Tips Aman Melepas Stiker Motor Tanpa Tinggalkan Bekas
stiker motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Melepas stiker motor merupakan suatu hal yang terkadang menyebalkan karena akan meninggalkan bekas pada bodi. Adakah cara melepas stiker yang tidak menimbulkan bekas?

Stiker menjadi salah satu aksesoris motor yang banyak digunakan. Selain membuat tampilan motor lebih keren, penggunaan stiker juga bisa membuat tunggangan Anda berbeda dari yang lain. Namun, masalah kerap timbul ketika merasa bosan dengan stiker lama dan ingin menggantinya dengan yang baru. Yakni cara melepas stiker motor yang tidak meninggalkan bekas.

Pasalnya, lem yang menempel pada stiker motor umumnya sangat kuat. Sehingga jika dilepas dengan sembarangan, akan meninggalkan bekas dan menimbulkan kerusakan pada cat motor. Lantas, adakah cara melepas stiker tanpa meninggalkan bekas? Jawabannya ada. Berikut Jualo berikan tips dan trik cara melepas stiker motor dengan benar sehingga tidak meninggalkan bekas pada bodi motor kesayangan Anda.

Cara 1: Menggunakan Cairan Pembersih

Cara melepas stiker motor yang pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih yang dijual di pasaran. Cairan ini berfungsi untuk mengurangi tingkat kerekatan pada stiker terlebih dahulu. Bahan ini perlu disemprotkan secara hati-hati hanya pada bagian stiker motor.

stiker motor- 2

Beberapa alat lain yang dibutuhkan dalam prosesnya adalah hari dryer, air, kain lap, bahan poles motor, serta kanebo. Apabila semua bahan dan alatnya sudah disiapkan, Anda bisa mengikuti beberapa langkah pengelupasan stiker berikut ini.

1. Semprotkan cairan pembersih

Langkah pertama adalah dengan menyemprotkan cairan pembersih ke area stiker dengan hati-hati. Supaya cairan ini tidak merusak bagian body lainnya, Anda perlu menyemprotkan fokus pada bagian stiker. Jika mengenai body lain segera lap dengan kain hingga bersih. Kemudian tunggu sebentar sampai ujung stiker sedikit mengelupas.

2. Panaskan dengan hairdryer

Langkah selanjutnya adalah memanaskan ujung stiker dengan hairdryer, panaskan sampai muncul reaksi stiker mengkerut. Anda bisa melihat pada bagian ujung stiker yang mulai mengkerut dan mengangkatnya secara perlahan.

Stiker akan lebih mudah untuk ditarik ketika cairan tersebut dipanaskan. Apabila masih sulit, semprotkan kembali cairan pembersih tersebut dan panaskan kembali.

stiker motor- 3

3. Membersihkan sisa lem

Apabila stiker sudah terkelupas semua, maka pada body motor akan terlihat bekas stiker. Anda tidak boleh membersihkannya dengan benda tajam. Cara membersihkannya adalah dengan kain yang dibasahi air hangat dan gosokan secara lembut sampai bekas lem hilang.

4. Memoles body motor

Langkah terakhir adalah mengelap permukaan dengan bahan poles motor. Dengan begitu sisa lem akan terangkat dan tidak terlihat bekas stiker. Body motor pun akan lebih kinclong.

Cara ke-2: Menggunakan Bensin

Bagaimana bisa bensin digunakan untuk melepaskan stiker? Bukankah akan merusak cat pada body motor? Tunggu dulu! Cat tidak akan rusak selama Anda menggunakannya dengan cepat.

Selain itu jenis bahan bakar yang digunakan harus beroktan tinggi, yaitu setidaknya 92 atau lebih. Karena oktan lebih tinggi akan semakin bagus dan stiker mudah dilepas. Prosesnya pun tidak perlu dipanaskan. Berikut ini langkah-langkah cara menghilangkan stiker di motor yang bisa Anda ikuti.

1. Melepaskan stiker

Langkah pertama bisa dilakukan dengan memasukan kain ke dalam bensin oktan tinggi. Setelah kain basah usapkan pada permukaan stiker supaya lem stiker mulai berkurang. Baru tarik ujung stiker perlahan-lahan sampai semua stiker terangkat.

2. Membersihkan bekas stiker

Setelah sticker terangkat, Anda harus menggunakan kain yang tadi sudah terkena bensin untuk menghilangkan bekas. Gosok tanpa harus ditekan berlebihan sampai seluruh lem terangkat dan hilang.

3. Mengelap permukaan body

Terakhir Anda bisa membersihkan permukaan body motor dengan kain kering yang bersih untuk menghilangkan semua sisa lem. Anda juga bisa memoles motor seperti trik yang pertama tadi. Tips agar berhasil menggunakan cara ini adalah mengangkat stiker hanya dari ujung. Jangan melepas stiker dari tengah karena justru akan membuatnya sobek dan hasilnya tidak rapi.

stiker motor- 5

Pastikan juga bahwa Anda menggosok kain yang sudah terkena bensin dengan lebih cepat agar cat tidak mengelupas atau bahkan hilang. Proses yang lebih cepat akan mengurangi risiko pengelupasan cat pada body motor.

Cara ke-3: Pakai Korek Api

Ada juga trik yang menggunakan korek api untuk melepaskan stiker. Namun sebaiknya berhati-hatilah dalam melakukannya agar motor tidak terbakar. Selain itu hindari menggabungkan cara dengan korek api dan melumuri stiker dengan bensin.

Untuk membuat stiker sedikit terangkat Anda bisa menggunakan air hangat saja sebagai ganti bensin dan cairan pembersih. Dengan begitu proses pengelupasan akan lebih aman dibandingkan cara sebelumnya. Untuk langkah cara melepas stiker motor dengan korek api yang benar adalah sebagai berikut:

1. Membasahi stiker dengan air hangat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membasahi stiker agar mudah untuk dilepaskan. Air hangat adalah bahan yang tepat dan tidak merusak body motor sehingga tidak masalah jika mengenai bagian di luar stiker. Cukup basahi area stiker dengan air hangat menggunakan kain. Tak perlu digosok atau dikelupas menggunakan benda tajam.

stiker motor- 4

2. Lepas Stiker Perlahan

Cari salah satu ujung stiker untuk ditarik, kemudian angkat bagian tersebut agar mengelupas perlahan. Saat mengelupas, Anda bisa sambil sedikit memanaskan permukaannya dengan korek api.

Panas dari api akan melemahkan lem pada stiker sehingga mudah untuk dikelupas. Cukup dengan panaskan ke kiri kanan permukaan stiker sambil terus diangkat. Jarak antara korek api dengan stiker juga tidak boleh terlalu dekat agar body tidak memiliki bekas luka bakar.

3. Membersihkan bekas lem

Ketika stiker sudah terangkat maka yang tersisa adalah bekas lem. Anda bisa memanfaatkan minyak kayu putih untuk membersihkannya. Minyak kayu putih ini akan menghilangkan bekas lem sampai bersih.

Cara menggunakannya, cukup dengan menuangkan minyak pada kain. Gosok pada bagian bekas lem sampai terangkat dan bersih. Karena menggunakan minyak, Anda tidak perlu khawatir cat akan mengelupas atau rusak.

–> Cat Mobil atau Sticker Wrap, Pilih Mana?

4. Memoles dengan compound

Langkah terakhir agar body motor kembali seperti semula adalah dengan memoles permukaannya. Anda bisa memanfaatkan compound untuk memoles permukaan body motor hingga mengkilap.

Cukup usapkan sedikit compound pada body motor di area sekitar bekas stiker. Kemudian gosok sampai compound habis dan motor mengkilap. Supaya hasilnya lebih sempurna, Anda bisa menggunakan compound ke seluruh body motor.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles