close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

5 Kiat Sukses Mendapatkan Pekerjaan Lewat Job Fair

job fair-2

Di era melek informasi seperti sekarang, lowongan pekerjaan bisa Anda dapatkan dari banyak sumber. Salah satunya adalah job fair

Bursa kerja atau yang biasa disebut job fair merupakan sebuah acara yang paling ditunggu oleh para pencari kerja, terutama bagi mereka para fresh graduate yang memang belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja.

Pengertian job fair

job fair-3

Persiapkan diri Anda sebelum datang, karena job fair umumnya bakal dihadiri ribuan calon pencari kerja 

Job fair merupakan sarana atau event yang diselenggarakan khusus untuk para pencari kerja oleh perusahaan. Umumnya, event ini diselenggarakan atas dasar kerja sama dari berbagai jenis perusahaan atau lembaga di kota besar. Dan ini jadi kesempatan Anda bertatap muka langsung dengan perusahaan di mana Anda mengajukan lamaran kerja.

Namun, job fair umumnya berlangsung sangat singkat. Oleh karena itu Anda wajib mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar terpilih dari banyaknya calon kandidat. Buat Anda yang tertarik mengikuti event ini, berikut Jualo berikan 5 tips jitu agar sukses mengikuti job fair.

1. Gali informasi lewat internet

job fair

Gali informasi sebanyak-banyaknya seputar perusahaan yang dituju

Persiapkan diri dengan menggali informasi secara online tentang perusahaan yang terlibat dalam acara job fair tersebut. Setelah mereview semua perusahaan peserta, buat daftar pilihan teratas dan kunjungi booth mereka pertama kali begitu anda masuk arena job fair. Sebaiknya anda datangi booth perusahaan impian di awal acara. Dan siapkan kondisi tubuh agar fit karena acara ini cukup melelahkan baik bagi pencari kerja maupun tim perekrut.

2. Buatlah CV semenarik mungkin

Siapkan beberapa hardcopy CV sebelum mengunjungi job fair

CV (Curriculum Vitae) merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh perusahaan. Jadi buatlah CV dengan gaya penulisan yang menarik dan jelaskan skill dan kualitas Anda didalamnya. Selain itu pastikan anda memiliki salinan CV yang cukup banyak, baik berupa softcopy maupun hardcopy untuk perusahaan yang akan anda tuju maupun perusahaan cadangan. Karena banyak kasus peserta Job Fair lupa membawa salinan CV dan resume mereka.

3. Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman dan rapih

job fair-5

Berpakaian yang rapih dan nyaman

Pakaian juga menjadi poin penting dalam melamar pekerjaan, karena tim perekrut akan menilai profesionalitas seseorang dari segi pakaian. Jadi usahakan memberi kesan pertama yang positif dari pakaian yang anda kenakan. Tapi bukan berarti anda harus mengenakan setelan blazer atau jas lengkap dan sepatu bertumit tinggi.

Untuk pria, cukup dengan kemeja rapih, celana bahan dan sepatu. Sedangkan wanita bisa mengenakan setelan blouse yang manis dan cantik dengan warna netral dan tak mecolok dan sepatu yang nyaman digunakan saat berjalan mengelilingi booth job fair.

4. Percaya diri

job fair-6

Tampil percaya diri bisa meningkatkan kepercayaan pewawancara dari pihak perusahaan

Dalam acara job fair, tidak sedikit perusahaan yang akan langsung melaksanakan proses wawancara, hal ini merupakan kesempatan besar bagi anda untuk memberikan keyakinan kepada pihak perusahaan kalau Anda memang pantas untuk bergabung di perusahaan tersebut. Anda harus tampil dengan rasa percaya diri yang cukup, karena hal tersebut merupakan salah satu kunci sukses dalam menghadapi proses wawancara kerja.

–> Tips Mencari Lowongan Kerja Secara Online dengan Mudah dan Cepat

5. Jangan ragu untuk bertanya

Selain menyerahkan berkas lamaran pada stand perusahaan yang anda tuju, ada baiknya jika anda juga mengajukan beberapa pertanyaan penting seputar deskripsi lowongan pekerjaan yang memang dibuka oleh perusahaan tersebut. Agar anda bisa tahu lebih dalam seluk beluk perusahaan tersebut, dan seandainya nanti anda berjodoh dengan perusahaan mereka, sedikit banyak anda sudah mengerti dan memahami bagaimana budaya dan etos kerja mereka.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , ,

Story Page
Facebook
Instagram