close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Sepeda Lipat

Sepeda lipat kini menjadi trend baru yang merambah pesat di Tanah Air. Diantara banyaknya model sepeda lipat, tentu Anda harus memperhatikan dengan cermat model dan tipe seperti apa yang cocok untuk Anda.

Selama masa pandemi Covid-19, sepeda berkembang menjadi tren baru yang digandrungi berbagai kalangan. Mayoritas menggunakannya untuk berolahraga, tapi tak sedikit pula yang menjadikan sepeda sebagai moda transportasi harian untuk pergi ke kantor misalnya.

Salah satu jenis sepeda yang sedang naik daun adalah sepeda lipat. Selain bentuknya yang mungil, faktor kepraktisan membuat sepeda ini menjadi favorit karena sesuai namanya yang bisa dilipat. Hal tersebut tentu saja sangat pas untuk kota besar seperti Jakarta karena Anda tidak perlu repot memikirkan tempat menyimpan sepeda ketika berada di suatu tempat.

–> NMI LUNCURKAN NISSAN LIVINA YANG HANYA ADA 100 UNIT DI INDONESIA

–> Nissan Ariya, Crossover Elektrik Pertama Nissan Telah Hadir

Dan di pasaran banyak sekali tipe sepeda lipat dengan berbagai ukuran mulai dari merk premium hingga murah. Nah, untuk memudahkan Anda dalam memilih sepeda lipat, tim Jualo akan menjelaskan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepeda lipat.

Ukuran

Sepeda lipat gunung punya ukuran ban jauh lebih besar

Patut diketahui bahwa ukuran sepeda lipat ditentukan oleh ukuran ban. Tidak ada sepeda lipat yang memiliki ukuran frame berbeda untuk satu ukuran roda. Selama ini yang paling umum adalah ukuran 16″ dan 20″, beberapa bisa juga memakai ukuran 22″, 24″, atau 12″. Di sinilah yang harus Anda perhatikan, pasalnya ukuran roda sepeda sangat penting karena berpengaruh terhadap karakter, rasa, dan performa sepeda.

Anda harus menyesuaikan dengan proporsi besar dan tinggi badan. Misalnya orang dengan tinggi badan di atas 180cm mungkin sedikit aneh jika menggunakan sepeda lipat berukuran 16″.

Selain itu, ukuran roda bisa berpengaruh terhadap performa dan jarak tempuh sepeda. Jika ingin menggunakan seli sebagai moda transportasi utama, ada baiknya memilih ukuran lebih besar.

–> HURACAN EVO: LAMBORGHINI SEDIAKAN OPSI PERSONALISASI

Speed dan Gear Ratio

Faktor yang satu ini sangat berpengaruh terhadap berat-ringannya sepeda saat melewati tanjakan dan kencang atau bisa kencang tidaknya laju sepeda. Gear ratio merupakan perbandingan antara ukuran atau jumlah gigi chainring dengan sprocket. Semakin besar gear ratio semakin mudah dipakai untuk berlari kencang. Sebaliknya, makin kecil gear ratio maka kayuhan kian ringan namun tidak bisa melaju kencang.


Gear berperan penting di sepeda lipat untuk melibas tanjakan

Disc Brake atau Rim Brake

Untuk pengereman biasanya ada dua pilihan, namun ada baiknya Anda memilih yang sudah disc brake. Sepeda lipat dengan rem disc brake punya kelebihan saat digunakan untuk mengerem dengan kuat dengan resiko tergelincir lebih kecil, termasuk ketika kondisi basah.

Rim brake sebenarnya bukan rem yang buruk, hanya saja tidak direkomendasikan untuk kegiatan ekstrem dan membawa beban berat. Biasanya sepeda balap yang menggunakan rem ini karena material yang lebih ringan.

Berat rangka

Biasanya sepeda lipat punya bobot sekitar 15 kg. Namun, itu semua tergantung dari bahan dan jenis rangka yang digunakan. Untuk sepeda yang digunakan harian, ada baiknya memilih bobot sekitar 11-12 kg.

Tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan sepeda lipat

Kapasitas Angkut

Tidak seperti sepeda jenis lain. Sepeda lipat punya keterbatasan kapasitas angkut. Lihat spesifikasi sepeda dan hitung berapa berat kita ditambah dengan barang bawaan. Kebanyakan sepeda lipat punya kapasitas total 100 kg, namun alangkah lebih baik jika Anda bisa mendapatkan sepeda lipat yang bisa melebihi kapasitas tersebut.

Kemampuan Lipat

Ini adalah poin terpenting dari sepeda lipat. Sesuai nama, sepeda ini dibutuhkan oleh masyarakat perkotaan yang ingin hidup praktis dan tidak repot memikirkan lahan parkir. Perhatikan kemampuan melipat, jangan memilih sepeda yang merepotkan saat ingin dilipat. Terlalu lama atau susah melipat tentu saja mengurangi nilai kepraktisan dari sepeda itu sendiri. Kemudian ukuran saat terlipat juga wajib dilihat. Jangan sampai membeli sepeda yang terlalu memakan tempat ketika dilipat. Kalau bisa, beli sepeda yang bisa dengan mudah dijinjing sehingga tidak mengganggu saat Anda membawanya atau menyimpan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram