Tips Merawat Pintu Sliding Door Electrik Agar Awet dan Tahan Lama
Pintu sliding door electrik

Date

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Kerusakan pada mobil dengan pintu sliding door electrik sebenarnya dapat dihindari jika Anda bisa merawatnya dengan benar

Pintu sliding door electrik umumnya digunakan pada mobil MPV kelas menengah hingga premium yang dapat mengangkut banyak orang. Diantaranya, Toyota Alphard dan Velfire, Nissan Serena, atau Toyota Sienta. Selain menambah kesan mewah, sliding door electrik dipilih karena mempermudah keluar masuk penumpang, meski di tempat yang sempit sekalipun.

Sayangnya, jenis pintu ini rentan mengalami kerusakan yang umumnya terjadi pada rel penggerak. Nah, kerusakan sebenarnya bisa dihindari jika Anda menyimak beberapa tips dari Jualo berikut ini.

1. Jaga Kebersihan Pintu Geser

Pintu sliding door electrik-3

Yang paling mudah untuk kamu lakukan sendiri adalah menjaga kebersihan di sekitar area pintu geser berkerja. Paling utama dan mudah dilakukan dengan menjaga kebersihan di sektor rel dan bantalan pemutar. Debu atau kotoran yang melekat pada rel dan roller sering menjadi masalah bagi pemilik mobil sliding door, terutama yang elektrik. Dampaknya bisa membuat pintu susah menutup, bahkan mengalami rusak berat.

2. Hati-Hati Air

Seperti diketahui, cara kerja pintu geser elektrik tidak sesederhana pintu biasa yang hanya bermodalkan engsel. Ada banyak tambahan komponen yang diterapkan, mulai dari roller, rel, pengunci, dan juga motor penggerak pintu. Selain debu dan kotoran, air juga menjadi musuh bagi pemilik mobil dengan pintu geser. Dalam jangka panjang, air dapat memicu karat yang merusak mekanisme penggeraknya. Oleh sebab itu, hati-hati saat mencuci mobil ya.

3. Hindari Jalan Banjir

Ketika melihat ada banjir atau ada genangan air yang tinggi, baiknya juga dihindari. Jangan nekat menerabas karena bisa memberikan dampak yang merugikan.

4. Rajin Melumasi Komponen Penggerak

Pintu sliding door electrik-2

Untuk menjaga fungsinya, kamu mesti rajin melumasi komponen penggerak pintu geser dengan cairan penetran. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari terjadinya korosi serta melancarkan kerja roller. Saat terkena air jangan ditunda untuk mengeringkan, berikan pelumas atau penetran sehingga tidak karatan. Gunakan produk pelumas atau penetran yang sesuai rekomendasi.

5. Perlakukan dengan Halus

Kamu tidak boleh berlaku kasar, seperti menghentikan laju pintu saat bekerja. Kondisi ini mengakibatkan motor elektrik mudah rusak. Apalagi kalau sampai kamu kurang sabar dan mendorong supaya pintu membuka atau menutup lebih cepat.

Bagian lain seperti rel, kawat sling dan bantalan juga bakal menerima beban berlebih. Tunggu saja sampai proses selesai atau kalau tidak mau silakan matikan dan kamu bisa buka-tutup secara manual.

Cara Mengoperasikan Pintu Sliding Door

Masih banyak orang yang salah atau tidak memahami cara pengoperasian pintu sliding door secara benar. Karenanya, perhatikan beberapa langkah berikut:

1. Operasikan di Jalan Datar

tombol Pintu sliding door electrik

Salah satu cara memperlakukannya dengan baik adalah membuka-tutup pintu geser pada posisi jalan yang datar, bukan dalam posisi menanjak atau menurun. Dalam kondisi tanjakan maupun turunan bisa dipastikan beban motor akan bekerja ekstra untuk membuka-tutup pintu geser. Namun jika terpaksa, tidak masalah sepanjang tidak dilakukan setiap saat. Atau kamu bisa mematikan fitur pintu geser elektrik dan menggerakkannya secara manual.

–> AMANKAH MOBIL BERMESIN TURBO GUNAKAN OLI MESIN BIASA?

3. Jangan Paksa dan Halangi Gerakan Pintu Secara Paksa

Pintu sliding door electrik sienta

Jangan menghalangi laju pintu geser saat buka dan tutup kecuali terpaksa karena ada halangan tertentu. Menahan gerakan pintu akan merusak mekanisme elektrik kalau sering dilakukan. Apalagi kalau sampai kamu kurang sabar dan mendorong supaya pintu membuka atau menutup lebih cepat. Apa yang kamu lakukan bisa merusak motor listrik karena dipaksa bekerja melebihi kemampuannya.

Bagian lain seperti rel, kawat sling dan bantalan juga bakal menerima beban berlebih. Tunggu saja sampai proses selesai, atau kalau matikan sistemnya dan kamu bisa buka-tutup secara manual.

4. Pastikan Aki Dalam Kondisi Prima

Saat mesin mobil mati, kinerja kelistrikan disuplai oleh tenaga aki. Padahal operasional pintu geser elektrik kerap kali dilakukan saat mesin mobil mati. Oleh karenanya, pastikan aki mobil dalam kondisi prima sehingga tidak menyulitkan saat pintu geser digerakkan. Termasuk pula kondisi sistem kelistrikan lain seperti kabel dan konektornya, serta alternator sebagai pengisi daya aki.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

More
articles