Jangan Asal Beli! Berikut Tips Bedakan Velg Mobil Replika dan Asli
velg mobil

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Buat Anda yang ingin mengganti velg mobil namun masih bingung cara membedakan velg replika dengan yang asli? Simak ulasan dari Jualo berikut ini

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan pesat di bidang industri otomotif. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak barang otomotif replika yang tersebar di pasaran, salah satunya adalah velg mobil.

Bagi para pemilik mobil, mengganti velg mobil merupakan langkah awal untuk merubah tampilan mobil. Banyak yang berpendapat bahwa jika ingin mobil terlihat berbeda dengan sebelumnya, mengganti velg adalah pilihan yang tepat.

Namun, jangan tergiur dengan harga murah maupun tampilan velg. Bisa saja, velg yang Anda inginkan itu adalah velg replika. Memang, secara kasat mata, sulit untuk membedakan mana velg asli dan replika.

Hati-Hati Saat Menggunakan Velg Replika

Dari segi keamanan tentu velg mobil replika seperti ini tidak bisa dijamin dari sisi keamannya, namun selama anda memakai velg replika ini dengan cara yang wajar saja tentu tidak jadi masalah. Untuk menjaga agar velg replika ini tidak mudah rusak yang kemungkinan bisa membahayakan si pengendara.

velg mobil-4

Maka sebaiknya gunakan kendaraan di jalanan yang tidak dipenuhi lubang, atau tidak digunakan di jalanan yang rusak parah. Sebab kondisi jalanan yang seperti ini akan membuat velg mudah rusak, bahkan pecah atau hancur.

Selain selalu hati hati dalam melewati medan yang kurang bersahabat, sebaiknya anda juga mengaplikasikan ban yang memiliki tingkat kelenturan yang tinggi. Hal ini akan sangat berguna untuk membantu peredaman sehingga getaran bisa diredam oleh ban dengan sempurna, tidak sampai merembet ke velg yang bisa menyebabkan kerusakan seperti patah atau pecah velg.

Tips Membedakan Velg Mobil Asli dan Replika

Apalagi dari tampilannya antara velg replika dan asli terkadang cukup sulit dibedakan. Nah, buat kamu yang ingin membeli pelek mobil dan enggan tertipu oknum pedagang nakal yang menjual velg palsu dibilang asli, berikut lima tips membedakan velg replika dan asli.

1. Kualitas Pembuatan

Faktor harga di atas sebanding dengan proses pembuatannya. Velg asli sangat menjaga kualitas dan keamanan sebelum dilempar ke pasaran.

velg mobil-5

Produsen pasti akan melakukan riset terlebih dahulu tentang velg yang akan dibuatnya, baru kemudian melakukan pilot project, hingga sampai tahap pembuatan serta produksi. Maka dari itu, proses pembuatan velg asli menghasilkan kualitas yang sebanding dengan harganya.

Berbeda dengan proses pembuatan velg replika yang hanya menggunakan metode casting. Memang, jika dilihat keduanya memiliki tampilan serupa. Namun, velg asli pastinya akan unggul di segala sisi, termasuk pada detail kecil dan finishing.

2. Bobot Velg

Meski sama-sama berbahan alloy, velg mobil asli biasanya memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan dengan velg replika.

Ini dikarenakan velg replika tidak dapat menyamai campuran material pembuat velg asli, walaupun pada nantinya bentuk mereka akan mirip. Perbedaan bobot velg asli dengan replika bisa mencapai 40 persen. Velg replika biasanya memiliki bobot 10-11kg, sedangkan yang asli hanya 5-6kg. Perbedaannya cukup signifikan kan.

velg mobil-2

3. Kode Produksi

Velg asli akan memiliki kode produksi yang dicetak atau emboss, bukan sticker yang mudah copot, seperti yang terdapat pada kebanyakan velg replika. Lalu, velg asli menggunakan kata “made in” pada kode pembuatan produksi, bukan “design by”.

Selain itu, velg asli juga memiliki nomor seri produksi yang dapat dipertanggungjwabkan, bukan hanya sekedar tempelan saja.

4. Logo dan Kemasan

Kebanyakan, pada logo merek velg replika tidak akan sama dengan logo velg asli. Pasti ada saja perbedaan kecilnya, seperti perbedaan pada huruf, detail, struktur penulisan, dan sebagainya.

Begitu juga pada kemasannya, pada velg replika terkadang tidak disediakan kemasan yang lengkap, seperti buku petunjuk penggunaan, perawatan, sertfikat, dan lain-lain yang terdapat pada kemasan velg asli.

Velg replika memiliki ketahanan yang lebih ringkih daripada yang asli. Lantaran proses pembuatan dan material yang digunakan tidak sekuat velg asli, maka velg replika memiliki potensi mudah retak dan peyang.

velg mobil-3

–> Mau Pasang Air Suspension? Simak Dulu Plus Minusnya Berikut Ini

5. Harga

Perbedaan paling mencolok antara velg asli dan replika adalah dari segi harga. Velg asli pastinya akan jauh lebih mahal karena memang memiliki kualitas yang lebih baik daripada velg replika.

Bahkan, harga bisa berbeda sampai lima atau enam kali lipat. Harga velg replika biasanya sekitar Rp3 – 5 juta, sedangkan yang asli bisa mencapai Rp15-20 jutaan.

Selain itu, velg asli juga memiliki sertifikasi atau standar keamanan yang ditetapkan oleh suatu negara, bahkan standar keamanan internasional. Tidak heran jika harganya dapat berbeda jauh dengan velg replika.

Jadi, ketika ingin membeli velg mobil, lebih baik perhatikan kelima poin di atas agar Anda dapat membedakan mana velg asli dan mana yang replika. Apabila masih bingung membedakannya, ada baiknya untuk membeli velg tersebut langsung di dealer resmi karena produk yang terdapat di sana pasti asli.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles