Kenali Freon AC Pada Mobil, Fungsi, Serta Jenisnya
freon ac

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Sistem pendingin ruangan seperti AC pada mobil tentunya membutuhkan freon. Jika Anda yang belum paham, berikut kami jelaskan fungsi dan jenis dari freon AC yang ada pada mobil kesayangan

Apakah Anda pernah merasakan AC di rumah atau mobil Anda terasa kurang sejuk atau hanya mengeluarkan angin saja? Jika iya maka bisa dipastikan freon AC tersebut sudah habis dan Anda perlu mengisinya kembali.

Apa Freon AC?

Freon merupakan senyawa berbentuk zat cair yang fungsinya adalah menyerap panas dalam sistem AC. Dalam mobil, proses penguapan terjadi di evaporator yang merupakan salah satu komponen AC mobil. Jadi apa itu freon AC sudah sangat jelas pengertian sekaligus fungsinya. Kemampuannya mengubah suhu menjadi dingin dalam kabin mobil inilah yang membuat peranannya sangat penting.

Apalagi mengingat saat ini semua jenis mobil baru yang diproduksi memiliki komponen AC di dalamnya. Otomatis penggunaan freon sangat wajib, tanpanya tidak akan ada udara dingin yang nyaman ketika berkendara di siang atau malam hari.

freon ac-4

Secara umum, cara kerja dari freon AC mobil dimulai dari saat udara masuk ke evaporator. Udara yang telah masuk dan disaring tersebut akan terkena freon dan berubah menjadi lebih dingin.

Udara yang berubah menjadi dingin akan keluar dengan adanya tekanan yang dihasilkan oleh kompresor. Apabila freon AC sudah tidak bisa digunakan kembali, maka udara yang ditekan kompresor ini tidak akan dingin.

Jenis dari freon mobil pun bervariasi, berikut ini beberapa jenis yang biasa digunakan. Anda perlu tahu jenis ini agar tidak salah dalam pengisian freon baru.

1. Freon R-12

Merupakan jenis freon chloro fluoro carbon yang banyak digunakan untuk mobil pada tahun 80-an sampai awal 90-an. Bahan penyusunnya adalah ethane dan methane yang memiliki dampak buruk dalam penipisan lapisan ozon.

Cirinya tidak memiliki warna, tidak mudah terbakar dan beracun serta bisa stabil dalam suhu rendah atau tinggi. Freon ini harganya sangat murah, namun sayangnya memiliki kandungan chlor yang berbahaya bagi lingkungan sehingga tak digunakan lagi.

freon ac-2

2. Freon R-22

Freon ini adalah pengganti R-12 dan banyak digunakan pada tahun 90-an. Termasuk dalam kategori Hydro Chloro Fluoro Carbon yang bisa menimbulkan kerusakan ozon. Hanya saja lebih sedikit pengaruhnya. Cirinya adalah tidak menimbulkan korosif, dan dielektriknya besar. Freon ini masih banyak digunakan tapi tidak boleh berlebihan.

3. Freon R-134a

Disebut juga Hydro Fluoro Carbon yang kini cukup banyak digunakan serta tidak ada kandungan chloro. R-134a menjadi jenis freon mobil standar yang banyak digunakan pada AC mobil modern saat ini. Penggunaannya tak bisa digabungkan dengan jenis freon lainnya karena karakternya berbeda. Hanya saja freon jenis ini bisa memicu pemanasan global karena GWP yang tinggi.

freon ac-3

4. Freon Hydrocarbon

Jenis terakhir adalah freon yang dibuat dari bahan hidrogen dan karbon yang masih alami. Digunakan sebagai pengganti refrigerant sintetis jadi tak merusak lapisan ozon karena tingkat GWP yang rendah.

Karakternya mirip dengan freon sintetis di atas, hanya saja mudah terbakar sehingga perlu perawatan khusus. Jika kendaraan Anda menggunakan jenis freon ini, maka perlu perawatan yang ekstra.

Ciri-Ciri Freon AC Mobil yang Sudah Habis

Jika Anda sudah tahu jenis freon apa yang digunakan, selanjutnya adalah mengenali ciri freon yang sudah habis. Sebagai komponen yang sangat penting, freon harus terus menerus dicek karena bisa saja habis.

Alasan freon habis adalah karena penggunaan, tapi bisa juga karena terjadi kebocoran. Sayangnya untuk mendeteksi sendiri apakah terjadi kebocoran cukup sulit. Mengingat freon adalah jenis bahan yang mudah untuk menguap di kondisi udara apapun.

Apabila terdapat lubang kecil pada selang AC, maka freon dalam waktu singkat akan langsung menguap. Jika terjadi kebocoran Anda harus segera mengatasi bagian bocor, karena jika diisi dengan freon AC mobil maka tetap akan cepat habis.

Baik itu freon habis karena penggunaan atau bocor, untungnya ada ciri-ciri yang bisa diperhatikan. Beberapa ciri freon AC habis berikut ini bisa Anda simak baik-baik.

1. Hanya keluar angin pada AC

Ciri pertama yang menandakan freon habis bisa dirasakan saat Anda mencoba menyalakannya dan hanya angin yang keluar. Saat Anda menyalakan mesin mobil dan AC, semua terlihat normal.

Kompresor AC akan terdengar menyala dan bekerja, hal yang sama juga terjadi pada RPM mesin. Kipas pendingin juga akan menyala, hanya saja angin yang keluar tidak dingin dan hembusan udara cenderung hangat. Walaupun Anda sudah mengatur suhu sampai temperatur dingin sekalipun, udara dalam kabin tak akan berubah menjadi sejuk.

2. Magnetic Clutch yang terus bekerja

Seharusnya saat AC mobil dinyalakan komponen magnetic clutch akan terbebas karena adanya tekanan dari freon. Selain itu saat AC dinyalakan juga akan keluar suara ketukan dari dalam ruang mesin.

Namun jika ternyata tidak ada suara tersebut dan magnetic clutch terus terhubung sejak AC dinyalakan, artinya freon hampir habis atau bahkan sudah habis. Alasannya adalah selang AC yang seharusnya dipenuhi dengan freon berubah menjadi udara. Sedangkan udara tersebut jika dikompresi jadi lebih mudah sehingga tidak ada tekanan udara yang maksimal.

freon ac-5

3. Tidak muncul cairan mengalir pada sight glass

Ciri lainnya yang bisa diketahui adalah dengan mengecek langsung pada bagian kap mesin. Proses pengecekan ini membuat Anda harus membuka kap mobil sambil menyalakan mesin. Kemudian carilah sight glass yang berbentuk bulat dan transparan.

Kaca ini berfungsi untuk mendeteksi apakah masih terdapat freon. Pada bagian dalam kaca akan terlihat cairan jika freon mobil masih ada. Tapi jika tak ada Freon, maka tak terlihat cairan yang mengalir di dalamnya. Cairan tersebut merupakan freon yang belum berubah menjadi gas karena tidak keluar bercampur dengan udara.

4. Tidak terlihat embun di selang AC

Apabila Anda kesulitan untuk mengecek sight glass, cara lainnya adalah dengan mengecek selang low pressure AC. Jangan buru-buru untuk mematikan mesin. Tetap nyalakan mesin dan juga AC kemudian cari selang AC. Selang yang berukuran kecil dan mengarak ke kondensor adalah selang high pressure. Sedangkan selang low pressure lebih besar dan menuju ke kompresor. Selang berukuran besar inilah yang harus diamati.

Jika freon masih terisi maka akan muncul embun pada selang low pressure AC. Embun ini muncul karena adanya perbedaan suhu dalam selang dan mesin yang panas. Tapi jika ternyata tak ada embun sama sekali, tandanya freon AC mobil sudah habis.

–> Servis Berkala vs Tune Up Mobil: Ketahui Perbedaannya

Nah, cara mengetahui freon AC mobil habis adalah dengan mengamati keempat ciri ini. Jadi jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa freon sudah habis. Karena AC tidak terasa dingin bisa juga karena mobil baru saja dinyalakan setelah diparkir di tempat yang panas.

Perlu penyesuaian hingga akhirnya freon mobil menciptakan udara menjadi dingin. Jadi Anda sebaiknya mengecek dengan memperhatikan keempat hal di atas. Jika memang keempat ciri tersebut terjadi pada mobil, Anda harus segera mengisi freon AC. Sebab, apabila freon tidak segera diisi bisa mempengaruhi komponen AC lainnya. AC bisa menimbulkan suara sampai bau yang mengganggu di kabin.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles