, dan memiliki jaringan yang banyak, seperti Toyota, Daihatsu, Honda, atau Mitsubishi. Permasalahan terjadi ketika kita memiliki kendaraan yang tidak memiliki banyak jaringan bengkel resmi.

bengkel resmi-2

Sehingga, harus ke daerah lain agar mendapat perawatan bengkel resmi. Nah, dengan memilih bengkel umum yang terletak di dekat rumah atau kantor, bisa menjadi solusi yang baik terkait masalah jarak bengkel. Namun perlu diketahui jika mobil masih dalam keadaan baru, sebaiknya 3 tahun pertama mobil diservis di bengkel resmi, karena biasanya ada free service untuk 3 kali pertama plus garansi engine jika terjadi kesalahan pabrikan dengan catatan servis di bengkel resmi selama 3 tahun.

–> TIPS SEDERHANA MERAWAT WIPER MOBIL AGAR AWET & SELALU OPTIMAL

Berdampak pada harga jual kembali

Namun, satu hal yang patut dicatat bahwa hal tersebut bakal berdampak pada harga jual kembali. Umumnya, mobil yang selalu dirawat di bengkel resmi memiliki trek record atau riwayat servis. Oleh karena itu, hal ini jadi nilai plus untuk Anda di kemudian hari.

Karena saat ini masyarakat sudah lebih cerdas saat memutuskan membeli mobil bekas. Mereka mencari mobil yang memiliki riwayat servis yang jelas untuk memberikan rasa aman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles