Kenapa Mesin Mobil Wajib Dipanaskan Secara Rutin?
mesin mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Menjaga mesin mobil tetap prima tentunya jadi kewajiban tak tertulis para pemilik mobil, salah satunya dengan memanaskan mesin secara rutin

Mendiamkan mobil nganggur terlalu lama di rumah tanpa dihidupkan sangat berisiko menimbulkan kerusakan komponen mesin dalam jangka panjang. Pasalnya, mesin mobil yang diam dalam waktu lama membuat kotoran mengendap sehingga beberapa komponen bisa rusak dengan sendirinya. Untuk lebih jelas, berikut Jualo akan penjelasan alasan kenapa mobil wajib dipanaskan dengan rutin.

1. Menghindari Kebocoran Kompresi

Alasan pertama mengapa Anda butuh memanaskan mobil adalah untuk menghindari terjadinya kebocoran kompresi. Beberapa komponen mesin sengaja tidak dibuat presisi namun jika terkena panas maka posisinya akan lebih presisi.

mesin mobil-3

Pada mobil modern, memanaskan mesin bisa langsung digunakan sambil berjalan

Apabila mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang sangat lama, komponen yang tidak presisi tersebut akan menjadi sumber kebocoran. Apabila kebocoran sudah terjadi maka nantinya akan menciptakan masalah pada ruang bakar.

2. Menghindari Mesin Aus

Setiap komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Ketika mobil tidak dipanaskan maka bagian celah daripada mesin ini akan mengering. Sedangkan oli hanya ada di tempat tampungan saja tanpa melumasi semua bagian mesin.

Dampaknya adalah membuat mesin akan cepat aus. Jika mesin aus maka akan menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan. Tak hanya itu, kerusakan komponen mesin pun kerap kali terjadi karena gesekan antara mesin yang terjadi akibat oli kering.

mesin mobil-2

Mobil yang didiamkan terlalu lama bisa timbulkan kerak di mesin

3. Mengisi Daya Aki

Tak hanya soal mesin saja, mobil juga membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan beberapa fitur lainnya. Aki yang menjadi komponen untuk menyimpan daya lama kelamaan akan melemah jika mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu lama.

Karena daya listrik tersebut akan berkurang jika mesin tidak dinyalakan. Oleh karena itu penting untuk memanaskan kendaraan Anda supaya aki tetap bekerja dengan baik.

Tips Memanaskan Mobil dengan Benar

Melihat dampak tersebut Anda pun harus tahu kapan dan bagaimana untuk memanaskan kendaraan dengan tepat. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda tiru.

mesin mobil-5

1. Hindari Memanaskan dalam Posisi Idle

Lebih baik untuk memanaskan dalam keadaan mengendarai bukan posisi idle. Karena posisi tersebut membuat mobil lebih cepat panas. Selain itu juga banyak komponen seperti transmisi yang perlu bergerak.

–> Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Cas Aki Mobil?

2. Hindari Menyalakan AC Langsung

Sebaiknya Anda membuka jendela saat memanaskan dan jangan menyalakan AC  langsung setelah mesin menyala. Tunggu beberapa menit atau justru tidak perlu menyalakannya.

mesin mobil-4

Jangan langsung menyalakan AC ketika mobil baru saja menyala

3. Mengoperasikan Semua Tombol

Saat memanaskan Anda juga perlu untuk menyalakan semua tombol pada mobil untuk mengecek fungsinya. Pastikan tidak ada masalah pada semua komponen yang terhubung dengan tombol tersebut.

4. Cek Indikator pada Mobil

Jangan lupa cek juga indikator pada mobil yang biasanya terlihat pada dashboard. Pastikan semuanya dalam kondisi baik.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles