Tips Modifikasi Velg Mobil: Pahami Ukuran, Istilah, dan Jenisnya
Modifikasi velg mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Modifikasi velg mobil memang jamak dilakukan banyak orang untuk membuat tampilan makin keren dan kece. Namun, sebelumnya Anda perlu memahami ukuran, serta jenis -jenis velg yang ada.

Untuk membuat tampilan mobil berbeda dan lebih keren, modifikasi velg mobil adalah langkah simpel yang umum dilakukan. Pasalnya, velg merupakan komponen utama atau yang pertama terlihat secara kasat mata pada mobil.

Buat orang yang sudah mengenal dunia otomotif sejak lama, tentu tak akan kesulitan menentukan velg yang tepat. Tapi buat orang awam, pasti kebanyakan hanya mengerti tentang lebar dan tapaknya saja, seperti velg ring 15, 17, atau 18 serta lebar 8 dan 9. Padahal, ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan. Oleh karena itu, berikut Jualo berikan informasi seputar modifikasi velg mobil yang tepat berikut ini.

Pahami Istilah dari Velg Mobil

1. Pitch Circle Diameter (PCD)

modifikasi velg mobil-4

Perhatikan jarak lubang antar baut roda sebelum memilih velg

Secara singkat, PCD velg mobil merupakan jarak diameter antara baut roda yang berseberangan pada velg, untuk mengetahuinya bisa dengan mengukur jarak di antara dua lubang baut yang bersebrangan dan diukur dengan satuan centimeter.

Jangan pernah memaksakan velg yang berbeda dengan PCD, seperti menggunakan plat untuk menyesuaikan lubang pada velg. Karena bakal berdampak pada kenyamanan dalam berkendara Anda nantinya.

2. Offset

Modifikasi velg mobil-4

Jangan pilih offset yang tipis karena bakal mengganggu kenyamanan berkendara

Offset ditunjukan pada posisi penampang tengah velg dengan bibir velg. Hal ini bisa dilihat dengan angka ET 10, ET 25, ET 40 dan sebagainya. Semakin kecil angka penampang tengah, maka semakin dalam dan bibir velg menjadi lebar, dan semakin besar angka penampang, maka semakin tipis dan bibir velg menjadi masuk ke dalam fender mobil.

Memahami Jenis-jenis Velg Mobil

1. Velg Cetak atau Casting

Velg jenis ini diproduksi dengan jumlah banyak atau massal. Kepadatan dalam velg tidak bisa diatur karena udara mudah tercampur saat bahan velg di cairkan. Keuntungan memilih velg casting adalah harga untuk velg ini lebih murah, produksi yang cepat dan desain yang bisa dibentuk sedemikian rupa.

Modifikasi velg mobil-5

Jenis-jenis velg mobil

2. Velg Forged

Proses dalam pembuatan velg forged ini lebih kompleks dibandingkan dengan dua jenis velg lainnya. Proses dari bentuk bahan velg solid, lalu dipotong-potong menjadi velg utuh dan dikerjakan secara handmade sehingga velg jenis ini terbilang cukup mahal karena lebih sempurna.

–> Jangan Asal Beli! Berikut Tips Bedakan Velg Mobil Replika dan Asli

3. Velg Flowform

Proses dalam pembuatan velg ini tidak dengan membuat suatu velg langsung. Melainkan dengan membuat sebagian kecil dahulu. Kalau velg casting bisa langsung diproduksi dengan banyak. Velg tipe ini hanya sebesar ban motor, tapi menggunakan bahan tebal yang ditarik sampai menjadi velg. Velg flowform hampir seperti velg forget dan untuk harga masih di tengah-tengah.

Modifikasi velg mobil-2

Sesuaikan ukuran dan jenis velg dengan kebutuhan Anda

Satu tips tambahan, jika Anda yang ingin tahu kualitas velg mobil, bisa diuji dengan menggantung velg dengan karet dan memukul dengan obeng untuk mengetahui suara atau bunyinya. Jika velg yang kualitas baik memiliki bunyi yang halus dan bertahan lama. Sedangkan velg yang memiliki kualitas kurang baik bisa dari material dan proses pembuatannya memiliki bunyi keras dan singkat.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles