Banyak yang Belum Paham, Ini Fungsi Defogger Pada Kaca Mobil
fungsi defogger

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pada mobil modern, hampir sebagian besar sudah dilengkapi dengan defogger pada kaca depan atau belakang. Namun, mungkin banyak dari pemilik mobil belum mengetahui fungsi defogger.

Kalian pasti sudah sering melihat atau bahkan bertanya apa sebenarnya garis panjang yang ada di kaca belakang mobil bukan? Garis panjang atau sejumlah filamen tersebutlah yang dinamakan defogger. Lantas, seberapa penting fungsi defogger yang ada pada kaca mobil Anda? Simak penjelasan dari Jualo berikut.

Fungsi Defogger

Dilihat dari artinya, maka bisa diketahui  bahwa defogger pada mobil bisa membantu mencegah terjadinya pengembunan di kaca. Fitur yang satu ini akan terasa sangat penting dan berguna ketika kondisi cuaca basah atau musim hujan.

fungsi defogger- 3

Dengan defogger, visibilitas pengemudi akan lebih maksimal dan hal ini bisa membantu mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Jadi bisa dibilang, defogger termasuk salah satu upaya meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya saat berkendara di musim hujan atau dingin.

Ketika defogger diaktifkan, arus listrik akan melewati filamen itu dan menghasilkan panas. Kemudian, dari panas itu yang mencegah pengembunan atau kabut yang terjadi karena perbedaan suhu di dalam kabin dan di luar mobil, sehingga pandangan keluar kaca tetap jelas.

Tipe Defogger

Umumnya ada dua tipe defogger yang terpasang pada mobil. Satu yang terkoneksi dengan AC (air conditioner) dan tipe selanjutnya yang terpasang langsung di kaca. Cara kerja keduanya cukup sama, dengan memanfaatkan pemanas untuk mencegah atau menghilangkan pengembunan pada kaca.

Untuk defogger jenis pertama, yang terhubung dengan AC, pengoperasiannya sangat jelas dan mudah. Tipe ini, umumnya digunakan pada kaca depan. Cara menggunakannya, bisa melalui tombol atau pemutar untuk memilih mode pada AC. Untuk tipe ini, bisa digunakan ketika diperlukan. Contohnya, sedang berkendara dalam kondisi hujan lebat dan mulai terjadi pengembunan di kaca depan, Anda bisa segera aktifkan defogger agar pandangan tidak terganggu.

fungsi defogger- 3

–> Cara Sederhana Cegah & Hilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Sementara tipe defogger yang kedua, biasanya terpasang pada kaca belakang. Seperti yang dijelaskan di atas, bentuknya seperti garis atau sejumlah filamen yang menempel pada kaca. Kala sistem aktif, arus listrik melewati filamen itu dan menghasilkan panas. Kemudian, dari panas itu yang mencegah pengembunan atau pembekuan sehingga kaca tetap jelas untuk dipandang.

Namun, Anda tetap perlu perhatikan cara penggunaannya. Aktifkan defogger ketika dibutuhkan saja. Dan langsung matikan setelah embun atau kabut hilang. Pasalnya, hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada kaca mobil karena sifat defogger yang menghasilkan panas.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles