4 Tanda Shockbreaker Belakang Mobil yang Sudah Minta Diganti
shockbreaker belakang mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Shockbreaker belakang mobil yang rusak umumnya memiliki beberapa gejala yang perlu Anda ketahui. Lantas apa saja gejalanya? Yuk cari tahu lewat artikel berikut

Shockbreaker merupakan komponen mobil yang berfungsi meredam kejutan saat melewati jalan yang tidak merata. Namun, kenyamanan bakal didapat jika shock m5asih berfungsi dengan baik. Karena shockbreaker mobil yang rusak, selain mengganggu kenyamanan juga bisa berakibat fatal lho. Untuk itu saat dirasa shockbreaker rusak, maka segera diperbaiki agar kembali normal. Sudah pasti Anda juga perlu mengetahui bagaimana tanda-tanda dari shockbreaker belakang mobil yang rusak. Nah, berikut ini Jualo sajikan beberapa ciri atau tanda shockbreaker belakang mobil yang sudah minta diganti untuk Anda jadikan referensi.

1. Mulai Terdengar Suara Berisik

shockbreaker belakang mobil

Tanda shockbreaker belakang mobil rusak yang pertama yaitu terdengar suara berisik. Pada saat kendaraan tidak mengalami kerusakan, pastinya tidak menimbulkan suara aneh dan berisik. Namun jika Anda mendengar suara yang berisik dari arah belakang, khususnya pada bagian shockbreaker bisa dipastikan bahwa shockbreaker ini mengalami masalah tertentu.

Pada kendaraan motor biasanya terdengar suara gemuruh, terlebih saat  melewati jalan tidak rata. Sedangkan untuk kendaraan mobil saat terdengar suara bersih bisa terjadi karena kerusakan bushing arm. Apalagi jika ditambah dengan laju mobil yang melenceng ke kiri atau ke kanan, maka sudah pasti penyebabnya berasal dari bagian tersebut.

2. Oli Mengalami Kebocoran

Ciri-ciri yang paling mudah diketahui saat shockbreaker belakang mobil rusak adalah ketika oli mengalami kebocoran. Shockbreaker tidak bisa berfungsi dengan baik jika tidak ada oli. Oli bisa mengalami kebocoran jika shockbreakernya mengalami kerusakan. Pada saat oli bocor, maka area sekitarnya akan berlumuran oli.

Jika Anda mendapatkan oli yang berlumuran seperti ini, sudah pasti menjadi tanda bahwa shockbreaker mengalami kerusakan. Kebocoran oli seperti ini juga bisa disebabkan karena seal penutupnya pecah, sehingga menyebabkan oli bisa keluar.

3. Ban Terasa Bergoyang

shockbreaker belakang mobil- 2

Tanda shockbreaker mobil belakang yang rusak selanjutnya yaitu ketika ban terasa goyang. Shockbreaker yang berada di belakang kendaraan memiliki fungsi cukup penting sebagai kenyamanan saat berkendara. Pada saat shockbreaker belakang rusak, bisa ditandai dengan ban belakang yang terasa bergoyang. Bahkan ban juga tidak akan stabil saat melewati jalan yang tidak rata atau melewati polisi tidur. Ban yang bergoyang seperti ini tidak hanya mengurangi kenyamanan Anda saat berkendara saja. Namun juga bisa saja membahayakan pengendara jika tidak segera diperbaiki.

4. Pantulan yang Tidak Normal

shockbreaker belakang mobil- 3

Tidak hanya terasa ban bergoyang saat melewati jalan tidak rata, Anda juga bisa merasakan pantulan yang tidak normal. Ini terjadi saat suspensi pada bagian depan atau belakang sudah tidak dapat memberikan pantulan yang sempurna karena shockbreaker yang rusak. Pada saat mengalami hal ini bisa saja pengendara akan merasa kaget dan hilang kontrol. Hal seperti inilah yang bisa membahayakan pengendara. Untuk tu perawatan shockbreaker harus dilakukan secara berkala.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles