Mudah, Begini Tips Merawat Aki Mobil di Rumah Supaya Tidak Tekor
Merawat Aki Mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Merawat aki mobil sangat penting dilakukan agar kendaraan Anda tetap prima serta mencegah munculnya masalah aki tekor pada mobil

Aki merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan karena bertugas memasok listrik. Oleh karena itu, agar persediaan listrik aki selalu terjaga, Anda perlu merawatnya dengan baik, missal dengan menghidupkan mesin minimal seminggu sekali jika mobil jarang dipakai. Nah, untuk mencegah timbulnya gejala tekor berikut Jualo berikan beberapa tips mudah merawat aki mobil Anda.

1. Matikan Sistem Kelistrikan

Jika mobil akan ditinggalkan cukup lama di garasi, pastikan seluruh perangkat yang menyerap tenaga listrik sudah dimatikan seperti AC, radio, dan lampu-lampu. Ketika memanaskan mobil, sebaiknya jangan nyalakan pendingin ruangan (AC), radio, lampu, dan perangkat elektronik lain.

Pasalnya, kondisi aki belum sepenuhnya terisi dengan listrik. Setelah memanaskan mesin, jangan lupa matikan kembali semua komponen kelistrikan supaya daya aki tidak berkurang dan memudahkan menyalakan mesin kembali. Memanaskan mesin cukup sekitar 10 menit seminggu 2 kali.

2. Periksa Level Cairan Aki

air aki tekor

Untuk jenis aki basah, pastikan air aki jangan sampai di bawah level minimal atau low level. Mengisi air pun tak boleh melebihi level atas karena pada saat aki panas, air bisa tersembur keluar bersamaan uap yang sangat korosit. Namun, jika level air di bawah takaran, tambahkan secukupnya.

Penambahan air aki disarankan menggunakan air aki murni, bukan air aki zuur agar sel aki tidak cepat rusak. Sementara untuk aki jenis maintenance free (MF) bisa dilakukan pengecekan dengan battery tester.

Alat ini tidak hanya berguna untuk mengukur voltase atau tegangan aki saja. Termasuk daya starter (CCA – Cold Cranking Ampere), tingkat tegangan (SOC – State of Charge), dan tingkat kesehatan aki (SOH – State of Health).

3. Perhatikan Kebersihan Aki

kebersihan aki mobil

Perhatikan kebersihan permukaan aki, terutama pada kutub negatif dan positif. Saat terminal aki kotor, arus listrik tidak bisa mengalir sempurna akibat pasokan listrik kurang. Lambat laun merusak terminal dan bisa menjalar ke peranti elektronik.

Jika Anda melihat kerak berwarna kehijauan dan kotoran pada terminal aki, segera bersihkan dengan memakai air panas secukupnya, kemudian disikat sampai bersih. Setelah dibersihkan, kencangkan baut klem aki. Pastikan posisi aki tidak bergeser karena aki yang mudah berguncang bisa cepat rusak.

4. Cek Daya Aki

daya aki tekor

Anda bisa mengecek kapasitas aki dengan multitester. Cek dayanya dan pastikan aki mampu bekerja dengan baik karena aki yang kekurangan daya bisa mempengaruhi sistem kelistrikan mobil. Paling penting, agar pasokan listrik pada komputer mobil (ECU) berjalan mulus.

Untuk urusan perawatan, paling mudah aki MF karena indikator dayanya jelas, yakni terdapat warna hijau dan merah. Kalau indikator merah, berarti harus segera diganti, dan sebaliknya jika berwarna hijau, berarti aki masih layak pakai.

–> MAU JUAL MOBIL DENGAN AMAN TANPA TAKUT RUGI? CARANYA MUDAH KOK!

5. Cek Kebocoran Aki

Periksa apakah terjadi kebocoran pada aki, terutama di badan aki maupun penutupnya. Jika terjadi kebocoran dan tidak segera diatasi, air korosif bisa merusak bodi bahkan komponen lain. Kebocoran pada badan aki harus segera ganti dengan yang baru. Sedangkan jika terjadi hanya pada tutup saja, bisa dikencangkan atau diganti tutup aki yang baru.

6. Pemasangan Aki

merawat aki tekor

Tips merawat aki mobil yang terakhir ada di bagian pemasangan. Terlihat mudah, tapi jarang diperhatikan. Jika Anda mau buka aki, dahulukanlah copot pengait pada kutub negatif, kemudian barulah lepas pengait positif. Sebaliknya saat memasang, dahulukan kutub positif baru negatif agar tidak terjadi korsleting. Beberapa pengecekan di atas sulit dilakukan tanpa dukungan alat yang memadai seperti battery tester. Jika ingin lebih yakin, Anda dapat memeriksa aki di bengkel terdekat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles