close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

7 Pilihan Takjil Kekinian yang Menyehatkan untuk Buka Puasa

takjil buka puasa biji salak

Di bulan puasa biasanya tersedia berbagai pilihan menu takjil untuk buka puasa. Namun, banyak orang yang belum mengetahui kalau saat berbuka perlu menu yang menyehatkan.

Selama seharian puasa, tubuh kita akan mengambil enenrgi dari cadangan gula darah yang ada. Setelah seharian beraktivitas, tentu cadangan energi tersebut akan menurun, sehingga membuat rasa lemas mulai muncul di sore hari.

Untuk itu, buka puasa dengan menu manis sebenarnya diperlukan untuk mengganti energi yang hilang. Namun, kebanyakan., menu takjil memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah kamu dengan cepat. Sesuatu yang sangat berbahaya untuk penderita diabetes.

Untuk itu, sebaiknya pilihlah takjil yang tidak terlalu manis dan mengandung banyak nutrisi. Seperti ulasan dari Jualo berikut ini.

1. Sop Buah atau Es Buah

takjil buka puasa es buah

Menu takjil yang mengandung buah-buahan juga baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa. Buah mengandung cukup gula untuk mengganti energi kamu yang hilang seharian, dan juga mengandung serat yang baik untuk membuat kamu kenyang lebih lama. Namun, kamu juga perlu waspada dalam menambahkan gula atau susu kental manis dalam sajian buah kamu. Jangan terlalu berlebihan atau sebaiknya jangan ditambahkan gula dan susu kental manis.

2. Buah Kurma 3 Butir

Takjil buka puasa kurma

Kurma mungkin menjadi pilihan baik karena buah ini mengandung banyak energi dan serat, yang dapat mencegah kamu dari makan berlebih. Namun, perlu kamu ingat, jangan terlalu banyak makan kurma saat berbuka puasa, karena kandungan gulanya juga cukup tinggi.

3. Kolak Pisang Tanpa Santan

takjil buka puasa kolak

Ganti santan dalam kolak pisang dengan susu rendah lemak. Kolak pisang ini dapat menjadi menu takjil yang lebih sehat untuk kamu. Selain itu, sebaiknya juga kurangi penambahan gula dalam sajian kolak kamu.

4. Bubur Kacang Hijau

takjil buka puasa bubur

Menu ini bisa dibilang sebagai menu yang sehat karena mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Kacang hijau juga berperan dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh. Bukan hanya itu, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-tumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

5. Puding Buah

Takjil Buka puasa Puding

Biasanya, orang lebih menyukai camilan gorengan saat berbuka. Namun, gorengan tidak baik dikonsumsi tubuh apalagi setiap hari, karena tinggi kalori dan lemak yang memicu munculnya penyakit serius seperti diabetes atau hipertensi. Mulai sekarang, coba kamu ganti asupan gorengan dengan puding buah. Namun, pastikan gula yang kamu pakai untuk membuat puding tidak terlalu banyak. Selain itu, supaya lebih sehat, buatlah saus puding dari susu rendah lemak.

6. Biji Salak

takjil buka puasa biji salak

Biji Salak Selain kolak pisang, kolak yang satu ini juga hampir dipastikan ‘hadir’ saat bulan Ramadan tiba. Rasanya yang legit menjadikan kolak biji salak menjadi favorit banyak orang (mungkin termasuk Anda salah satunya) untuk dijadikan menu takjil buka puasa.

Jika selama ini Anda membeli kolak biji salak di penjual makanan, sekarang saatnya bagi Anda untuk membuatnya sendiri. Guna menambah cita rasa masakan dan meningkatkan nutrisinya, Anda disarankan untuk menggunakan ubi Sunrise yang rasanya dijamin manis dengan tekstur yang lembut.

7. Chicken Salad

takjil buka puasa chicken salad

Semangkuk chicken salad dengan rasa gurih dan segar bisa kamu coba sebagai hidangan buka puasa. Cara menyiapkannya pun sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan pan-grill dada ayam dengan sedikit garam dan lada hitam, lalu potong-potong dan taruh di atas semangkuk sayuran. Kamu juga dapat menambahkan keju untuk memperkaya rasa. Serat dalam sayuran dan protein dalam makanan ini dapat membuat kamu kenyang lebih lama, tetapi tidak membuatmu mengantuk. Sebab, kalorinya tidak setinggi makanan manis.

Nah, itulah beberapa pilihan takjil sehat untuk berbuka puasa. Kamu bisa menggilirnya setiap hari supaya tidak bosan. Mengenai gizi dan nutrisi yang kamu dapatkan dari makanan-makanan yang muncul di bulan puasa.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram