Gak Sulit, Begini Cara Bersihkan Sendiri Saringan Udara Motor Matic
saringan udara motor

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Membersihkan saringan udara motor matic sebenarnya tidak sulit, karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah lho

Saringan udara merupakan komponen yang memiliki peranan penting untuk kendaraan, khususnya motor matic. Kebersihan saringan udara pun penting dijaga agar performa motor tetap maksimal.

Nah, jika selama ini Anda selalu mengandalkan bengkel untuk membersihkan saringan udara motor matic kesayangan. Lewat artikel berikut, mungkin Anda bisa membersihkannya secara mandiri karena sebenarnya tidak terlalu sulit. Penasaran? Simak ulasannya berikut.

Jenis Saringan Udara

Ada 3 jenis bahan pembuat saringan udara motor yang memiliki karakteristik berbeda-beda, serta keunggulan yang berbeda pula.

1. Saringan Udara Kertas

Pertama, ada saringan udara yang dibuat dari bahan kertas di mana biasanya digunakan pada motor matic. Umumnya motor matic menggunakan dua jenis kertas pada filter udaranya, yaitu yang basah dan kering.

Filter kertas basah memiliki pelumas di bagian kertasnya untuk menyaring kotoran yang masuk agar langsung menempel pada komponen tersebut. Sementara filter udara dengan kertas kering tidak memiliki pelumas yang membuatnya lebih mudah dibersihkan.

2. Saringan Udara Stainless

Jenis filter udara yang satu ini mempunyai ciri khas harganya lebih mahal daripada bahan lainnya. Hal ini karena fitur udara stainless dinilai lebih berkualitas untuk menyaring kotoran. Di samping itu, perawatan untuk komponen dari bahan stainles juga lebih mudah.

3. Saringan Udara Busa

Filter yang terbuat dari bahan busa biasa disebut dengan saringan udara konvensional di mana digunakan oleh motor keluaran sebelum tahun 2006. Model filter udara yang satu ini memiliki pori-pori, sehingga bisa menyaring kotoran dengan baik.

Batas pemakaian normal saringan udara busa, yakni dalam jarak 12.000 hingga 15.000 kilometer. Apabila filter tersebut sudah tipis dan bolong-bolong, maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru agar tetap bisa berfungsi secara optimal.

Cara Membersihkan Saringan Udara

saringan udara motor-2

Saringan udara yang bersih membuat performa motor tetap maksimal

Mengingat peranannya yang penting, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga saringan udara pada motor agar tetap dapat berfungsi dengan baik. Berikut penjelasan mengenai 2 cara membersihkan saringan udara.

1. Air Cleaner Dry Paper

Cara pertama, Anda bisa menggunakan air cleaner dry paper yang dilakukan secara berkala setiap jarak 4.000 km dan kelipatannya. Perawatan ini dilakukan dengan menyemprotkan filter udara dari arah flame trap dengan jarak sekitar 3 cm.

Anda perlu melakukan penyemprotan ini hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel pada filter tersebut. Lalu, lanjutkan dengan penyemprotan udara bertekanan tinggi dari arah depan membentuk sudut 45 derajat dengan jarak 5 cm.

–> MENGETAHUI PENYEBAB MOTOR BREBET & CARA MENGATASINYA

2. Air Cleaner Urethane Foam

Berikutnya, Anda bisa mencoba cara air cleaner urethane foam, yaitu mencuci filter udara dengan air. Anda bisa menambahkan cairan pembersih atau deterjen yang terbuat dari bahan tidak mudah terbakar lalu diperas.

Setelah dicuci, komponen ini harus dikeringkan dengan cara disemprot udara yang bertekanan tinggi. Lalu, Anda perlu melumasi filter udara tersebut dengan cairan oli. Pembersihan ini perlu dilakukan secara berkala setelah menempuh jarak 4.000 km dan kelipatannya.

Namun, jika Anda tetap ragu dan tidak memiliki waktu untuk membongkarnya sendiri, maka lebih baik datang ke bengkel agar ditangani oleh mekanik profesional.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles