Benarkah AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Boros?
ac mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Konsumsi BBM mobil yang boros disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah AC mobil. Namun benarkah faktanya demikian?

Sebagai negara beriklim tropis, AC merupakan salah satu fitur penting yang ada pada kendaraan, khususnya roda empat. Namun, berhembus mitos jika AC mobil menjadi salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap borosnya bahan bakar kendaraan. Benarkah demikian? Berikut Jualo akan berikan jawabannya

AC Mobil Membuat BBM Boros?

ac mobil- 2

Faktanya, AC memang bisa menyebabkan konsumsi BBM mobil menjadi saat Anda menyalakan di suhu paling dingin (rendah) dalam jangka waktu yang lama. Pasalnya, saat temperatur diset pada suhu yang paling dingin, maka kompresor akan terus berusaha bekerja keras untuk bisa selalu mencapai suhu tersebut.

Anda harus tahu bahwa kinerja AC ini juga dibebankan pada mesin dan hal ini sudah pasti akan membuat konsumsi mesin bahan terhadap bahan bakar menjadi lebih banyak dan akhirnya akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros.

–> JANGAN ASAL MODIFIKASI! PERHATIKAN HAL INI AGAR GARANSI MOBIL AMAN

Lantas Bagaimana Solusinya?

ac mobil 3

Sebenarnya ada beberapa cara agar konsumsi BBM tidak terlalu berpengaruh meski AC mobil dinyalakan terus menerus. Diantaranya sebagai berikut:

  • Jika temperatur di dalam kabin mobil sudah terasa terlalu dingin, segera naikkan temperatur.
  • Jika udara di luar cukup sejuk (seperti saat pagi hari, malam hari atau Anda sedang berada di wilayah pegunungan yang sejuk), matikan AC dan buka kaca mobil.
  • Saat cuaca panas, parkirlah mobil di tempat yang teduh. Agar saat akan digunakan lagi AC tidak akan bekerja terlalu berat.
  • Saat masuk ke mobil, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin dengan cepat. Sehingga dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.
  • Jangan paksakan diri untuk tetap menggunakan AC dalam temperatur rendah, terlebih jika kalau tangki bensin mobil Anda hampir kosong. Jika nekat, bukan kabin mobil yang akan terasa dingin tapi Anda justru harus kerja keras mendorong mobil yang kehabisan bahan bakar.

Itulah jawaban dari pertanyaan AC mobil membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros atau tidak. Sebenarnya ada faktor lain seperti gaya berkendara, kondisi kesehatan mesin, serta jenis BBM yang dipakai. Jika kendaraan Anda ingin tetap irit, maka bijaklah saat berkendara serta rawat mesin agar kondisinya selalu prima ya teman Jualo!

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles