Tips Bersihkan Interior Mobil Agar Selalu Terlihat Baru
interior mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Interior mobil merupakan sektor krusial karena merupakan tempat utama kita menghabiskan waktu dalam perjalanan. Sehingga harus higienis

Berbicara soal perawatan mobil maka tidak hanya mengenai servis mesin dan penampilan kinclong saja. Hal lainnya yang juga perlu Anda perhatian ialah membersihkan interior mobil. Selain membuat Anda nyaman selama perjalanan, hal ini nantinya bakal meningkatkan harga jual mobil tersebut jika interior terlihat seperti baru.

Selain itu, perawatan interior juga bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan. Seperti karat, keropos, atau kerusakan lain di bagian dalam mobil. Lantas, bagaimana cara membersihkan interior mobil agar terlihat baru? Nah, berikut ini Jualo berikan tips komponen interior yang perlu Anda bersihkan untuk mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

1. Karpet

interior mobil-5

Perlu Anda ketahui, pada bagian karpet biasanya terdapat berbagai jenis kotoran seperti tanah, pasir, dan lainnya yang terbawa oleh sepatu atau sandal. Namun jangan khawatir, karpet mobil biasanya dilapisi alas kaki yang terbuat dari bahan karet dan mudah dilepas atau dikeluarkan, sehingga mudah untuk dibersihkan.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencucinya dengan sabun lalu disikat dan keringkan. Sedangkan untuk karpetnya yang tidak dapat dikeluarkan, bisa Anda bersihkan dengan menggunakan vacuum cleener untuk menyedot debu-debu yang ada.

2. Dashboard

interior mobil-2

Dashboard merupakan salah satu interior mobil yang paling mudah terlihat kusam dan kotor. Untuk itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala. Pertama, bersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan dashboard dengan kemoceng. Lalu di bagian yang sulit terjangkau seperti lipatan di pojok dashboard atau blower AC, gunakan kuas kecil untuk membersihkannya.

Setelah itu, gunakan air hangat atau cairan pembersih khusus dan gosok permukaan dashboard secara merata. Lap bagian yang basah dengan kain khusus hingga kering, kemudian, oleskan cairan anti UV untuk memberikan perlindungan dan membuatnya mengkilap.

3. Jok

interior mobil-4

Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat jok mobil Anda tetap terjaga kebersihannya yaitu dengan melapisinya menggunakan seat cover. Akan tetapi, Anda juga perlu memerhatikan perawatan pelapis jok itu agar kondisinya tetap terjaga.

4. Plafon

interior mobil-6

Plafon merupakan salah satu tempat bersarangnya kotoran dan debu. Oleh karena itu, Anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain yang tidak terlalu basah, lalu gosokkan. Setelah itu, lap plafon yang basah menggunakan kain kering yang bersih.

–> PENTINGNYA GPS TRACKER MOBIL UNTUK KEAMANAN & KENYAMANAN BERKENDARA

5. Pengharum kabin

interior mobil-3

Setelah semua interior mobil bersih, Anda bisa menambahkan pengharum khusus mobil untuk menambah aroma menyegarkan di dalam sana. Pilihlah pengharus yang tidak memiliki aroma menyengat untuk menghindari efek pusing yang bisa mengganggu kenyamanan Anda.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles