close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Mengenal Sunburn yang Menjadi Momok pada Speedometer Digital

sunburn speedometer

Sunburn pada speedometer merupakan momok yang menakutkan untuk motor modern yang sudah menggunakan instrumen atau speedometer digital

Mungkin tidak semua orang pernah mendengar pernyataan satu ini, namun tidak sedikit yang sudah mendengar dan meyakininya, motor dengan speedometer digital tidak boleh terlalu lama atau sering diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Hal itu dikhawatirkan dapat merusak kelistrikan pada sistem digitalnya tersebut atau biasa yang dikenal dengan sunburn. Sebenarnya apasih pengertian sunburn dan bagaimana cara mencegahnya? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Apa Sunburn pada Speedometer?

Seperti yang tertera pada namanya, sunburn yang memiliki artian terbakar matahari dan speedometer adalah alat untuk mengukur kecepatan, diartikan sebagai pengukur kecepatan pada motor yang terbakar matahari atau dalam artian sederhana adalah speedometer yang terpasang pada motor menjadi rusak karena paparan panas sinar matahari.

speedometer BeAT

Sunburn Rawan Terjadi Pada Panel Instrumen yang Sudah Digital

Penyebab Sunburn Speedometer

Tanda dari sunburn speedometer adalah menghilangnya angka-angka atau apapun yang ditampilkan secara digital di panel instrumen motor tersebut. Hal itu disebabkan salah satu filter pada lapisan LCD yang disebut polarizernya terbakar karena panas sinar matahari. Dengan terbakar dan menjadi rusaknya polarizer tersebut, maka peranti itu tidak dapat menampilkan segala sesuatu secara digital pada layar panel.

Mencegah Sunburn

Hindari Parkir Motor di Bawah Sinar Matahari Langsung

Hal yang harus diingat adalah jangan memarkir sepeda motor di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Apabila hanya maksimal 1 jam saja, ada kemungkinan tidak ada pengaruh yang signifikan. Akan tetapi akan menjadi benar ketika Anda meletakkan motor dengan instrumen digital di bawah sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu lama, secara terus menerus atau setiap hari.

Maka hal tersebut dapat membuat komponennya menjadi rusak. Dan apabila terpaksa harus memarkirkan motor di bawah matahari, sebaiknya tutup bagian layar instrumen agar tidak terkena panas secara langsung.

–> Alasan Jarak Tempuh Berpengaruh Besar Terhadap Nilai Jual Mobil Bekas

Gunakan Sticker Transparan

Cara mencegah sunburn berikutnya dengan memberikan lapisan sticker transparan layaknya sebuah kaca film pada mobil. Cara ini dikenal cukup ampuh karena paparan sinar matahari tidak langsung mengenai filter polarizer instrumen digital pada speedometer. Meski cara terbaik adalah dengan memarkirkan motor di tempat teduh.

Namun, jika sunburn sudah terjadi, sebenarnya Anda tak usah kuatir. Langsung saja datangi bengkel resmi terdekat untuk mengganti filter polarizer pada layar instrumen motor kesayangan.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , ,

Story Page
Facebook
Instagram