Cegah Kulit Jok Motor Pecah atau Sobek Lewat Cara Mudah Berikut Ini
Kulit Jok Motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kulit jok motor pecah-pecah atau bahkan sobek pastinya sering Anda temui bukan? Hal itu sebenarnya bisa diatasi jika Anda tahu cara merawatnya

Buat pengguna roda dua pastinya tidak asing dengan masalah kulit jok motor yang rusak, pecah, atau bahkan sobek. Masalah itu sebenarnya timbul karena banyak hal, seperti terkena panas matahari, atau bahkan gesekan celana Anda sendiri saat duduk. Jika sudah sobek atau pecah, tentu saja merusak tampilan motor karena jadi tak enak dipandang. Lantas bagaimana cara mencegahnya? Simak penjelasan Jualo berikut!

Jok sepeda motor umumnya dilapisi kulit supaya nyaman untuk diduduki. Kulit yang dipakai pun beragam jenisnya, tapi pada dasarnya terbagi 3, yaitu kulit sintetis, domba dan kulit sapi. Nah, dari tiga jenis itu kulit sintetis adalah yang paling sering dipakai namun kulit inilah yang paling rentan rusak. Kulit jenis ini umumnya hanya bisa bertahan kurang lebih 4 tahun, tergantung pemakaian.

Bagaimana cara merawat kulit sintetis?

Kulit Jok Motor-2

Selain tidak nyaman, kulit yang sobek merusak tampilan estetika motor Anda

Perawatan kulit sintetis sebetulnya tidak sulit. Anda cukup memakai lotion khusus kulit jok motor yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Anda hanya tinggal rutin mengoleskannya, setiap satu atau dua bulan sekali. Kenapa lotion dibutuhkan?

Lotion khusus jok motor ini diperlukan karena kulit sintetis mudah kering. Ketika ia sudah kering maka akan pecah-pecah. Pemakaian lotion dilakukan supaya kulit tetap lembab dan lentur sehingga tidak mudah retak atau pecah. Anda harus tahu bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan-nya di dalamnya tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa dipakai untuk dibuat menjadi bahan kulit sintetis.

–> ROYAL ENFIELD SCRAMM 411 MELUNCUR, CROSSOVER YANG SERBABISA

Kulit asli juga perlu dirawat!

Kulit Jok Motor-3

Guyuran air hujan yang mengering juga dapat merusak kulit jok

Tidak beda dengan jok berbahan kulit sintetis, kulit asli, seperti dari kulit sapi dan domba, juga perlu dirawat dengan lotion. Pemberian pelembab ini disarankan supaya kondisinya tetap terjaga. Satu hal yang penting adalah jenis pelembab jangan yang sembarangan dan yang terbaik adalah mink oil. Mink oil adalah sejenis lemak, yang dibuat dari bahan hewani.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles