9 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
tips aman meninggalkan rumah saat mudik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berencana mudik ke kampung halaman saat lebaran tiba? Simak dulu beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik dari Jualo berikut ini

Lebaran 2022 tinggal dua pekan lagi. Sudah menjadi ritual budaya bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan hari raya bersama keluarga besar di kampung halaman. Bagi Anda yang berencana mudik ke luar kota dalam waktu sepekan atau lebih, tentu harus melakukan persiapan agar perjalanan berlangsung dengan aman dan nyaman. Salah satunya keamanan rumah yang ditinggalkan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, Jualo hadirkan tips aman meninggalkan rumah saat mudik berikut ini.

1. Kunci Pintu dan Jendela

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-3

Tips aman meninggalkan rumah saat mudik yang pertama, pastikan Anda mengunci semua pintu dan jendela yang ada di rumah Anda. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir kemungkinan rumah Anda menjadi sasaran perampok. Akan sangat aman apabila pintu terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh seperti kayu jati. Sementara untuk jendela, sangat disarankan agar dipasangi teralis.

2. Simpan Dokumen Penting dan Barang Berharga di Tempat Terkunci

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-7

Ada baiknya Anda menyimpan barang-barang berharga seperti harta benda dan dokumen penting di lemari atau laci yang dapat dikunci. Bahkan akan jauh lebih aman lagi jika Anda menyimpannya dalam sebuah brankas kokoh. Sehingga ketika terjadi hal buruk lainnya seperti kebakaran, dokumen dan harta benda akan tetap aman.

3. Pastikan Tabung Gas dalam Keadaan Tertutup

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-5

Mungkin hal ini cukup sepele, namun satu kesalahan jika diabaikan dapat membuat rumah Anda habis dilalap api. Sudah cukup sering kita dengar beberapa kejadian rumah terbakar akibat tabung gas yang bocor dan kemudian meledak ketika tidak sengaja bertemu percikan api. Hal ini menjelaskan dengan baik betapa pentingnya mengecek tabung gas sebelum Anda berangkat mudik.

4. Perhatikan Aliran Listrik dan Air

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-4

Anda wajib memastikan bahwa tidak ada kabel maupun colokan yang menempel di stop kontak selama Anda mudik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya korslet listrik. Berlaku juga dengan keran air. Semua keran air, mulai dari yang ada di wastafel hingga kamar mandi wajib dipastikan dalam keadaan mati. Tentunya Anda tidak ingin bukan jika tagihan air Anda tetap jalan padahal sedang tidak digunakan?

5. Tutup Lubang Pembuangan

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-2

Karena akan ditinggal mudik, sementara rumah juga tidak akan dihuni, maka ada baiknya lubang pembuangan ditutup. Tentunya dengan harapan agar munculnya kecoa dan tikus tidak sampai terjadi.

6. Minta Tolong Tetangga Bantu Pantau Keadaan Rumah

Anda tentu memiliki tetangga yang sudah akrab dan Anda percayai, bukan? Maka tidak ada salahnya untuk menitipkan rumah Anda kepadanya. Minta bantuannya untuk mengecek keadaan rumah sesekali. Bisa juga minta dinyalakan lampu teras di malam hari untuk memberi kesan bahwa rumah ditinggali.

7. Bersihkan Rumah

Sempatkan waktu untuk membersihkan rumah sebelum ditinggal pergi dalam waktu yang lama. Jika kondisinya kotor, akan rentan didatangi binatang kecil, semacam tikus dan kecoa yang suka dengan tempat kotor. Apabila ada rumput dan tanaman di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar tampak lebih rapi sehingga orang lain akan beranggapan bahwa penghuni rumah merawat tumbuhannya.

–> BIAR MUDIK NYAMAN, SIMAK TIPS MEMILIH KURSI KERETA API BERIKUT INI

8. Pasang CCTV

tips aman meninggalkan rumah saat mudik-6

CCTV memang mahal, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, jika fitur yang ditawarkannya membuat Anda dapat memantau keamanan rumah dari jarak jauh. CCTV kekinian sudah dilengkapi berbagai program dan sensor canggih yang dapat mendeteksi adanya gerakan, bahkan face recognition. Membuat Anda jauh lebih nyaman dan tenang meski harus meninggalkan rumah.

9. Nyalakan Lampu di Titik Tertentu

Anda tidak perlu menyalakan semua lampu rumah saat meninggalkannya, cukup di beberapa titik saja agar rumah tidak terlihat terlalu gelap saat malam hari, misalnya di teras dan halaman rumah. Bila perlu, pasang lampu LED otomatis yang bisa menyala saat gelap dan padam saat terang.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles