close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

7 Hal yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Kecelakaan Mobil

kecelakaan mobil

Kecelakaan mobil dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja saat di jalan. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang mesti diketahui saat nasib buruk tersebut menimpa Anda

Tak ada satupun pengemudi atau pengendara yang mau dan tahu kapan terjadi kecelakaan mobil. Seperti diketahui berbagai macam kecelakaan bisa saja terjadi dalam kondisi apapun. Bahkan, meskipun kita bukan yang menjadi penyebabnya, tetapi bisa saja kita juga yang menjadi korban. Kecelakaan juga dapat bermacam-macam bentuknya, bisa hanya tersenggol dengan pengendara lain atau kecelakaan tunggal.

Kecelakaan mobil tunggal bisa saja terjadi meskipun keadaan jalan sedang sepi. Karena ada banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan tunggal. Misalnya karena faktor human error seperti ngantuk, kelelahan, mengendara dengan kecepatan tinggi atau tidak sadar diri. Bisa juga karena faktor kendaraan, seperti rem blong, pecah ban dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah yang mesti diperhatikan ketika Anda mengalami kecelakaan mobil.

1. Tenang dan Jangan Panik

kecelakaan mobil-2

Hal pertama yang perlu Anda lakukan jika terlibat suatu kecelakaan lalu lintas adalah menenangkan diri sejenak dan tidak panik. Karena biasanya, ketika mengalami kecelakaan, tubuh Anda shock dan terasa lemas.

Maka dari itu, jika terjadi kecelakaan mencobalah untuk tenang dan tidak panik agar Tentu sebelumnya pastikan dahulu juga bahwa tubuh Anda masih cukup kuat dan sudah tenang agar bisa melakukan langkah selanjutnya.

2. Penting, Cek Diri Sendiri

Kemudian yang harus Anda utamakan adalah keselamatan diri sendiri. Karena bagaimana pun nyawa dan keselamatan kita jauh lebih penting dari apapun. Ketika Anda mengalami kecelakaan saat berkendara, ceklah diri sendiri. Cek badan Anda apakah ada yang sakit, luka, atau bahkan ada yang hilang.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena ketika terjadi kecelakaan, kita sebagai pengendara sering tak sadar ketika tubuh merasakan sakit. Cek tubuh Anda, jika Anda mengalami luka berat seperti terkena serpihan kaca atau terbentur, rileks kan bedan sejenak dan jangan dipaksa untuk bergerak.

kecelakaan mobil-4

Namun jika tubuh Anda tidak banyak mengalami luka atau hanya sekedar shock saja maka tenangkan diri sejenak, kemudian bergerak keluar dari mobil dan mencari tempat yang lebih nyaman untuk beristirahat sembari mengumpulkan tenaga.

3. Cek Keadaan Mobil

Jika kecelakaan tidak terlampau parah dan tubuh Anda masih kuat dan baik-baik saja, setelah selang beberapa menit Anda bisa cek mobil Anda. Jika masih bisa dikemudikan, maka bawalah ke pinggir jalan agar lebih aman.

Ceklah, apakah mobil Anda masih bisa nyala atau tidak, apakah kemudinya masih berfungsi untuk dikemudikan setidaknya hanya untuk meminggirkan, dan seberapa parah kerusakannya yang dialami mobil Anda.

4. Telepon Teman atau Kerabat

Hal terakhir yang harus Anda dilakukan jika mengalami kecelakaan tunggal ialah menghubungi orang terdekatmu untuk meminta bantuan. Kabarkan orang terdekat Anda dimana Anda berada dan lebih baik jika menghubungi kerabat yang paling dekat dengan lokasi kejadian. Menelpon teman atau kerabat juga dapat menenangkan Anda dan membantu Anda mendapatkan solusi.

kecelakaan mobil-3

5. Hubungi perusahaan asuransi.

Inilah mengapa sangat penting untuk memiliki asuransi kendaraan. Untuk kerusakan mobil, ditanggung oleh pihak asuransi ketika mengalami kecelakaan. Pihak asuransi akan menimbang dan menghitung berapa kerugian akibat kecelakaan yang Anda alami.

6. Menghubungi Petugas Kepolisian

Akan lebih bijak jika Anda segera memberitahukan apa yang terjadi dan lokasinya kepada petugas kepolisian terdekat. Serahkan kepada petugas segala apa yang diperlukan dan ceritakan. Jawab pertanyaan petugas secara jujur dan ikuti petunjuk/perintah Petugas lebih lanjut.

–> Bahaya yang Siap Mengancam Ketika Berkendara Saat Mabuk

7. Hubungi Bengkel Terdekat

Jika dirasa mobil Anda mengalami kerusakan yang cukup parah maka tidak ada salahnya jika Anda menghubungi bengkel terdekat. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Ketika mengalami kecelakaan tunggal, lakukan beberapa hal tersebut di atas. Dengan tahu dan paham beberapa hal diatas diharapkan Anda tidak panik dan bisa mengatasi saat terjadi kecelakaan tunggal dan di jalan yang sepi.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram