Simak Tips Mengemudi Mobil Dengan Aman Saat Dekat Truk
tips mengemudi

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Berkaca pada kecelakaan yang terjadi beberapa hari lalu yang disebabkan oleh truk Pertamina, ada baiknya Anda mengetahui tips mengemudi saat berdekatan dengan kendaraan besar seperti truk

Jalan raya merupakan fasilitas umum yang isinya bukan hanya diisi oleh kendaraan pribadi saja. Beragam jenis kendaraan dari roda dua hingga lebih dari empat ada di sana. Pada dasaranya Anda sebaiknya tidak perlu mengikuti truk terlalu dekat karena mobil Anda tidak terlihat oleh pengemudi truk yang disebabkan banyaknya titik blindspot. Oleh karena itu, beberapa tips mengemudi dengan Aman wajib Anda ketahui.

tips mengemudi- 4

Pasalnya, dengan menjaga jarak aman membuat bisa mengantisipasi pergerakan truk, seperti bila tetiba truk tersebut mengerem mendadak atau tidak kuat menanjak. Selain itu, jaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk. Semakin dekat jarak mobil dengan truk, semakin sulit sopir truk mengawasi mobil Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa tips mengemudi mobil dengan aman dari Jualo berikut ini.

Wajib Memberi Isyarat

Berikan tanda saat Anda ingin mendahului truk, bisa dengan lampu dim atau klakson. Dengan begitu, pengemudi truk dapat menyadari keberadaan mobil Anda dan menjaga kewaspadaannya.

Saat mendahului, pastikan ada ruang yang cukup antara truk tersebut dengan mobil di depannya. Jika jaraknya terlalu dekat, Anda bakal memaksakan diri untuk masuk antara keduanya. Situasi ini akan membuat mobil berada di blind spot truk dan sangat berbahaya jika mobil di depan melakukan pengereman.

–> 4 CARA AMPUH BERSIHKAN MIKA LAMPU MOBIL YANG KUSAM

Waspada Manuver Truk

Jangan segan-segan memberikan ruang bila truk di depan memberi isyarat untuk melakukan manuver, seperti berbelok, putar arah, atau parkir. Hentikan kendaraan dan tunggu sampai posisi truk benar-benar aman.

tips mengemudi-2

Terlebih jika mobil berada di sisi dalam radius manuver truk tersebut. Perpaduan antara bodi besar dan blind spot akan membuat mobil terancam bahaya jika tidak sabar menunggu.

Utamakan selalu keselamatan mengemudi. Hati-hati bila berkendara terutama bila berdekatan dengan truk dan pastikan kendaraan kita kondisinya prima guna menjaga segala kemungkinan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles