close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Tips Berkendara dengan Motor Sport Fairing yang Aman & Nyaman

motor sport fairing

Salah satu kekurangan motor sport fairing yang banyak dikeluhkan adalah gaya berkendara yang kurang ergonomis yang membuat rider cepat capek. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Segmen motor sport selalu memiliki penggemarnya di market Tanah Air, termasuk model fairing yang punya keunggulan dari performa mesin, desain aerodinamis dan tampilan yang racy. Namun, ada satu kekurangan yang sangat sering dikeluhkan rider, yakni gaya berkendara yang tidak nyaman.

Plus Minus Motor Sport Fairing

Motor sport sebenarnya terdapat dua model, yakni yang menggunakan fairing dan naked. Dan umumnya pabrikan kerap menyediakan dua motor dengan mesin yang sama namun model yang berbeda. Seperti dijelaskan di atas, bahwa motor sport fairing punya keunggulan dari segi tampilan yang sangat kece.

motor sport fairing-2

Belum lagi performa mesin serta body yang aerodinamis. Namun, kekurangan utama motor sport fairing dibanding model lain adalah gaya riding yang melelahkan, khususnya jika digunakan di perkotaan dengan lalu lintas padat.

Oleh karena itu, Anda yang harus beradaptasi untuk menggunakan motor sport fairing agar nyaman dan aman digunakan harian. Berikut Jualo berikan beberapa tips yang mungkin bisa menjadi referensi.

Posisi Berkendara

  1. Riding posture mengikuti karakter sepeda motor, rileks dan senatural mungkin agar lebih mudah untuk melakukan handling dan menjaga kestabilan motor.
  2. Posisi tangan mengikuti kontur stang dengan pergelangan dan siku menyudut. Posisi tangan yang lurus lebih susah menghandlingnya. Posisi kaki mendekap body motor (knee grip), hindari kaki yang mengangkang ini akan membuat kestabilan berkurang. Posisi punggung / bahu rileks karena posisi setang rendah, badan disarankan sedikit membungkuk.
  3. Posisi badan bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi pengoperasian sepeda motor. Jika saat berakselerasi, badan agak lebih membungkuk dan jika melakukan pengereman badan agak tegak, ini akan membuat pengendalian lebih stabil. Saat berbelok, badan segaris lurus dengan motor (lean with the bike), ini akan lebih aman karena berkendara di jalan raya.

motor sport fairing-3

–> Berikut 14 Perlengkapan Touring Motor yang Wajib Dibawa

Safety Gear yang Digunakan

 

  1. Disarankan gunakan helm full face standard SNI dan ukuran yang pas di kepala, ini akan membuat perlindungan lebih maksimal.
  2. Gunakan jaket dan celana tertutup, disarankan khusus untuk berkendara, termasuk protector tangan dan kaki.
  3. Gunakan sarung tangan khusus untuk berkendara yang menutupi semua bagian tangan dan jari agar saat mengoperasikan gas, rem dan kopling lebih maksimal (grip bagus).
  4. Gunakan sepatu, disarankan yang menutupi sampai atas mata kaki, hindari menggunakan sandal.
  5. Disarankan safety gear berwarna cerah, ini akan mudah terlihat oleh pengendara lain atau pengguna jalan lainnya sehingga membuat rider lebih aman.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram