close
Breaking news

Biar hidup makin sehat, Jualo.com siapkan rekomendasi sepatu murah dibawah 500 ...read more Kebutuhan masker virus Corona sedang meningkat di banyak negara di kawasan Asia...read more

Sewa Ruko untuk Usaha? Perhatikan Hal Berikut Agar Tak Salah Pilih

Sewa ruko merupakan solusi bagi kamu yang ingin memiliki usaha namun belum memiliki tempat. Nah, sebelum memutuskan sewa ruko, simak tips berikut ini agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Walau punya potensi meningkatkan keuntungan usaha, sewa ruko tidak bisa sembarangan. Banyak faktor yang harus diperhatikan biar usahamu gak berujung buntung. Ya maklum lah, sewa tempat tentu saja menghabiskan biaya yang tak sedikit. Sehingga beberapa faktor wajib diperhatikan.

Untuk kamu yang saat ini berencana menyewa ruko, pertimbangkan dulu beberapa aspek yang sudah disiapkan oleh tim Jualo.

Status legalitas ruko

Urusan legalitas adalah hal yang paling penting. Tanyakan pada pemilik mengenai status sertifikat ruko. Cek apakah udah memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM) atau masih Hak Manfaat Bangunan (HGB). Jika statusnya masih HGB perhatikan masa berlakunya. Pastikan juga ruko telah memiliki IMB atau Izin Mendirikan Usaha sehingga boleh dijadikan sebagai ruang usaha.

Buat menghindari hal-hal gak diinginkan selama menjalankan usaha, sebaiknya urungkan niat menyewa jika aspek di atas belum atau susah dipenuhi oleh pemilik ruko.

–> Cari Pekerjaan Impian di Masa Pandemi? Ternyata Bukan Hal Mustahil Lho

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi dapat menentukan jumlah pelanggan usaha yang kamu miliki. Salah memilih lokasi, bisa-bisa berakhir gulung tikar. Penentuan lokasi sewa ruko juga harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti jenis usaha, tujuan usaha, dan target konsumen.

Jika pengin mendirikan usaha kuliner, pilih lokasi di sekitar pemukiman warga, gedung perkantoran, atau sekolah. Buat bidang usaha otomotif seperti bengkel, pilih ruko di tepi jalan raya atau jalan utama. Sementara buat bisnis khusus seperti praktik dokter hewan, lokasi strategis bisa dinomor duakan.

Selain itu, jika kamu gak berniat tinggal di ruko, perhatikan juga jarak antara ruko dan tempat tinggal. Dengan gitu, kamu bisa perkirakan biaya transportasi yang perlu dikeluarkan setiap hari jika harus bolak-balik mengurus atau mengunjungi kios.

Kebersihan dan Keamanan

Sewa ruko berlokasi strategis gak bisa membawa keuntungan jika memiliki kemanan yang buruk. Buat informasi yang akurat, ada baiknya kamu mencari tahu keamanan area dengan langsung bertanya pada penduduk sekitar. Cari tahu frekuensi tindak kejahatan yang terjadi di area tersebut.

Faktor keamanan juga dipengaruhi oleh kondisi alam. Perhatikan risiko bencana alam yang rentan terjadi di area ruko seperti banjir, gempa, dan lainnya. Hal-hal ini dapat menghambat perkembangan bisnis sehingga gak bisa diabaikan.

Selain kemanan, kebersihan lingkungan sekitar juga harus jadi perhatian. Kawasan ruko yang terlihat kumuh dan gak bersih tentu bikin calon pelanggan enggan dekat-dekat ke lokasi.

–> Tertarik Membeli Truk Bekas? Periksa 5 Poin Penting Berikut Ini

Pertimbangkan Potensi & Peluang

Setelah Anda mencermati faktor-faktor di atas, mungkin Anda sudah bisa memprediksi bagaimana potensi bisnis di tempat tersebut. Langkah ini menjadi sangat krusial, terutama bila Anda belum memiliki jenis bisnis apa yang hendak digeluti.

Untuk menemukan jawabannya, Anda bisa mengobservasi lingkungan sekitar sekaligus demografi masyarakatnya.

Kondisi dan Fasilitas Ruko

Jika kamu hendak menyewa ruko dalam kondisi yang telah terpakai, perhatikan apakah ada bagian yang perlu direnovasi apa gak. Hal ini gak boleh luput dari perhatianmu karena ada biaya perbaikan yang bisa jadi gak sedikit.

Saat memilih ruko, pahami sarana yang bakal menjadi hakmu sebagai penyewa. Umumnya fasilitas mencakup daya listrik, dapur, air, luar parkir, dan sebagainya.

Pertimbangkan fasilitas yang wajib ada sesuai dengan bisnis yang kamu miliki. Misalnya, buat usaha Laundry kamu mungkin gak terlalu butuh fasilitas Internet. Lain halnya dengan usaha coffee shop yang perlu menyediakan Wifi sebagai nilai tambah.

Sesuaikan Kebutuhan Lahan Parkir

Nah, aspek lahan parkir saat ini juga menjadi salah satu faktor penting, lho! Oleh karena itu, pada tips memilih ruko keenam ini lahan parkir masuk sebagai salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Kebutuhan lahan parkir perlu disesuaikan dengan jenis bisnis yang digeluti.

Misalnya, bisnis kuliner mungkin tak membutuhkan lahan parkir terlalu luas, berbeda dengan bisnis toko bahan bangunan.

–> Honda HR-V Menjadi Hadiah Utama Indonesia’s Top Model 2020

Cari Ruko Idaman di Jualo

Kalau masih bingung, kamu bisa mencari ruko yang diinginkan lewat Jualo.com. Sebagai salah satu marketplace terbesar dan terpercaya, Jualo siap membantu.

Di Jualo, kamu bisa menemukan berbagai ruko yang bisa disesuaikan dengan budget dan jenis usaha kamu. Caranya pun sangat mudah. Tinggal membuka laman yang dituju dan memilih ruko yang sudah diiklankan para pemilik. Dan di sini usah khawatir karena Jualo sudah melakukan berbagai tahap verifikasi sehingga memberikan rasa aman untuk kamu teman Jualo.

–> Temukan berbagai produk yang Anda inginkan saat ini di Jualo.com secara GRATIS

Tag: , , , , ,

Story Page
Facebook
Instagram