Motor Susah Distarter? Cari Tahu Penyebab & Solusinya Berikut Ini
motor susah distarter

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Motor susah distarter merupakan hal menyebalkan sekaligus menakutkan, apalagi di era modern di mana pabrikan mulai meninggalkan kick starter

Elektrik starter adalah salah satu bentuk kemajuan dalam dunia otomotif. Jika sepeda motor dulunya harus dinyalakan dengan starter engkol, kini hanya tinggal sekali pencet mesin dapat menyala. Sayangnya, hal ini justru jadi penyebab masalah baru jika motor susah distarter.

Tentu saja hal ini kian membingungkan jika aki dalam kondisi baik namun motor tetap susah menyala. Oleh karena itu, berikut Jualo akan berikan ulasan mengenai penyebab motor susah distarter.

1. Masalah pada Kabel dan Soket

Aki lemah adalah salah satu kendala yang bisa diatasi dengan mengganti aki baru. Hanya saja masalahnya tidak selalu aki lemah. Sistem kelistrikan dan juga starter elektrik melibatkan begitu banyak kabel dan juga soket. Pemasangan kabel ini harus benar sehingga arus listrik dapat dialirkan dengan benar. Sayangnya karena getaran bahkan gigitan tikus, kabel serta soket ini bisa mengalami masalah. Kabel mungkin saja putus yang membuat aliran listrik terhenti.

Lebih berbahaya lagi jika terjadi konsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan menyala dan jika memang masalahnya ada pada kabel, bukan mengganti aki solusinya tetapi perbaikan kabel.

2. Kotornya Starter Elektrik

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru juga bisa disebabkan starter elektrik mengalami kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya. Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala.

Solusi yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah yaitu membersihkan area starter listrik terlebih dahulu sebelum membongkar komponen lainnya. Kemudian coba kembali untuk menekan tombol starter, seharusnya sepeda motor bisa menyala kembali.

3. Dinamo Starter Bermasalah

motor susah distarter-3

Dinamo starter bisa jadi pemicu motor sulit menyala

Apabila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak mau menyala, maka masalah bisa saja berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel sehingga mesin dapat dinyalakan. Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat langka karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Namun kerusakan bisa terjadi karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong.

Biasanya kerusakan dinamo starter dimulai dari terjadinya korslet. Posisi brush pun juga harus benar yaitu berada di 4 titik, jika posisinya salah maka motor juga tidak mau hidup. Jika permasalahannya adalah posisi tidak tepat, maka Anda hanya perlu mengetuk secara ringan. Berbeda ketika masalahnya adalah brush putus, maka Anda harus memperbaikinya di bengkel terdekat.

4. Busi Melemah

knalpot motor nembak-3

Busi sering menjadi penyebab motor susah distarter padahal aki baru yang mungkin terlewatkan. Komponen yang satu ini memiliki masa pakai dan jika kekuatannya sudah melemah, maka percikan api yang dihasilkan pun akan menurun. Efeknya kendaraan sulit dinyalakan meskipun Anda sudah membeli aki yang baru. Busi biasanya memiliki masalah pada bagian kepala atau elektrodanya. Di mana busi akan mengalami keausan dan juga kotor.

Apabila kemampuan busi sudah lemah lebih baik Anda melakukan persiapan untuk menggantinya. Lebih baik mengganti busi daripada aki karena biaya penggantian busi jauh lebih murah.

5. Kompresi Bocor

Kebocoran kompresi adalah masalah yang seringkali timbul dan membuat motor tidak bisa menyala. Anda bisa melakukan pengecekan sendiri apakah benar kebocoran kompresi adalah penyebabnya.

motor susah distarter-4

Kompresi mesin bocor jika didiamkan bakal merusak mesin

Caranya adalah dengan melepaskan busi terlebih dahulu baru tutup lubang busi dengan ibu jari. Kemudian Anda bisa menyalakan kendaraan dengan kick starter dan apabila tekanan kaki terasa lemah atau los maka sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran kompresi.

Namun jika ketika menggunakan kick starter terasa berat, maka masalahnya bukan kompresi. Kebocoran bisa terjadi pada bagian klep atau antara ring piston dengan dinding silinder.

6. Switch Rem Bermasalah

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru yang satu ini biasanya terjadi pada motor modern yang memiliki pengaman tambahan side stand switch. Pengaman ini akan bekerja ketika Anda menurunkan standar samping maka mesin berhenti bekerja.

motor susah distarter-5

Pada motor matic modern, switch rem terhubung dengan starter motor

Hal ini akan bekerja berkat komponen switch rem yang dapat memutus arus listrik. Anda pun yang masih menurunkan standar samping tidak akan bisa menyalakan motor. Sayangnya komponen pengaman ini seringkali menjadi bumerang.

Pasalnya ketika posisi standar sudah mengalami kerusakan karena kotoran dan sedikit turun, maka membuat mesin tidak akan menyala. Anda harus memperbaiki standar dan komponen switch rem yang terhubung.

–> PENYEBAB TENAGA MOTOR SEPERTI TERTAHAN ATAU NGEMPOS

7. Sekring Putus

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah kerusakan pada sekring.  Sekring merupakan bagian dari komponen listrik yang berfungsi untuk menerima aliran listrik dari aki. Disebut juga dengan main fuse, pada saat tegangan arus listrik besar maka sekring akan memutus alirannya. Sekring memiliki kawat di dalamnya yang bisa saja putus apabila terjadi konsleting.

motor susah distarter-2

Jika sekring putus, dipastikan tidak ada aliran listrik dari aki

Sekring yang sudah putus akan membuat motor tidak bisa dinyalakan.  Hal ini menyebabkan aliran listrik yang menuju starter elektrik tidak ada dan motor tak bisa dinyalakan. Solusinya adalah dengan mengganti sekring dengan yang baru.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles